Pengertian Barang Ekonomi, Macam, Dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Barang Ekonomi Adalah

Manusia tidak bisa terlepas dari kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan kita. Kegiatan ekonomi dalam transaksinya menggunakan barang ekonomi yang memiliki manfaat yang banyak. Manfaat yang dirasakan tentu untuk memenuhiki kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia memiliki beberapa jenis.

Jenis kebutuhan yang kita prioritaskan ialah kebutuhan primer, kemudian kebutuhan sekunder, dan kebutuhuna tersier. Pemenuhan kebutuhan harus disesuaikan dengan barang yang ada yang kita sebut barang ekonomi.

Barang Ekonomi

Barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dimana untuk mendapatkan hal tersebut membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan tersebut berupa daya beli atas barang yang ditawarkan. Seseorang yang ingin mendapatkan barang ini harus membelinya di toko atau penjual barang.

Barang ekonomi ini termasuk barang yang banyak dicari oleh masyarakat. Mereka mencari barang ini karena merasa membutuhkan barang ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan manusia memang berbeda-beda namun semua pasti membutuhkan barang ekonomi.

Ketika kita ingin memahami cukup kita lihat kebutuhan sehari-hari kita. Semua kebutuhan sehari-hari yang harus kita dapatkan dengan bersaing dengan orang lain dapat kita katakan sebagai barang ekonomi. barang ekonomi ada yang dapat dengan mudah kita dapat (Saingan sedikit) atau sulit karena banyaknya orang yang ingin memiliki barang tersebut tetapi barang yang tersedia di pasar hanya sedikit.

Orang yang memiliki daya beli tinggi untuk semua barang akan dengan mudah mendapatkan barang yang inginkan. Berbeda dengan orang yang memiliki daya beli rendah. Mereka yang memiliki daya beli rendah akan merasa kesulitan mendapatkan barang yang diinginkan.

Pengertian Barang Ekonomi

Barang ekonomi adalah salah satu bentuk pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya lebih sedikit dibanding kebutuhan manusia sehingga untuk mendapatkan barang tersebut membutuhkan pengorbanan yang besar. Besarnya pengorbanan tergantung pada jenis barang yang dibeli.

Barang ekonomi biasanya banyak dijual di toko atau di pasar. Barang yang dijual sudah pasti barang ekonomi. Dapat kita lihat dari jumlah barang yang tersedia sangat terbatas, barang yang terbatas tidak semua permintaan dapat terpenuhi. Barang ekonomi memang tidak sebanyak barang bebas atau ilith.

Kadang seseorang tidak mempedulikan barang tersebut yang penting bagi masyarakat luas ialah bisa mendapatkan barang yang diinginkan sesuai dengan keinginannya. Mereka tidak mempedulikan barang jenis apa dan termasuk dalam jenis apa. Mereka kurang memiliki pengetahuan atas hal ini.

Manfaat barang ekonomi ini akan terasa apabila seseorang memiliki daya beli akan barang yang diinginkan. Bagi yang tidak memiliki daya beli maka akan merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya. Barang ekonomi dapat membuat hidup manusia lebih mudah.

Pengertian Barang Ekonomi Menurut Para Ahli

Pemahaman akan lebih mendalam kita perlu memahami definisi barang ekonomi menurut para ahli. Definisi tersebut mungkin dapat menambah pemahaman kita tentang barang ekonomi. Berikut merupakan beberapa definisi barang ekonomi menurut para ahli,

  1. Tjiptono

Barang adalah barang yang memiliki wujud fisik, sehingga dapat disentuh, dilihat, dirasa, dipegang, disimpan, dan perlakuan fisik lainnya. Bahan ini benar-benar ada wujud yang nampak oleh mata. Kita dapat sebut dengan benda yang berwujud dan memenuhi persayaratan dikatakan benda.

  1. Para ahli ekonomi

Barang adalah sesuatu yang diolah dalam proses produksi yang cukup panjang. Hasil produksi tersebut akan dijual kepada konsumen. Hasil penjualan tersebut dapat dijadikan sebagai nilai tambah bagi prosdusen serta memberikan manfaat bagi para konsumen. Manfaat yang didapat tentu dengan jumlah pengorbanan tertentu yang harus dikorbanan seeorang untuk mendapatkan barang tersebut.

Macam Barang Ekonomi

Macam-macam barang ekonomi, antara lain;

Pakaian

Pakaian sangat penting bagi manusia, seseorang yang berada dilingkungan kita pasti membutuhkan barang-barang ini.

Barang ekonomi berupa pakaian harus didapat dengan cara membelinya. Pembelian atas barang ekonomi ini merupakan hal yang penting. Semua orang membutuhkan pakaian untuk melindungi dirinya. Pakaian ini memiliki berbagai macam bentuk tergantung pada masing-masing individu.

Tempat tinggal

Tempat yang digunakan seseorang untuk singgah. Seseorang membutuhkan tempat untuk beristirahat setiap harinya.

Semua orang akan berusaha untuk memiliki tempat tinggal dengan harga terentu. Harga tersebut tergantung pada jenis tempat tinggal yang dipilih. Tempat tinggal yang sederhana atau yang mewah dalam pemenuhannya membutuhkan pengorbanan yang sepadan. Pengorbanan tersebut tergantung pada kemampuan masing-masing.

Makanan

Kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum kebutuhan lainnya. Seseorang dapat bertahan karena memiliki tenaga atau energi dalam tubuhnya. Energi dalam tubuh manusia didapat dari makanan yang dimakan oleh orang tersebut. Manakan yang dikonsumsi merupakan barang ekonomi sekaligus barang kebutuhan pokok. Segala jenis kebutuhan pokok termasuk dalam barang ekonomi.

Ciri Barang Ekonomi

Berikut ciri barang ekonomi yang ada disekitar kita,

  1. Barang layanan, barang tersebut digunakan oleh orang banyak. Barang tersebut dapat kita manfaatkan bersama dengan masyarakat banyak. Barang layanan ini berupa layanan publik. Layanan publik berupa terminal, stasiun, rumah sakit, dan lain-lain.
  2. Barang pribadi, barang yang dalam mendapatkannya terdapat kompetisi atau persaingan dengan orang lain. Ketika mendapatkan barang tersebut harus mengalahkan pesaing yang ada disekitarnya. Pesaing yang dimaksud adalah pembeli lain yang ingin mendapatkan barang yang sama. Barang tersebut berupa kebutuhan pribadi seperti bedak, pakaian dan lain-lain.
  3. Barang milik umum, barang yang dapat dinikmati oleh banyak orang dan melalui media tertentu. Barang umum tersebut dapat berupa siara radio, televisi, internet, dan lain-lain.
  4. Barang biasa, barang yang beberapa orang akan merasa kesulitan mendapatkan tanpa menggunakan uang atau membelinya. Barang tersebut dapat berupa ikan yang masih disungai, laut, danau, dan lain-lain.
  5. Barang anti-rival, barang yang memiliki banyak manfaat apabila dimanfaatkan banyak orang. Barang seperti ini biasanya berupa aplikasi atau hal-hal lain yang dapat digunakan untuk suatu pekerjaan lain.
  6. Barang Klub, barang yang dapat didapat apabila seseorang dapat membayar atas jasa yang diberikan kepada seseorang. Hal tersebut dapat berupa hiburan yang akan dinikmati oleh seseorang. Contoh barang klub ialah nonton film di dibioskop, konser musik, dan lain-lain.

Contoh Barang Ekonomi

Berikut merupakan beberapa contoh barang ekonomi yang sering kita jumpai dan butuhkan,

  1. Rumah, contoh aset yang dimiliki oleh seseorang yang membutuhkan banyak biaya. Seseorang untuk memiliki sebuah rumah harus mempunyai uang dan memiliki daya beli. Daya beli tersebut tergantung pada keadaan masing-masing individu.
  2. Mobil, contoh barang ekonomi yang termasuk dalam kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier tentu membuthkan pengorbanan yang lebih besar dibanding kebutuhan primer. Barang tersier ini jumlahnya terbatas bahka terdapat barang yang limited. Kemewahan ini termasuk dalam barang ekonomi,
  3. Handphone, barang ekonomi yang pasti dimiliki oleh semua orang walaupun dengan spesifikasi yang berbeda. Spesifikasi yang berbeda tergantng pada kemampuan dan keinginan masing-masing individu.
  4. Pakaian, segala jenis yang digunakan dalam tubuh seseorang pasti memiliki nilai ekonomi. Nilai tersebut harus dibeli dengan uang yang biasa kita sebut barang ekonomi. orang yang ingin membeli barang tertentu tentu harus bersaing dengan orang lain agar mendapatkan yang sesuai keinginan.
  5. Makanan, kebutuhan utama manusia untuk melakukan banyak hal. Jelas makanan merupakan barang ekonomi. Setiap orang dapat memperoleh barang ekonomi ini dengan cara masing-masing dan jumlah yang berbeda.

Pembahasan barang ekonomi memang sangat luas membuat kita memahami bahwa jumlah barang ekonomi sangat banyak. Setiap orang memiliki barang ekonomi yang berbeda-beda. Kebutuhan akan barang ekonomi menyesuaikan dengan situasi dan kondisi orang tersebut. Orang yang tinggal didesa tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan masyarakat yang di desa.

Pembahasan tentang barang ekonomi ini mungkin dapat membuat ita lebih paham jenis barang ini. Jenis barang yang ada disekitar kita adalah barang ilith dan barang bebas. Jenis barang tesebut memiliki cara perolehan tang berbeda.

Daftar Pustaka
  • https://www.academia.edu/13177156/Kebutuhan_dan_Pemenuhannya
  • Boediono. 1982. Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE.
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *