Pengertian Barang Mentah, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Barang Mentah Adalah

Manusia dalam kehidupan sehari-hari selalu membutuhkan barang sebagai pelengkap dalam kegiatan sehari-hari. Barang yang sering kita gunakan dapat dikatakan sebagai barang jadi. Barang jadi sudah memiliki manfaat yang jelas. Seseorang yang membeli barang jadi ini dapat langsung menggunakan tanpa melalui proses lagi. Awal adanya barang ini ialah barang mentah.

Barang mentah adalah barang yang masih berupa bahan baku. Bahan baku merupakan dasar pembuatan atas barang yang lebih bermanfaat. Barang mentah merupakan bahan dasar dari suatu barang yang akan diproduksi. Barang mentah merupakan bahan pokok atas suatu barang. Ciri dari barang mentah ialah barang tersebut belum bisa digunakan secara langsung, apabila ingin menggunakan barang itu harus melalui proses produksi hingga menjadi barang jadi. Contoh dari barang mentah ialah pohon, kapas, minyak mentah, hasil tambang, dan lain-lain. Pembahasan tetang barang mentah ini mungkin akan membuat kita lebih memahami apa yang dimaksud dengan bahan mentah.

Barang Mentah

Mentah menurut KKBI ialah barang yang belum masak, belum waktunya untuk dipetik, diambil hasilnya dan sebagainya. Belum matang, belum selesai untuk dimakan, belum mantap benar, belum sempurna, belum sempurna, belum putus.

Barang mentah dapat kita dapat dari alam atau sekitar kita. Bahan mentah merupakan bahan dasar akan suatu produk yang akan diolah. Barang tersebut akan digunakan untuk menghasilkan barang yang dibutuhkan oleh manusia untuk kehidupan manusia.

Manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan mengolah barang mentah dengan baik. Olahan tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Pada dasarnya barang mentah dapat langsung dikonsumsi namun tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Bahan mentah biasanya membutuhkan proses yang panjang untuk mengubah dari bahan baku menjadi barang jadi. Tujuan utama pengolahan bahan baku ialah untuk memenuhi kebutuhan manusia agar dapat tetap bertahan hidup.

Barang mentah merupakan kunci dari adanya barang-barang lain. Ketika barang mentah sudah memiliki kualitas yang baik maka nanti barang yang dihasilkan dari proses produksi akan menghasilkan produk dengan kualitas yang baik juga. Apabila bahan mentah yang digunakan memiliki kualitas yang kurang baik maka kemungkinan hasil produksi juga kurang baik.

Kebutuhan akan produksi barang biasanya tidak berasal dari satu bahan saja melainkan dari beberapa bahan yang dijadikan satu sehingga menghasilkan produk dengan hasil yang memuaskan.

Semua jenis bahan baku memiliki manfaat tersendiri tetu saja akan menghasilkan suatu produk yang sangat dibutuhkan seseorang. Tidak ada barag yang ada tanpa memiliki manfaat. Apabila kita menemukan suatu barang yang belum ada manfaatnya mungkin saat ini kita belum menemukan dari barang tersebut.

Pengertian Barang Mentah

Barang mentah adalah suatu bahan yang digunakan untuk membuat suatu produk. Produk tersebut berasal dari bahan-bahan yang alami. Bahan alami bisa hasil dari tanaman, hewan, atau tambang yang dapat kita manfaatkan.

Barang mentah atau raw materials adalah input pertama ketika ingin melakukan produksi. Kualitas barang mentah sangat menentukan hasil produksi yang akan datang. Hasil produksi tersebut juga di pengaruhi proses produksi.

Barang mentah merupakan bahan yang digunakan untuk produksi primer suatu barang. Beberapa orang menyebut barang mentah sebagai komoditas, baik komoditas alami atau buatan. Komoditas tersebut dijual dan dibeli pada bursa komoditas dunia.

Bahan baku juga dapat dikatakan sebagai barang yang digunakan untuk faktor produksi suatu produk. Bahan baku masuk dalam kategori faktor produksi yang utama dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan.

Perusahaan selalu menyediakan faktor-faktor produksi tersebut, khusus untuk faktor produksi yang berbentuk barang. Perusahaan akan selalu memiliki persediaan di gudang agar kegiatan produksi selalu berjalan lancar.

Bahan mentah merupakan bahan utama dalam proses produksi. Barang tersebut dapat berupa bahan alamai atau buatan. Bahan alami berasal dari alam sekitar sementara untuk bahan buatan berasal dari bahan sintetis yang dapat menjadi bahan utama dari produk lain. Misal plastik atau jenis cairan lain.

Pengertian Barang Mentah Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, definisi atas berang mentah antara lain sebagai berikut;

Tjiptono

Pengertian barang adalah barang yang memiliki serangkaian wujud fisik, sehingga dapat disentuh, dilihat, dirasa, dipegang, disimpan, dan perlakuan fisik lainnya. Bahan ini benar-benar ada wujud yang nampak oleh mata serta dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya.

Para ahli ekonomi menyatakan definisi tentang barang secara singkat. Barang adalah sesuatu yang diolah dalam proses produksi yang cukup panjang. Hasil produksi tersebut akan dijual kepada konsumen. Hasil penjualan tersebut dapat dijadikan sebagai nilai tambah bagi prosdusen serta memberikan manfaat bagi para konsumen.

Kesimpulan Pengertian

Menyimpulkan bahwa untuk membuat suatu barang yang dapat dirasakan manfaatnya membutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang. Proses tersebut juga tergantung pada sumber daya manusia yang mengolah barang tersebut. Mulai dari barang mentah hingga barang jadi.

Ciri Barang Mentah

Bahan yang dapat dikatakan bahan mentah memiliki beberapa ciri-ciri. Melalui ciri tersebut kita dapat mengenali bentuk bahan mentah tersebut. Berikut ciri barang mentah, antara lain;

  1. Belum dapat dimanfaatkan secara langsung, bahan baku biasanya tidak dapat dimanfaatkan secara langsung. Ketika seseorang ingin memanfaatkan bahan baku ini maka harus melewati proses produksi yang akan menambah kebermanfaatan dari bahan baku yang ada.
  2. Berasal dari alam, bahan baku rata-rata dari hasil sumber daya alam walaupun tidak menutup kemungkinan berasal dari bahan sintetis. Bahan tersebut biasanya juga gampang diperoleh disekitar kita. Tergantung masing-masing individu dalam mengembangkan bahan dasar yang ada.
  3. Ketersediaan relatif banyak, jumlah bahan baku biasanya banyak karena dari bahan baku tersebut maka akan menghasilkan berbagai produk.

Contoh Barang Mentah

Agar mengetahui contoh barang mentah yang ada dilingkungan kita. Berikut merupakan beberapa contoh yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari,

  1. Tanah, barang mentah ini dapat diolah menjadi berbagai hal mulai dari keranjinan gerabah, bahan bagunan, dan lain-lain.
  2. Udara, bahan alami yang telah ada tidak perlu melaui proses pengolahan. Sudah menjadi kebutuhan dasar makhluk hidup.
  3. Air, kebutuhan primer bagi semua makhluk yang sudah tersedia sejak dahulu. Tergantung kita memanfaatkan air yang ada. Mengolah menjadi sesuatu yang lebih berarti atau menggunakan sebagai fungsi aslinya.
  4. Pohon, bahan mentah dari suatu konstruksi rumah atau kerajinan yang dapat bermanfaat bagi manusia. Pohon ini memiliki manfaat yang sangat banyak apabila seseorang mampu mengolah dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat alami dari pohon juga sudah banyak.
  5. Timah, hasil tambang yang memiliki niali cukup tinggi. Timah dapat diubah menjadi produk-produk yang bernilai.
  6. Biji besi, bahan mentah ini dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang sangat bermanfaat bagi manusia. Seperti kontruksi bangunan, pagar rumah, dan lain-lain.
  7. Logam, berbagi jenis logam yang merupakan hasil tambang dapat menjadi bahan baku yang bernilai tinggi, namun pengolahan logam harus menggunakan teknologi yang tinggi agar menghasilkan produk yang bermanfaat.
  8. Emas, bahan mentah yang memiliki banyak manfaat. Apabila emas diolah menjadi perhiasan maka akan semakin bertambah nilai dari kebermanfaatan dari bahan tersebut.
  9. Gandum, bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang banyak. Olahan gandum dapat berupa makanan bergizi.
  10. Minyak mentah, bahan bakar yang dapat dimanfaatkan berbagai jenis kendaraan.
  11. Karet,  bahan ini dapat diolah menjadi segala hal yang bermanfaat. Segala hal yang menunjang kebutuhan sekunder atau kebutuhan tersier dalam sehari-hari. Seperti produksi ban kendaraan, sepatu, dan lain-lain.
  12. Sawit, salah satu bahan minyak goreng yang memiliki kualitas yang tinggi.
  13. Batu bara, bahan utama untuk pembangkit listrik yang memiliki manfaat besar bagi manusia.
  14. Perak, bahan mentah untuk perhiasan.
  15. Plastik, untuk membuat berbagai jenis perlengkapan sehari-hari yang memiliki banyak jenis.

Bahan mentah dilihat dari pengertian barang mentah menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang telah dijelaskan diatas merupakan serangkaian kegiatan ekonomi  yang sering kita jumpai dan dapat kita manfaatkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan manusia. Semoga materi ini memberikan wawasan dan pengetahuan, trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *