Pengertian Barang Substitusi, Ciri, dan Contohnya

Posted on

Barang Substitusi Adalah

Jenis barang yang ada disekitar kita dapat kita klasifikasikan dalam jenis yang berbeda-beda. Klasifikasi barang dapat berdasarkan cara memperolehnya, tujuan penggunaan, proses produksinya, berdasarkan jaminan, berdasarkan kuaitas baramg, dan berdasarkan hubungannya dengan barang lain. Jenis barang berdasarkan hubungannya  dengan barang lain dibedakan menjadi dua yaitu barang subtitusi dan komplementer. Barang komplementer adalah barang sebagai pelengkap barang lain, sementara barang subtitusi adalah barang yang berperan sebagai pengganti untuk barang lain.

Barang subtitusi biasanya dibutuhkan ketika barang yang biasa dikonsumsi tidak ada, maka seseorang akan mencari alternatif pengganti dari barang tersebut. Jenis barang pengganti yang dipilih biasanya dipilih secara acak tergantung ketersediaan barang yang ada. Ciri dari barang subtitusi ialah barang tersebut dibutuhkan ketika barang yang dicari tidak ada, antara barang yang biasa digunakan dengan barang pengganti ini memiliki fungsi yang sama. Contoh barang subtitusi yang sering kita temui ialah bahan bakar jenis premiun digantikan dengan pertalite.

Barang Subtitusi

Barang memiliki jenis yang berbeda-beda berdasakan pengelompokkan yang telah ditentukan. Barang subtitusi merupakan salah satu jenis pengelompokkan barang berdasarkan hubungannya dengan barang lain.

Barang subtitusi muncul karena adanya kreativitas dari manusia. Kreativitas tersebut bertujuan untuk memperluas jenis barang yang ada. Tentu saja yang dilakukan ialah untuk memnuhi permintaan konsumen serta untuk memuasakan konsumen.

Barang subtitusi biasanya dibutuhkan ketika barang yang dicari oleh konsumen tidak ada, maka konsumen akan memilih barang yang memiliki fungsi dan kualitas yang sama. Seseorang mugkin serring mencari subtitusi atas suatu barang agar dapat memilih barang denga kualitas yang baik, memiliki kualitas yang sama, dan biaya yang dikorban lebih kecil.

Barang subtitusi dapat memberikan kemudahan untuk seseorang memilih barang yang paling cocok dengan keinginannya. Seseorang memiliki kebebasan untuk memilih barang mana yang dijadikan barang pokok dan barang subtitusi.

Barang subtitusi yang sering kita dengar adalah subtitusi antara beras dan jagung. Subtitusi tersebut salah satu contoh yang membuat kita mudah memahi tentang barang subtitusi. Terdapat banyak barang subtitusi yang mungkin belum kita sadari.

Seseorang mencari barang subtitusi atas barang asli apabila barang asli mengalami perubahan harga atau perusahaan tidak lagi memproduksi produk yang biasa digunakan oleh seseorang. Pemilihan atas barang subtitusi juga tergantung pada selera masing-masing individu.

Keputusan seseorang untuk memilih barang subtitusi atas barang asli yang biasa dikonsumsi ialah kebutuhan sesorang yang harus dipenuhi saat itu juga sehingga orang memilih produk yang ada saja.

Pengertian Barang Subtitusi

Barang subtitusi adalah barang pengganti atas barang lain namun tidak kehilangan fungsi atas barang tersebut. Seseorang yang menggunakan barang subtitusi tidak akan merasa kecewa karena baik barang asli yang diiginkan dengan barang subtitusi sesuai dengan keinginan konsumen.

Barang subtitusi adalah barang yang dilihat orang mirip dengan barang yang biasa digunakan. Kemiripan ini dilihat dari kegunaan, kualitas, dan biaya yang harus dikeluarkan. Barang subtitusi ada yang lebih murah atau lebih mahal dari barang yang biasa digunakan.

Agar kita dapat memahami dengan mudah akan barang subtitusi ialah barang subtitusi ini memliki jenis yang sama mungkin hanya beda merk. Untuk kualitas barang subtitusi tidak dapat diragukan lagi.

Adanya barang subtitusi ini membuat seseorang memiliki pilihan atau alternatif atas barang atau jasa yang dipilih. Barang subtitusi ini dapat menambah kepuasan seseorang dalam memilih barang yang sesuai dengan keinginan orang tersebut.

Salah satu manfaat barang subtitusi ialah adanya barang pengganti yang dengan banyak jenis dengan hampir sama, sehingga tidak dirasakan kelangkaan atas suatu barang. Konsumen juga memiliki pandangan dalam menetapkan pilihan barang yang akan dibeli.

Pengertian Barang Subtitusi Menurut Para Ahli

Para ahli ekonomi tidak mengungkapkan secara mendetail tentang barang subtitusi ini. Barang subtitusi sebagai penggati atas barang yang biasa digunakan oleh seseorang. Namun terdapat pernyataan berdasarkan teori ekonomi.

Berdasarkan teori ekonomi barang subtitusi adalah produk atau jasa yang dilihat oleh konsumen ketika barang yang diinginkan tidak ada. Konsumen menganggap terdapat kemiripan dari barang yang diinginkan dengan barang tersebut.

Ciri Barang Subtitusi

Barang subtitusi dapat kita indentifikasi dari beberapa ciri dari barang subtitusi ini. Berikut merupakan ciri barang subtitusi,

  1. Dibutuhkan apabila barang yang dicari mengalami kelangkaan, Barang asli akan tergantikan ketika langka. Ketika terjadi kelangkan manusia akan mencari alternatif lain untuk memebuhi kebutuhannya.
  2. Memiliki fungsi yang sama dengan produk yang biasa digunakan, Barang pengganti tersebut memiliki fungsi yang sama dengan produk asli yang biasa digunakan oleh orang tersebut.
  3. Memiliki kualitas yang sama dengan barang yang biasa dikonsumsi, Kualitas dari barang pengganti tidak jauh dari barang asli, bahkan ada barang pengganti yang memiliki kualitas lebih baik. Hal tersebut tergantung keinginan seseorang dalam memilih barang pengganti atas barang asli yang tidak tersedia.
  4. Barang bersifat mudah digantikan, Barang subtitusi biasanya mudah digantikan karena banyak produk yang menawarkan kebermanfaatan yang sama dari produk tersebut. Seseorang yang tidak memiliki kesetiaan pada produk maka akan terus melakukan coba-coba dengan barang-barang baru untuk memebuhi seorang individu.
  5. Banyak produk yang memiliki fungsi yang sama, Barang subtitusi biasanya banyak perusahaan yang menyediakan barang tersebut dengan berbagai jenis merk. Banyak merk yang menyediakan ini berdampak pada keberagaman barang yang tersedia dipasar.

Contoh Barang Subtitusi

Agar kita dapat mengenal lebih dalam tentang barang subtitusi. Berikut merupakan contoh barang subtitusi yang sering kita jumpai, antara lain;

Bahan bakar Pertalite dengan pertamax

Bahan bakar untuk kendaraan bermontor memiliki banyak jenis diantaranya pertamax dan pertalite. Bahan bakar jenis bakar pertamax dan pertalite memiliki peran yang sama dan dapat saling menggantikan. Apabila pertalite tidak ada stok maka seseorang dapat memilih pertamax tanpa harus perlu merubah jenis kendaraan.

Gelas digantikan dengan cangkir

Ketiak kita ingin minum air atau yang lain biasa menggunakan gelas. Apabila gelas tidak ada maka dapat menggunakan cangkir yang ada. Cangkir memiliki fungsi yang sam yaitu sama-sam bisa digunakan untuk minum air.

Kursi digantikan dengan tikar

Ketika kita berkumpul dengan orang untuk berbincang-bincang biasanya menggunakan kursi untuk duduk, namun ketika jumlah orang yang kita ajak untuk ketemu dengan jumlah yang banyak kita dapat menggantikan fungsi kursi dengan tikar. Tikar lebih memungkinkan untuk menampung lebih banyak orang kita ajak berkumpul.

Komputer digantikan dengan laptop

Zaman yang serba digital ini dalam menyelesaikan pekerjaan tidak hanya diam ditempat, melainkan dapat dikerjakan diberbagai tempat.

Dengan kondisi seperti ini fungsi komputer dapat digantikan dengan laptop. Laptop yang lebih praktis dan fleksibel untuk dibawa kemana-mana, sehingga seseorang dapat merasa lebih dimudahkan dengan adanya laptop dengan fungsi yang sama dengan komputer.

Bolpoin dengan pensil

Sebagai seorang pelajar sangat membutuhkan alat untuk mencatat. Antara bolpoin dan pensil memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama digunakan untuk menulis. Berdasarkan fungsi tersebut apabila tidak tersedia bolpen kita dapat memanfaatkan pensil untuk pengganti sementara.

Bus dapat menggantikan kereta api

Seseorang yang ingin berpergian jarak jauh dapat memanfaatkan kendaraan umum. Contoh kendaraan umum yang digunakan perjalanan jarak jauh adalah bis dan kereta api. Seseorang yang ketinggalan kereta api dapat memanfaatkan bus sebagai kendaraan yang dapat mengantarkan pada tujuan yang dituju dengan waktu yang sedikit berbeda. Baik bus dan kereta dapat mengantarkan sampai tujuan.

Kompor gas dengan kompor listrik

Kebutuhan seseorang akan peralatan dapur sangat beragam salah satunya adalah kompor. Fungsi kompor listrik dan kompor gas adalah sama. Apabila seseorang yang biasa menggunakan kompor listrik ketika listrik padam maka dapat menggunakan kompor gas.

Kompor gas tidak akan mengurangi fungsi dari kompor listrik. Antara kompor listrik dan kompor gas memiliki fungsi yang sama. Keputusan tersebut tergantung pada masing-masing individu.

Berdasarkan pada hubungannya dengan barang lain khususnya terkait materi pengertian barang subtitusi menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang telah disebutkan diatas. Semoga saja memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *