Ciri Alat Pemuas Kebutuhan Jasa dan Barang

Diposting pada

Ciri Alat Pemuas Kebutuhan Barang dan Jasa

Manusia pada hakekatnya selalu membutuhkan berbagai jenis barang dan jasa yang kerapkali akan dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan berbagai barang yang kita gunakan biasanya berdasarkan kebutuhan. Oleh karena itulah karakteristik kebutuhan manusia sangat beragam mulai dari penggunaan barang dan pemanfaatan jasa.

Dimana barang dan jasa termasuk dalam alat pemuas kebutuhan yang memang mudah untuk ditemukan ketika melakukan kegiatan ekonomi.

Alat Pemuas Kebutuhan

Alat pemuas kebutuhan adalah salah satu komponen terpenting ketika ingin memenuhi apa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Kita tahu konsep awal sebuah kebutuhan bersifat tidak terbatas dan barang atau jasa yang dibutuhkan bersifat terbatas.

Keterbatasan ini menjadi permasalahan ekonomi, sehingga dibutuhkan perhitungan yang tepat dalam menetapkan sebuah penyelesaian atas masalah tersebut. Permasalahan ini akan tetap ada dan terus berputar apabila kehidupan masih berjalan.

Ciri Alat Pemuas Kebutuhan

Alat pemuas kebutuhan secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu baran dan jasa. Dimana masing-masing alat memiliki ciri yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan manusia. Berikut penjelasannya;

  1. Barang

Ciri alat pemuas kebutuhan berupa barang. Antara lain;

  1. Bisa dilihat

Karakteristik sebuah barang pada dasarnya memiliki wujud. Barang yang mampu memenuhi kebutuhan manusia adalah barang yang dapat dilihat. Barang yang dapat dilihat membuat seseorang akan merasakan kemudahan dalam menggunakan alat tersebut.

  1. Bisa diraba

Barang yang dapat dilihat harus bisa diraba. Ada unsur kasar atau tekstur barang yang dapat dirasakan oleh orang yang menggunakan barang tersebut. Orang yang meraba dapat merasakan karar, halus, rata, bergelombang, dan lain-lain.

  1. Bisa ditimbang

Barang yang digunakan tentu memiliki masa, sehingga ketika ditimbang memiliki berat. Berat ini dapat dilihat dari alat ukur yang terpercaya. Alat ini menyesuaikan jenis barang yang akan ditimbang. Kita tahu terdapat berbagai jenis timbangan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

  1. Jumlahnya terbatas

Jumlah barang ini hanya sejumlah barang yang telah diproduksi oleh produsen. Kita tahu produsen memiliki keterbatasan dalam melakukan sebuah produksi, tentu mempertimbangkan keadaan pasar. Terutama pada faktor permintaan dan penawaran yang ada di pasar.

  1. Berasal dari daerah tertentu

Barang yang diproduksi tentu memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan asal produk. Kadang barang yang diproduksi menyesuaikan kebutuhan masyarakat di daerah tertentu. Semakin banyak masyarakat yang membutuhkan maka terdapat kemungkinan akan membangun tempat produksi di tempat tersebut.

  1. Bisa habis

Barang yang digunakan tentu memiliki jumlah tertentu yang apabila digunakan secara terus menerus akan habis. Jangka waktu barang digunakan tergantung pada jenis produk yang digunakan. Produk juga memiliki batas kadaluarsa atas kelayakan barang tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memiliki nilai guna yang tinggi

Barang yang dibutuhkan oleh masyarakat tentu karena memiliki manfaat. Manfaat ini akan dirasakan oleh orang yang membutuhkan alat tersebut. semakin banyak produk tersebut digunakan maka dipercaya barang tersebut tentu memiliki manfaat.

Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Berupa Barang

Misalnya saja seperti;

  1. Beras, sebagai makanan pokok
  2. Ikan, sebagai lauk pauk
  3. Buku, sebagai kebutuhan primer dalam menunjang seseorang untuk belajar
  1. Jasa

Karakteristik alat pemuas kebutuhan berupa jasa. Antara lain;

  1. Tidak berwujud

Jasa hanya dapat dirasakan tanpa mengetahui wujudnya. Jasa juga banyak berupa tindakan yang langsung berkaitan dengan kebutuhan kita.

Jenis jasa ini tergantung pada jasa yang ingin dinikmati. Jasa pada bidang kesehatan maka dampaknya pada bidang kesehatan, jasa bidang kecantikan, dan lain-lian. Kepuasaan ini juga bergantung pada ekspektasi dan pengalaman seseorang dalam melakukan sebuah tindakan.

  1. Berubah-ubah tergantung lingkungan

Standar yang ditetapkan oleh suatu daerah tergantung pada trand yang ada di masyarakat tersebut. Semakin elit kawasan pada suatu daerah maka semakin tinggi tuntutan akan sebuah jasa yang ditawarkan. Jasa ini dapat dirasakan langsung atau melalui perantara tertantu.

Bahkan ulasan dari para pelanggan merupakan hal yang penting untuk mengembangkan usaha dibidang jasa serta dapat memberikan kepuasan konsumen.

  1. Tidak dapat dipisahkan

Jasa tidak dapat dipisahkan antara ruang dan waktu. Tempat dimana layanan jasa itu berada maka manfaat jasa langsung dirasakan. Apabila pelanggan merasa kecewa dapat langsung komplain kepada pemilik jasa. Spontanitas ata servis kepada pelanggan merupakan penilaian utama agar pelanggan merasa puas atau tidak puas.

  1. Tidak dapat dipindahkan

Jasa yang terikat antara waktu, tempat, dan pelayanan maka tidak dapat dilakukan secara terpisah. Hal ini berbeda dengan barang yang dapat dilakukan secara terpisah antara waktu pembelian dan saat menikmati produk yang dibeli. Jasa merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan.

  1. Dapat dirasakan manfaatnya

Jasa yang dipilih untuk memuasakan kebutuhan seseorang sesuai dengan segala jenis manfaat yang ingin dirasakan. Ketika seseorang ingin model rambut yang bagus dan modern bisa ke salon atau ke babershop. Seseorang yang ingin perawatan kulit wajah maka dapat menggunjungi klinik yang disukai. Bersamaan dengan hal tersebut tentu akan sangat terasa manfaatnya.

  1. Memiliki nilai guna tersendiri

Nilai guna ini tidak hanya kata orang lain namun dengan penilaian pribadi. Setiap individu memiliki kriteria tersendiri dalam menilai sebuah nilai guna atas jasa. Semakin berguna suatu jasa yang dinikmati, nama seseorang akan semakin sering berkunjung ke tempat penyedia jasa tersebut.

Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Berupa Jasa

Contohnya saja seperti;

  1. Paid promote, jasa ini kerapkali dibutukan oleh seseorang yang ingin menyebarluaskan informasi dan produknya. Misalnya saja seperti menggunakan paid promote di instagram @informasilomba maka seseorang haruslah membayar dengan ketentuan bayaran yang sudah disepakati.
  2. Jasa Riset Pasar, misalnya saja untuk kebutuhkan akan riset pasar ini diperlukan pemerintah dalam melakukan survai melalui kekuarangan lembaganya dan pengembangan lembaganya.

Itulah saja artikel yang bisa diulaskan pada semuanya berkenaan dengan karakteristik alat pemuas kebutuhan berupa jasa dan barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *