Contoh Pengolahan Bahan Mentah Menjadi Barang Jadi

Diposting pada

Contoh Pengolahan Bahan Mentah Menjadi Jadi

Definisi barang ekonomi yang kita gunakan selama ini beberapa diantaranya merupakan barang hasil olahan dari bahan mentah. Tidak semua yang tersedia di alam semesta dapat langsung dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga setiap manusia perlu mengolahnya terlebih dahulu baik secara manual (cara tradisional) maupun secara modern menggunakan mesin-mesin pengolah tertentu.

Untuk dapat melakukannya, diperlukan suatu keahlian khusus mulai dari mencaari bahan mentah hingga menyediakan mesin pengolah agar kemudian dapat menghasilkan barang yang diinginkan.

Bahan Mentah Menjadi Barang Jadi

Menjelaskan tentang pengelolaan barang mentah menjadi barang jadi tentusaja penting sebelum mengulasnya lebih dalam.

Bahan Mentah

Barang mentah merupakan suatu bahan yang diperoleh dari berbagai tempat seperti dari hasil alam. Bahan mentah umumnya tidak dapat digunakan atau dikonsumsi sebelum adanya proses pengolahan. Namun, ada kalanya bahan mentah dapat dikonsumsi secara langsung seperti buah-buahan yang dapat dikonsumsi baik sebelum diolah maupun setelah diolah menjadi suatu hasil produk makanan.

Oleh karena itu, bahan mentah juga dikatakan sebagai bahan yang diolah melalui suatu proses pengolahan tertentu menjadi bentuk lain yang wujudnya berbeda dari wujud sebelumnya. Dengan kata lain, bahan mentah ini merupakan input yang kemudian dilakukan proses pengolahan hingga menjadi output yaitu suatu barang jadi yang siap dikonsumsi.

Barang Jadi

Sesuai dengan namanya, maka barang jadi ialah barang yang siap untuk langsung dikonsumsi. Umumnya, barang jadi sudah melalui proses pengolahan tertentu dan merupakan suatu output atas proses tersebut. Barang jadi ialah barang yang langsung digunakan oleh manusia tanpa harus melalui proses produksi untuk menghasilkan barang lainnya.

Barang setengah jadi tersusun atas komponen barang setengah jadi ataupun bahan mentah sekaligus yang disusun sedemikian rupa hingga terbentuklah barang jadi tersebut. Barang jenis ini memiliki nilai (value) yang lebih tinggi dibandingkan dengan barang setengah jadi atau bahan mentah. Sehingga, tidak heran apabila dijual barang jadi memiliki tingkar harga yang lebih tinggi.

Contoh Pengolahan Bahan Mentah Menjadi Barang Jadi

Berikut contoh pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain;

  1. Pengolahan kayu menjadi mebel

Barang-barang mebel seperti kursi, meja, almari, dan sebagainya seringkali bahkan setiap hari kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Taukah kamu darimana asalnya barang mebel tersebut? Ya, dari kayu. Para pengrajin kayu mengambil bahan mentah ini dari alam yaitu dari hutan (pohon) yang sudah siap tebang.

Kemudian, dilakukan proses pengolahan yaitu dengan memotong, memahat, dan mengamplas. Hingga kemudian melalui proses pengolahan tersebut dapat terbentuk kursi, meja ataupun barang mebel lainnya sesuai keinginan konsumen.

  1. Pengolahan batu, pasir, dan semen menjadi bangunan

Rumah, gedung, sekolah dan gedung-gedung lain yang menaungi kita selama ini merupakan barang jadi yang diolah dengan menggunakan berbagai komponen bangunan seperti batu, pasir, semen, dan sebagainya. Dengan demikian, batu, pasir, dan semen tersebut merupaka bahan mentah yang kemudian diolah (dibentuk bangunan) hingga menjadi suatu bangunan yang kokoh dan siap untuk dihuni oleh manusia.

  1. Pengolahan tanah liat menjadi berbagai barang gerabah

Selain kayu, para pengrajin juga memanfaatkan tanah liat untuk dijadikan barang yang lebih berguna yaitu gerabah. Tanah liat dibentuk menjadi beberapa jenis bentuk hingga menjadi produk gerabah yang dapat langsung dimanfaatkan oleh manusia baik sebagai alat rumah tangga maupun hiasan.

Tanpa melalui proses pengolahan, maka tanah liat hanya akan menjadi bahan mentah yang rendah nilai barangnya. Berbeda jika sudah diolah menjadi barang jadi bernilai jual tinggi.

  1. Pengolahan karet menjadi ban, sepatu, dan sandal

Pada umur tujuh tahun, pohon karet mampu memproduksi getah yang berkualutas baik, getah inilah yang kemudian diendapkan hingga menjadi bentuk lembaran. Lembaran getah karet ini selanjutnya masuk dalam proses produksi hingga bisa menjadi ban, sepatu, maupun sandal.

  1. Pengolahan kedelai menjadi tahu dan tempe

Pengolahan kacang kedelai yang kemudian menjadi tahu, tempe, maupun kecap juga merupakan contoh pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi yaitu berupa makanan yang kita butuhkan dalam bagian kebutuhan primer ataupun kebutuhan sekunder.

  1. Pengolahan kompos menjadi pupuk kompos

Pengolahan kompos menjadi pupuk dilakukan oleh industri petrokimia ataupun dalam pertanian sejatinya juga merupakan contoh pengolahan bahan mentah (kompos) menjadi barang jadi (pupuk kompos). Hal ini tentsaja mudah ditemukan.

  1. Pengolahan sawit menjadi minyak atau sabun

Pengolahan kelapa sawit menjadi mentah mungkin sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. kelapa sawit yang sudah cukup umurnya dapat dipanen dan dilakukan pengolahan menggunakan mesin hingga dihasilkan minyak untuk memasak.

Sehingga, pengolahan sawit menjadi minyak ini tidak lagi perlu diolah karena minyak langsung dapat digunakan untuk memasak.

  1. Pengolahan kapas menjadi benang dan kain

Pengolahan kapas yang dipilin kemudian menjadi benang merupakan contoh barang setengah jadi, namun apabila kemudian benang ditenun maka akan menjadi kain yang dapat langsung digunakan maupun diolah lagi menjadi pakaian.

  1. Pengolahan padi menjadi nasi

Padi merupakan hasil alam yang tidak dapat langsung dimanfaatkan, sehingga perlu diolah menjadi beras. Ini merupakan contoh barang setengah jadi karena untuk dapat langsung mengkonsumsinya harus dimasak hingga menjadi nasi.

  1. Pengolahan gandum menjadi roti atau sereal

Gandum merupakan salah satu bahan makanan kaya karbohidrat. Namun, gandum perlu diolah dahulu menjadi roti ataupun sereal. Pengolahan ini dilakukan dengan mengkombinasikan gandum bersama dengan bahan lainnya seerti ragi dan bahan roti lainnya hingga pada akhirnya dapat langsung dikonsumsi.

  1. Pengolahan batu menjadi kerajinan pahat batu

Batu juga merupakan hasil alam yang tidak dapat digunakan begitu saja. Batu akan memiliki nilai jual tinggi apabila diolah terlebih dahulu seperti dilakukan pemecahan ataupun pemahatan batu. Bahkan bisa dibuat sebagai akik yang bernilai sebagai batu mulia.

  1. Pengolahan batang sagu menjadi tepung dan kue

Batang sagu harus diolah untuk menjadi tepung hingga diolah lagi jadi kue. Diolah mulai dari mengupas, memarut, hingga diperoleh pati yang halus dan kemudian dikombinasikan secara bersama bahan kue lainnya hingga menjadi kue.

  1. Pengolahan daun tembakau menjadi tembakau kering

Nilai jual daun tanaman tembakau akan semakin tinggi jika diolah dahulu menjadi tembakau kering melalui proses pengikatan, pemeraman, sortasi, perajangan, pengeringan, dan juga pembungkusan. Tembakau ini kemudian dalam indutri dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan rokok.

  1. Pengolahan tanaman biji kopi menjadi minuman kopi

Biji kopi yang telah dipanen kemudian diolah mulai dari sortasi hingga pengeringan. Kemudian untuk menjadi minuman perlu dilakukan penyangraian, pengalusan dan, penyeduhan.

  1. Pengolahan daun teh menjadi minuman teh

Daun teh perlu diolah agar dapat dikonsumsi yaitu melalui proses pemetikan, pelayuan, penghilangan warna hijau, hingga pengeringan hingga kemudian dapat diseduh menjadi minuman teh.

  1. Pengolahan kayu menjadi kertas

Kayu dikupas kulitnya, dipotong dengan mesin, dan dihilangkan sertanya hingga menjadi bubur kertas. Kemudian dilakukan proses pengolahan lanjutan hingga menjadi lembaran kertas siap digunakan. Bisa juga dijadikan buku terlebih dahulu.

  1. Pengolahan kepompong sutera menjadi kain sutera

Kepompok sutera mahal harganya dan akan lebih mahal jika sudah diolahmenjadi benang ataupun dipilin menjadi kain sutera.

  1. Pengolahan sayuran mentah menjadi makanan

Pengolahan ini seringkali bahkan setiap hari manusia lakukan karena sayuran menjadi lebih bermanfaat apabila telah diolah menjadi makanan saji.

  1. Pengolahan air laut menjadi garam

Air laut tampak tidak begitu bernilai jika masih berupa air laut. Namun, jika sudah diolah menjadi garam maka akan bertambah nilainya. Hal ini karena air laut berperan sebagai bahan mentah. Pengolahan dilakukan mulai dari menyaring sedimennya, merebus, dan mengeringkan hingga menjadi garam kristal.

  1. Pengolahan tebu menjadi gula

Pengolahan ini dilakukan untuk menghasilkan gula sebagai barang jadi karena dapat langsung dikonsumsi maupun juga dapat menjadi komponen tambahan menghasilkan produk lain. Pengolaha  tebu menjadi gula dilakukan mulai dari penggilingan, pemurnian, penguapan, kristalisasi, putaran, dan pengeringan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *