Contoh Barang Ekonomi dalam Keseharian

Diposting pada
Rate this post

Contoh Barang Ekonomi

Pemenuhan kebutuhan manusia membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya. Kebutuhan manusia sangat beragam. Salah satu kebutuhan yang utama ialah kebutuhan primer, kemudian kebutuhan sekunder, dan tersier. Tiga kebutuhan ini akan dipenuhi dengan barang ekonomi.

Dimana setidaknya untuk barang ekonomi ini dianggap sebagai tahapan krusial yang harus diketahui oleh pelaku ekonomi. Alasannya karena kebutuhan dasar manusia tidak terlepas daripada beragam jenis barang ekonomi.

Barang Ekonomi

Barang ekonomi adalah jenis barang dan jasa yang dapat digunakan untuk alat kebutuhan manusia, dimana jumlah barang lebih sedikit dibanding kebutuhan manusia, untuk mendapatkan barang tersebut membutuhkan pengorbanan yang besar.

Pengorbanan bukan hanya berupa uang namun juga persiangan dengan orang-orang yang membutuhkan barang yang sama.

Contoh Barang Ekonomi

Adapun untuk contoh barang ekonomi yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Pakaian

Kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dengan menggunakan beberapa pengorbanan adalah kebutuhan pokok. Kebutuhan tersebut berupa pakaian, orang yang ingin memiliki pakaian maka harus mengorbankan sejumlah uang untuk mendapatkan barang tersebut.

Jumlah barang yang terbatas kadang banyak orang tidak dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh barang yang sama dan di waktu yang sama.

  1. Rumah

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh manusia. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan penggorbanan dengan jumlah tertentu. Pengorbanan ini digunakan untuk membeli barang ekonomi ini.

Tidak semua orang dapat membeli rumah yang sama dengan harga yang sama. Keterbatasan ketersediaan barang yang dimiliki masing-masing individu maka barang yang didapatkan juga berbeda.

  1. Makanan

Kebutuhan utama untuk manusia agar tetap dapat bertahan hidup. Jenis kebutuhan ini merupakan hal utama yang dibutuhkan manusia. Manusia memiliki keinginan yang berbeda-beda. Kemampuan untuk membeli makanan tertentu akan membutuhkan sejumlah pengorbanan manusia. Pengorbanan ini dapat berupa uang, waktu, atau yang lainnya.

  1. Minuman

Orang yang membutuhi kebutuhan makanan maka secara otomatis akan memenuhi kebutuhan minuman. Jenis minuman sangat beragam tergantung pada keinginan masing-masing individu. Manusia yang tidak mampu membeli minuman maka hanya akan mengkonsumsi air putih. Beberapa orang yang memiliki daya beli akan memilih jenis minuman lain yang mampu memberikan kepuasan.

  1. Emas

Barang berharga yang biasanya diinginkan oleh manusia ketika kebutuhan dasarnya telah dipenuhi. Emas merupakan salah satu jenis kebutuhan sekunder yang dapat dipeuhi oleh seseorang. Kebutuhan sekunder atau tersier memang tidak menjadi prioritas namun tetap diperhatikan oleh manusia.

  1. Kendaraan

Mobilitas manusia merupakan salah satu hal yang penting, untuk mempermudah mobilitas maka membutuhkan kendaraan.

Jenis kendaraan yang dimiliki masing-masing individu akan berbeda tergantung pada kemampuannya. Kemampuan ini berkaitan dengan daya beli seseorang. Dapat kita lihat di masyarakat terdapat berbagai jenis kendaraan yang dimiliki oleh masyarakat.

  1. Perabotan

Segala peralatan yang ada dalam rumah biasanya disebut dengan perabotan rumah tangga. Setiap orang memiliki selera yang berbeda untuk mengisi rumahnya dengan berbagai jenis barang. Tentu barang yang dibeli merupakan barang yang memiliki manfaat untuk masing-masing individu.

  1. Jasa dokter

Kesehatan merupakan salah satu aset penting yang harus dimiliki amsing-masing individu. Kesehatan dapat diperoleh dengan menggunakan jasa dokter dalam membantu menjaga kesehatan. Jasa dokter dapat didapatkan oleh seseorang dengan sejumlah pengorbanan yang harus dikeluarkan oleh masing-masing individu.

  1. Smartphone

Dunia digital saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Hampir semua orang memiliki smartphone yang digunakan untuk komunikasi dengan berbagai pihak. Orang yang ingin memiliki smartphone maka harus mengorbankan sejumlah uangnya untuk membeli barang tersebut.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai contoh barang ekonomi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Pustaka

Boediono. 1982. Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE.

Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *