Contoh Barang Setengah Jadi Yang Mudah Ditemukan

Diposting pada

Barang Setengah Jadi

Kita telah mengetahui bahwa setiap barang dan jasa memiliki proses tersendiri. Bahan baku akan diproses oleh perusahaan untuk menjadi barang yang lebih bermanfaat untuk manusia. Meskipun sebagai konsumen tidak mengetahui proses barang secara sempurna tetapi kita perlu mengetahui mengenai kalsifikasi barang dalam proses produksi.

Akan tetapi yang pasti apabila iningin mengambil manfaat barang secara total maka barang tersebut merupakan barang jadi. Apabila kita baru menemui suatu barang yang masih tergolong hasil olahan namun belum dapat digunakan secara langsung dapat dikatakan sebagai barang setengah jadi.

Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah barang hasil proses dalam suatu produksi. Hasil dari tahap ini akan diolah lebih lanjut ditempat lain. Suatu perusahaan memang sengaja memproduksi barang tersebut sesuai dengan kapasitas perusahaan.

Barang setengah jadi merupakan barang hasil olahan dari suatu bahan baku, namun belum dapat kita rasakan seutuhnya manfaat atas barang hasil produksi tersebut. Barang setengah jadi ini apabila dijual belum mendapat harga yang pantas atau harga barang yang rendah.

Harga barang tersebut disesuaikan dengan kebermanfaatan dari barang tersebut. Ketika barang setengah jadi diolah lebih lanjut maka akan mendapatkan penilaian atas barang dengan harga yang lebih tinggi. Tingkat harga tersebut menyesuaikan dengan kualitas produk yang dihasilkan. Alasan suatu perusahaan membuat produk berupa bahan setengah jadi karena keterbatasan perusahaan akan mesin atau teknologi, untuk memperoleh tingkat efisiensi dan efektifitas dari proses produksi atas barang tersebut, atau memenuhi kebutuhan yang ada.

Perusahaan yang memproduksi barang setengah jadi biasanya sudah memiliki partner yang dapat menampung hasil produksi perusahaan. Permintaan partenr dapat menjadi alasan yang kaut mengapa perusahaan tersebut memproduksi barang setengah jadi. Perusahaan yang memproduksi barang setengah jadi kadang kurang diuntungkan dengan harga barang yang rendah.

Contoh Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah dapat dimanfaatkan namun belum maksimal. Agar pemanfaatan lebih baik maka harus diolah lebih lanjut. Berikut contoh barang setengah jadi, antara lain;

  1. Benang

Barang yang dihasilkan dari proses produksi mulai dari kapas yang dipintal sehingga mengasilkan suatu barang tersebut. Benang merupakan salah satu pelengkap untuk membuat produk pakaian.

Barang setengah jadi ini diolah menjadi pakaian atau kain yang dapat dimanfaatkan menusia untuk melindungi diri dari panas atau dinginya udara dari lingkungan sekitar. Benang juga menjadi salah satu bahan yang sangat penting untuk menghasilkan produk yang kuat dan tidak mudah sobek.

  1. Karet

Hasil dari perkebunan karet kemudian diolah menjadi karet mentah. Karet barang mentah belum  dapat dimanfaatkan kecuali diolah menjadi barang jadi seperti ban motor, karet gelang. Atau yang lain. Hasil produksi karet tersebut baru benar-benar dapat dirasakan manfaat bagi yang menggunakan.

Pengolahan karet tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena membutuhkan alat yang canggih agar produksi dapat maksimal. Produk yang memiliki kualitas yang baik biasanya dibuat dengan teknologi tingkat tinggi. Olahan karet saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat.

  1. Mesin Mobil

Mesin harus dirakit dengan bagian lain dari mobil agar dapat dirasakan kebermanfaatannya. Mesin merupakan salah satu bagian yang mampu mengerakkan suatu mobil atau produk lain yang menggunakan mesin. Penggerak ini merupakan komponen utama dalam sebuah mobil.

Mesin membutuhkan kerangka untuk memaksimalkan fungsi mesin itu sendiri. Kerangka mobil dapat menutup seluruh bagian mesin sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengangkut orang dari daerah satu ke daerah lain. Ketika telah berwujud produk mobil dapat mempermudah akses seseorang ke berbagai tempat.

  1. Semen

Semen merupakan bahan yang berasal dari alam dengan berbagai bahan yang ada di alam. Campura awal membuat semen salah satunya adalah limbah pabrik. Bahan ini dapat dijadikan sebagai campuran bahan bangunan. Semen tidak dapat berdiri sendiri harus dilengkapi degan material lain yang dapat membuat bagunan menjadi kokoh dan dapat ditempati.

Produk semen ini selalu ada di setiap kita mendirikan atau membuat segala jenis bangunan yang membutuhkan cor atau beton. Ketika sudah menjadi bangunan yang kaut dapat kita manfaatkan untuk tempat tinggal, bisnis property, dan lain-lain.

  1. Tepung

Sebuah produk hasil produksi dari suatu bahan alami yang dapat kita olah menjadi berbagai jenis makanan. Hasil olahan dari tepung memiliki jenis yang banyak. Kita dapat mengatakan tepung sebagai bahan setengah jadi karena barang tersebut memang masih dapat diolah menjadi berbagai jenis hasil olahan.

Tepung merupakan bahan dasar dari produk yang sering kita konsumsi salah satunya adalah roti. Pembuatan roti pasti menggunakan beberapa jenis tepung yang saling melengkapi sehingga menghasilkan produk yang sangat digemari oleh masyarakat. Hasil olahan roti sangat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.

  1. Pasir

Pasir yang ada di sungai tidak dapat digunakan ketika belum ditambang. Hasil tambang ini belum dapat digunakan secara langsung dan digunakan oleh manusia. Pasir memiliki peran yang penting untuk mendirikan suatu bagunan. Pasir dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran konstruksi bangunan yang kuat.

Pasir biasanya dicampur dengan bahan material lain sehingga manfaat dapat maksimal. Manfaat tersebut dapat dilihat dari bangunan yang kokoh yang ada disekitar kita. Hasil dari penggunaan pasir sangat beragam antara lain, beton, bangunan rumah, jalan raya, dan lain-lain.

  1. Bihun

Salah satu bahan oleh makanan yang berasal dari tepung. Bihun tidak dapat langsung dimakan apabila tidak dimasak terlebih dahulu. Bentuk bihun yang kaku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merendam bihun agar dapat dimakan.

Olahan bihun sangat beragam mulai dari digoreng, direbus, hingga dijadikan makanan ringan yang mengiurkan. Ketika bihun tidak dimasak maka tidak memiliki manfaat sama sekali. Olahan bihun yang memiliki cita rasa yang sangat enak ialah kembang gula dari bihun atau masakan rumahan.

  1. Kain

Kain merupakan barang yang terbuat dari benang yang telah dipintal. Kain dapat dibuat menjadi berbagai jenis produk yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Pada dasarnya kain sudah dapat digunakan langsung tanpa diolah kembali, akan tetapi manfaatnya dirasa sangat kurang. Kain yang tidak dioleh lagi hanya dapat digunakan untuk taplak meja atau kain penutup jenis lainnya.

Ketika diolah lebih lanjut maka dapat diolah menjadi beberapa produk yang memiliki bilai jual dan manfaat yang lebih. Hal yang paling umum memanfaatkan kain ialah untuk membuat pakaian dengan berbagai model sesuai dengan keinginan. Corak kain yang bermacam-macam dapat menambah keindahan kain dan menghasilkan produk yang lebih indah.

  1. Besi

Barang Setengah Jadi Besi
Besi

Setiap kontruksi bangunan pasti membutuhkan besi untuk memperkokoh bangunan. Bagunan yang diberi tambahan besi pada kerangkanya akan menghasilkan bangunan yang kuat dan nyaman untuk ditempati.

Besi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis produk. Hasil produk yang berbahan dasar besi adalah pagar rumah, tralis jendela, tralis pintu, kerangka motor, kerangka mobil, sepeda, dan lain-lain yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

  1. Kayu

Pohon memiliki berbagai jenis dengan kualitas yang dimiliki. Jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan bahan bangunan dan material lain adalah kayu jati, kayu manis, kayu cendana, kayu putih, dan lain-lain.

Suatu pohon dapat dipotong kemudian masuk dalam suatu proses mulai dari penebangan, memisahkan daun dengan batang, dan lain-lain. Proses tersebut yang membuat kayu dapat dikatakan sebagai barang setengah jadi. Hasil olahan dari kayu sangat beragam. Berikut beberapa olahan dari kayu antara lain, kertas, kayu putih, papan, meja, kursi, dan lain-lain.

  1. Daging Siap Saji (Kalengan)

Salah satu jenis barang setengah jadi yang kerap kita jumpai adalah daging kalengan atau siap saji. Proses pembuatan daging ini banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk kemudian di distributorkan ke berbagai supermarket ataupun warung klontongan.

Adapun untuk mengkonsumsinya sejatonya setiap konsumen haruslah terlebih dahulu memasaknya dan kemudian diolah dalam berbagai sajian yang diingnkan. Seperti halnya merek sarden, dan lain sebaginya.

  1. Mie Instan

Contoh barang setengan jadi lainnya adalah mie instan, barangkali ini menjadi salah satu barang yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan beberapa merk produk Indonesia seperti Indomomie dikenal ke berbagai negara yang ada di kawasan Afrika.

Kesimpulan

Barang setegah jadi dapat dimanfaatkan secara langsung, namun kebermanfaatnya akan lebih terasa apabila telah menjadi barang jadi. Barang jadi ini mungkin barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan tersebut dapat bersifat primer, kebutuhan sekunder, dan tersier hal tersebut tergantung dari bahan yang dihasilkan.

Perusahaan yang menghasilkan barang setengah jadi harus melakukan kerjasama dengan perusahaan lain. Kerjasama tersebut akan menampung segala jenis barang yang dihasilkan dan tidak dibuang.

Demikianlah artikel yang bisa kami tuliskan dan bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh barang setengah jadi yang mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi referensi serta pengatahuan yang mendalam.

Daftar Pustaka
  • Ismawanto. 2009. Ekonomi Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *