Contoh Barang Substitusi dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Barang Substitusi

Banyak sekali barang dan jasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Barang dan jasa tersebut sudah tentu terbagi ke dalam beberapa kategori menyesuaikan dengan jenis dan kegunaannya. Salah satunya adalah barang yang sering kali kita manfaatkan untuk melakukan aktivitas terbagi atas beberapa klasifikasi.

Barang berdasarkan fungsinya atas barang lain yaitu barang substitusi dan komplementer. Artikel ini akan membahas mengenai definisi dan contoh barang substitusi dalam kehidupan sehari-hari manusia yang mungkin disadari atau tidak saat menggunakannya.

Barang Substitusi

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, bahwa barang substitusi merupakan barang yang diklasifikasi berdasarkan fungsinya atas barang lain. Barang substitusi ialah barang alat pemuas kebutuhan manusia yang kegunaannya dapat digantikan oleh barang lain.

Contoh Barang Substitusi

Dalam kehidupan sehari-hari sudah tentu kita sering menggantikan fungsi barang dengan barang yang lainnya karena keharusan memenuhi kebutuhan. Namun, tanpa kita sadari kita telah menggunakan barang substitusi untuk melakukannya.

Dengan demikian ada banyak sekali contoh barang substitusi yang membantu manusia memenuhi kebutuhan hidup. Berikut contoh barang substitusi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kopi dan teh

Kopi dan teh disebut-sebut dapat menjadi barang yang saling menggantikan fungsinya. Hal ini dikarenakan apabila seseorang menginginkan minum teh namun tidak tersedia atau karena harganya mahal sehingga ia tidak dapat mengkonsumsi teh pada saat itu.

Keberadaan kopi yang tersedia dengan mudahnya ditambah dengan harganya yang lebih terjangkau mendorong seseorang tersebut tidak menolak untuk mengkonsumsi kopi bukannya teh.

Hal sebaliknya pun berlaku apabila seseorang yang menginginkan kopi namun mahal atau tidak tersedia akan dengan suka rela mengkonsumsi teh. Hal ini dikarenakan adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan akan mengkonsumsi minuman, terlepas dari sifat individu lain yang ada dalam diri setiap manusia.

  1. Bahan bakar premium dengan pertamax

Barang substitusi juga tercermin dalam bahan bakar kendaraan. Pengendara yang awalnya menginginkan isi bahan bakar kendaraannya dengan yang premium, namun karena saat itu tidak tersedia atau uang yang dimilikinya tidak cukup maka ia tidak akan keberatan apabila kendaraannya diisi dengan bahan bakar pertamax.

Dengan demikian, penggunaan barang substitusi juga didorong oleh adanya motivasi memenuhi kebutuhan karena jika premium tidak ada dan tidak mengisi bahan bakar maka kendarannya tidak akan berjalan.

Hal sebaliknya pun berlaku ketika ingin mengisi dengan bahan bakar pertamax namun yang tersedia premium maka tidak menjadi masalah selama alat pemuas kebutuhan (uang) yang dimilikinya mencukupi.

  1. Beras dan singkong

Beras dan singkong dikatakan sebagai barang substitusi karena keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penambah energi khususnya karbohidrat.

Jika ketika ingin memasak nasi namun lokasi memperoleh beras sangat jauh sehingga tidak tersedia, dan yang ada hanya singkong maka fungsi beras dapat digantikan oleh singkong. Sebaliknya pun berlaku ketika singkong tidak tersedia. Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia.

  1. Laptop dan komputer (PC)

Laptop dapat menggantikan komputer ketika harus digunakan berpindah tempat. Hal ini dikarenakan komputer yang bila dibawa kemana-mana akan berat dan beresiko. Sehingga, laptop dijadikan sebagai barang substitusi dari komputer karena fungsinya sama.

Begitu juga ketika memerlukan laptop namun saat itu sedang tidak tersedia karena rusak maka dapat digantikan fungsinya dengan komputer atau PC.

  1. Kursi dan tikar

Kursi dengan tikar merupakan dua barang yang fungsinya sama yaitu sebagai alas duduk. Ketika sedang ada tamu ke rumah namun kursi yang ada sudah tidak layak pakai atau tidak tersedia, maka dapat menggunakan tikar sebagai alas duduk.

Sehingga, dikatakan bahwa kursi dengan tikar merupakan contoh barang substitusi. Hal sebaliknya pun berlaku ketika memerlukan tikar namun sedang tidak tersedia maka dapat menggunakan kursi sebagai penggantinya.

  1. Bus dan angkot

Bus dan angkot merupakan alat transportasi umum yang posisinya dapat saling menggantikan atau disebut dengan barang substitusi. Jika kita ingin bepergian namun sedang tidak tersedia bus, maka kita dapat menggunakan angkot sebagai penggantinya.

Sama halnya dengan ketika kita ingin menggunakan angkot namun yang tersedia hanya bus yang lewat maka kita dapat menggunakan bus agar sampai di temoat tujuan. Melalui penjelasan itulah bus dan angkot dikatakan sebagai barang substitusi karena fungsinya sama dan dapat saling menggantikan.

  1. Gelas dan cangkir

Gelas dan cangkir merupakan dua barang yang digunakan sebagai wadah minuman. Pada saat di rumah ingin minum, namun ternyata gelas tidak tersedia karena kotor. Sehingga, kita dapat menggunakan cangkir sebagai pengganti gelas. Begitu juga saat ingin menggunakan cangkir namun yang tersedia hanya gelas.

  1. Lampu dan lilin

Lampu dan lilin ialah alat penerang dari kondisi gelap. Saat kita memerlukan cahaya untuk mengerjakan tugas di malam hari, namun saat itu sedang tidak tersedia cahaya lampu karena mati listrik maka dapat kita gunakan lilin sebagai penerang.

Begitu juga saat kita ingin menerangi suatu ruangan maun tidak ada lilin kita dapat menyalakan lampu sebagai penggantinya. Hal ini dikarenakan lampu dan lilin memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.

  1. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe ialah lauk yang dapat saling menggantikan fungsinya satu sama lain. hal ini dikarenakan bahan baku pembuatan tahu dan tempe sama yaitu kedelai. Selain itu, keduanya memiliki kandungan protein nabati yang sama.

Jadi, ketika makan dan menginginkan tempe sebagai lauknya namun habis atau tidak tersedia, maka dapat digantikan dengan mengkonsumsi tahu. Begitu juga ketika menginginkan tahu namun yang tersedia tempe. Penggantian fungsi ini tidak masalah karena sebenarnya tahu dan tempe memang dapat dipertukarkan.

  1. Jaket dan sweeter

Jaket dan sweeter dapat saling menggantikan posisinya karena keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menghangatkan badan. Ketika sedang musim dingin, orang-orang cenderung akan menggunakan jaket sebagai pelindung tubuhnya saat di luar rumah.

Namun, karena jaket tidak ada atau misalnya sedang dicuci maka mereka dapat menggunakan sweeter sebagai penghangat tubuh. Begitu juga ketika memerlukan sweeter namun yang tersedia adalah jaket maka fungsinya dapat dipertukarkan.

Hal ini seringkali terjadi pada kehidupan, misalnya apabila kita menginginkan pulpen untuk mengerjakan tugas namun tidak tersedia atau kita tidak dapat mengusahakannya. Maka, kegunaan pulpen dapat digantikan oleh pensil ataupun spidol karena sebenarnya fungsi mereka adalah sama yaitu untuk menulis.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa adanya barang substitusi ini manusia dapat memenuhi kebutuhannya yang sebelumnya mungkin tidak terpenuhi karena tidak tersedianya alat pemuas kebutuhan. Ketidaktersediaan ini mungkin karena tidak cukupnya uang yang dimiliki, atau mungkin sudah habis digunakan oleh orang lain. Barang substitusi sering disebut dengan barang pengganti.

Hal ini sesuai dengan posisinya yang dapat menggantikan barang lain asalkan fungsinya sama dengan barang sebelumnya yang tidak tersedia. Barang substitusi menjadi penting posisinya karena jika kebutuhan manusia tidak terpenuhi karena alat pemuas yang tidak tersedia akan menghambat aktivitas manusia, sehingga adanya barang pengganti dapat dikatakan sebagai alternatif penyelamat disaat mendesak.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai contoh-contoh barang substitusi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *