Contoh Firma Yang Ada di Indonesia

Diposting pada

Contoh Firma di Indonesia

Di Indonesia bahkan di negara lain sekalipun memiliki berbagai bentuk badan usaha yang didirikan. Bentuk badan usaha ini mulai dari persekutuan komanditer (CV), perseroan terbatas (PT), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), firma dan lain sebagainya.

Berbagai jenis badan usaha tersebut tentu memiliki kegiatan ekonomi berdasarkan pada ciri, keunggulan, dan kelemahan masing-masing. Terdapat berbagai contoh nyata adanya badan usaha tersebut di suatu negara. Salah satunya ialah firma yang berkembang dan dikelola di Indonesia. Terdapat beberapa contoh firma yang ada di Indonesia.

Firma

Firma adalah sebagai perusahaan yang pendirinya terdiri dari beberapa orang dengan peran mereka yang merangkap sebagai manajemen keberjalanan usaha tersebut. Sama halnya dengan usaha-usaha yang lain, maka bentuk firma ini juga menghendaki adanya perluasan usaha serta permodalan sebagai tujuannya. Namun, tujuan tersebut sudah tentu diarahkan pada permodalan yang jauh lebih luas dibandingkan dengan usaha yang sifatnya perseorangan.

Pendiri atas kegunggulan firma yang terdiri dari beberapa orang ini umumnya dibentuk karena adanya ikatan saling percaya sehingga mereka sudah saling kenal sebelum mendirikan usaha. Agar dapat mempertahankan kepercayaan satu sama lain, maka pendiri firma ini biasanya hanya bentuk kerja sama dari kelompok kecil antara 2 hingga 7 orang saja.

Mereka terbagi atas sukutu aktif dan sekutu pasif, serta mereka memberikan input yang berbeda-beda sesuai yang diperlukan oleh usahanya seperti modal, keterampilan, tenaga, dan lain-lain. Melalui kontribusi input usaha dari beberapa orang inilah yang menjadikan permodalan usaha meluas. Hal ini berdampak pada tercapainya efektivitas usaha yang lebih baik apabila diupayakan sendiri.

Contoh Firma di Indonesia

Banyak pihak yang tertarik untuk mendirikan serta menjalankan usaha dalam bentuk firma, sehingga terdapat beberapa contoh firma yang dapat kita bahas khususnya yang ada di Indonesia. Contoh firma yang akan dibahas ini meliputi firma dagang maupun firma non dagang.

  1. Firma Hukum

Firma hukum seperti kantor pengacara maupun kantor konsultan hukum merupakan contoh dari bentuk badan usaha berupa firma. Firma jenis ini merupakan kategori firma yang kegiatannya non dagang karena kegiatannya terkait dengan lembaga hukum.

Firma hukum menjadi salah satu contoh dari firma yang ada di Indonesia karena didirikan dan dijalankan oleh sekelompok orang yang terdiri dari sekutu aktif dan pasif dalam memberikan layanan hukum pada masyarakat.

  1. Firma Akuntansi

Selain firma hukum, adapula firma akuntansi yang tentu saja juga merupakan jenis firma non dagang. Dibentuknya firma akuntansi ini ialah untuk menyediakan jasa akuntansi di luar lembaga akuntansi yang dimiliki suatu perusahaan.

Firma akuntansi ini dijalankan oleh sekelompok kecil orang dalam memberikan jasa akuntansi baik jasa yang diperlukan oleh individu, badan hukum, maupun perusahaan.

  1. Perusahaan Firma Diadora

Jika pada poin sebelumnya telah diberikan contoh firma non dagang, maka jenis perusahaan firma Diadora ialah contoh firma dagang yang ada di Indonesia.

Contoh firma Diadora ini kegiatannya ialah memproduksi alat-alat olahraga. Jenis perlengkapan olahraga yang diproduksi antara lain seperti rugby, sepatu olahraga/ atletis, bola sepak, tenis, perlengkapan bersepeda, dan lain sebagainya. Perusahaan ini didirikan oleh seorang usahawan bernama Marcello Dnieli bersama dengan beberapa orang lainnya.

  1. Perusahaan Firma Crocs

Jenis perusahaan firma juga ada yang bergerak di bidang fashion, salah satunya ialah perusahaan firma Crocs yang memproduksi fashion jenis sepatu dan sandal.

Tentu saja hal ini berarti bahwa perusahaan firma Crocs merupakan contoh jenis firma dagang karena memproduksi barang kebutuhan masyarakat. Crocs memproduksi sepatu dan sandal dari karet dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik masyarakat.

  1. Perusahaan Firma Converse

Selain Crocs, jenis firma yang bergerak dibidang fashion selanjutnya ialah converse. Perusahaan firma Converse menyediakan kebutuhan fashion dengan lebih lengkap yaitu ada baju, celana, tas, dan lain sebagainya. Perusahaan firma jenis dagang ini menyediakan barang fashion dengan kualitas yang tidak diragukan lagi karena memiliki penggemar yang cukup banyak di beberapa negara.

Perusahaan firma Converse ini juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia sebagai tempat produksi. Mengadopsi dari prosedur pabrik Converse yang asli, pabrik yang ada di Indonesia juga berusaha untuk menjaga kualitas produk.

  1. Terra Firma

Terra Firma merupakan jenis firma non dagang yang bergerak di bidang hukum. Perusahaan firma jenis ini menyediakan berbagai jenis layanan hukum yang diperlukan oleh masyarakat. Pihak yang mendirikan dan menjalankan firma ini ialah kelompok kecil yang terbagi atas sekutu aktif dan pasif sehingga usaha ini tergolong dalam jenis firma.

  1. Perusahaan Firma Vans

Perusahaan firma Vans ialah perusahaan di bidang fashion khususnya sepatu. Usaha ini telah berkembang mulai dari tahun 1996. Saat ini, sepatu merek Vans sudah sangat dikenal oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Perusahaan Firma Vans sudah sangat digemari sejak awal pendiriannya di California. Kualitasnya yang sangat baik menjadikan produk ini terjual habis sejak awal peluncurannya. Hingga saat ini, perusahaan firma Vans sudah berhasil memiliki cabang di berbagai negara.

Perusahaan Firma Vans merupakan salah satu contoh firma yang bergerak dibidang dagang dengan menawarkan produk sepau jenis skate.

  1. Perusahaan Firma Polo Sport

Perusahaan firma yang selanjutnya ialah Polo Sport. Perusahaan firma jenis ini menyediakan baju olahraga dengan kualitas yang terjamin.

Perusahaan firma ini berasal dari Amerika Serikat. Antusias masyarakat yang sangat baik pada produk Polo Sport menjadikan perusahaan ini berkembang hingga ke luar Amerika Serikat. Meskipun demikian, tetap ada standar produksi yang harus dijalankan oleh wilayah produksi Polo Sport tersebut.

  1. Perusahaan Firma Puma

Perusahaan firma Puma merupakan jenis perusahaan internasional yang sangat terkenal di berbagai negara di dunia. Perusahaan Puma memproduksi sepatu dan perlengkapan olahraga lain dengan kualitas terbaiknya. Pendiri perusahaan firma Puma ini ialah Rudolf Dassler.

Perusahaan firma Puma awal berdiri adalah di Jerman. Namun, kini perusahaannya telah tersebar di beberapa negara salah satunya di Indonesia. Dengan adanya sistem dan standar dari perusahaan pusat, maka perusahaan firma Puma yang ada di Indonesia mencontohnya dalam proses produksi.

  1. Perusahaan Firma Nike

Perusahaan Nike sudah sangat terkenal di berbagai kalangan. Perusahaan ini berasal dari Amerika Serikat. Nike tidak hanya menyediakan sepatu tetapi juga pakaian dan alat olahraga lainnya. Dengan brand yang sudah sangat besar dan sangat dikenal ini, sangat mudah bagi Nike untuk berkembang ke berbagai negara salah satuya juga hingga ke Indonesia.

Saat ini, sudah cukup banyak perusahaan Nike yang mengembangkan cabangnya di Indonesia. Pengembangan ini dilakukan mulai dari proses produksi dan pengelolaannya. Meskipun demikian, prosedur pelaksanaan dan manajemennya tetap mengacu pada standar yang ditetapkan oleh perusahaan pusat Nike di Amerika Serikat.

Berdasarkan artikel tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa contoh firma yang ada di Indonesia meskipun pendirian pusatnya dari negara lain. dengan demikian, perusahaan yang memiliki brand besar tidak diharuskan hanya diproduksi dan dikelola di negara aslinya perusahaan tersebut lahir.

DAFTAR PUSTAKA
  • Riyono, E. “Firma”. (online) https://edhyriyono.wordpress.com/galeri/firma/, diakses pada 20 Juli 2020.
  • Sazwani, N. 2016. “Pengertian, Jenis, dan Contoh dari (PT, CV, Firma, UD, BUMN, Koperasi, dan Yayasan)”. (online) https://nurulsazwaniblog.wordpress.com/2016/12/21/pengerian-jenis-dan-contoh-dari-pt-cv-firma-ud-bumn-koperasi-yayasan/, diakses pada 20 Juli 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *