Contoh Kebutuhan Tersier di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kebutuhan Tersier

Sepanjang hidup, setiap manusia tentu memiliki yang namanya kebutuhan. Tidak ada manusia yang tidak memerlukan apapun untuk menjalani kehidupan ini. Dengan demikian, terdapat berbagai macam kebutuhan dalam kehidupan ini. Berbagai kebutuhan tersebut tergolong menjadi beberapa kelompok, antara lain kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Penggolongan kebutuhan tersebut didasarkan pada intensitas penting tidaknya untuk dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja kebutuhan primer bagi sebagian orang belum tentu juga menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang yang lain. Hal ini dikarenakan kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan yang dimiliki setiap orang berbeda.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah salah satu dari tiga jenis kebutuhan dasar manusia berdasarkan intensitas kepentingannya untuk terpenuhi. Kebutuhan tersier muncul dan dapat dipenuhi apabila kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi.

Kebutuhan tersier ini dapat meningkatkan derajat sosial manusia dalam kehidupan bermasyarakatnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan tersier identik dengan barang-barang mewah dan cukup mahal harganya. Namun, kebutuhan tersier bukan merupakan kebutuhan yang harus untuk dipenuhi, sehingga apabila tidak dapat terpenuhi tidak akan mengganggu kelangsungan hidup manusia.

Contoh Kebutuhan Tersier

Adapun untuk beberapa jenis dan contoh kebutuhan tersier yang mudah dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Sekolah

Sekolah yang hakekatnya adalah salah satu lembaga pendidikan formal kadangka sangat mudah ditemukan kebutuhan tersier. Dinataranya;

Contoh Kebutuhan Tersier di Sekolah
Kebutuhan Tersier di Sekolah
  1. Tas sekolah yang mahal dan branded

Tas merupakan kebutuhan primer bagi seorang siswa, namun tas yang mahal dan branded merupakan barang mewah dan tidak diharuskan agar bisa sekolah. Dengan demikian, tas mahal dan branded tersebut merupakan contoh dari kebutuhan tersier seorang siswa.

  1. Gadget mewah

Gadget atau alat elektronik yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar mungkin merupakan kebutuhan sekunder setiap siswa ataupun guru. Namun, jika muncul perasaan ingin memilikinya yang mewah dan mahal maka dapat digolongkan menjadi kebutuhan tersier.

  1. Kendaraan pribadi yang mewah

Seorang siswa pergi ke sekolah tentu memerlukan alat transportasi. Kendaraan pribadi yang mewah merupakan contoh dari kebutuhan tersier di sekolah karena tidak akan mengganggu proses belajar mengajar meskipun siswa atau gurunya tidak memiliki kendaraan pribadi yang mewah sebagai alat trasportasi mereka ke sekolah.

  1. Sepatu yang mahal

Sepatu merupakan kelengkapan yang harus dipenuhi siswa dan guru ketika ke sekolah. Namun, tidak ada yang mengharuskan menggunakan sepatu yang mahal. Dengan demikian, jika sepatu yang mahal tersebut masuk ke dalam list kebutuhan hidup maka tergolong dalam kebutuhan tersier.

  1. Alat tulis yang kekinian dan mewah

Alat tulis yang kekinian dan mewah merupakan contoh dari kebutuhan tersier di sekolah karena untuk dapat melakukan pembelajaran tidak diharuskan menggunakan alat tulis yang mewah.

  1. Liburan akhir semester ke tempat wisata luar negeri yang mahal

Liburan ialah contoh kebutuhan tersier. Libur semester yang diisi dengan kegiatan liburan ke luar negeri yang memerlukan biaya banyak pun kebutuhan tersier karena jika tidak liburan ke luar negeri pun siswa dan guru masih bisa mengisi liburan mereka dengan wisata yang masih terjangkau harganya.

  1. Toilet sekolah yang sangat mewah seperti di hotel

Toilet merupakan fasilitas penting yang harus ada di manapun. Namun, sekolah yang membangun toilet mewah di sekolah merupakan contoh dari pemenuhan kebutuhan tersier.

  1. Buku catatan yang mahal

Buku catatan yang mahal ialah contoh dari kebutuhan tersier siswa di sekolah. Siswa bisa menggunakan buku catatan yang lebih terjangkau harganya untuk mencatat materi pelajaran.

  1. Lahan parkir yang luas dan mewah

Lahan parkir yang luas dan mewah merupakan contoh dari kebutuhan tersier karena sekolah tidak terlalu membutuhkannya ketika siswa dan guru tidak diharuskan membawa kendaraan pribadi dan hal ini tidak berpengaruh pada proses belajar mengajar.

  1. Kegiatan ekstrakulikuler yang banyak menghabiskan dana

Kegiatan ekstrakulikuler diperlukan untuk menunjang pembelajaran akademik siswa. Namun, kegiatan yang memerlukan biaya sangat besar menjadi kebutuhan tersier di sekolah yang jika tidak terpenuhi tidak menimbulkan masalah.

  1. Keluarga

Adapun untuk kebutuhan tersier di dalam kehidupan keluarga. Antara lain;

Kebutuhan Tersier di Keluarga
Kebutuhan Tersier di Keluarga
  1. Mobil mewah

Mobil mewah merupakan kebutuhan tersier sebuah keluarga yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekundernya terpenuhi.

  1. Perhiasan

Bagi seorang wanita dalam sebuah keluarga, perhiasan menjadi kebutuhan tersier karena tergolong barang mewah serta tidak aka mengganggu kelangsungan pemenuhan kebutuhan lainnya.

  1. Liburan keluarga yang mewah

Liburan keluarga yang mewah menjadi kebutuhan tersier yang dapat terpenuhi jika kebutuhan primer dan sekunder keluarga tersebut dapat dipenuhi.

  1. Rumah baru

Setiap keluarga memerlukan rumah. Namun, satu rumah sudah cukup untuk kelangsungan hidup, dengan demikian memiliki rumah baru merupakan kebutuhan tersier yang dapat meningkatkan derajat seseorang.

  1. Pakaian branded

Pakaian ialah kebutuhan primer. Namun, manaka pakaian branded menjadi kebutuhan tersier yang tidak harus terpenuhi dan tidak harus ada dalam menjalani kehidupan.

  1. Perawatan mahal

Perawatan mahal dalam keluarga merupakan kebutuhan tersuer yang mana biaya tersebut dapat dialokasikan untuk kebutuhan primer.

  1. Smartphone mewah

Alat komunikasi yang mahal dan mewah menjadi satu dari sekian kebutuhan tersier dalam keluarga. Meski alat komunikasi ini mampu menjang interaksi sosial akan tetapi ketika barang tersebut mahal sudah tidak lagi menjadi kebutuhan primer.

  1. Dapur set mewah

Keluarga pasti memerlukan dapur set untuk memasak. Namun, tidak untuk dapur set yang mewah dan mahal harganya. Sehingga, dapur set mewah merupakan contoh kebutuhan tersier keluarga.

  1. Makanan mewah dan mahal

Keluarga pasti memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Tetapi, tidak untuk makanan mewah dan mahal. Sehingga hal ini merupakan contoh dari kebutuhan tersier.

  1. Memiliki televisi lebih dari satu

Televisi dapat menjadi kebutuhan sekunder dalam ekluarga. Namun, jika ingin memiliki lebih dari satu televisi maka menjadi kebutuhan tersier.

  1. Masyarakat

Dalam lingkungan masyarakat beberapa contoh kebutuhan primer. Antara lain;

Kebutuhan Tersier di Masyarakat
Kebutuhan Tersier di Masyarakat
  1. Radio

Radio menjadi kebutuhan tersier di masyarakat terpencil karena mereka cenderung mengutamakan kebutuhan pokoknya.

  1. Televisi

Televisi ialah kebutuhan tersier masyarakat terpencil karena belum tentu ada listrik dan mereka cenderung belum stabil kebutuhan primernya.

  1. Kulkas

Kulkas merupakan kebutuhan tersier bagi masyarakat terpencil karena mereka cenderung tidak terlalu memerlukan tempat menyimpan bahan makanan. Hal ini dikarenakan bahan makanan seringkali mereka dapatkan secara langsung dari alam.

  1. Komputer

Komputer menjadi kebutuhan tersier masyarakat terpencil karena mereka cenderung menjalani kehidupan secara turun temurun.

  1. Smartphone

Smartphone menjadi kebutuhan tersier masyarakat terpencil karena mempertahankan hidupnya dengan memenuhi kebutuhan primer adalah fokus mereka.

  1. Make up set

Make up set dikatakan kebutuhan tersier masyarakat terpencil karena mereka tanpa memilikinya sudah bisa melangsungkan hidupnya.

  1. Pakaian mewah

Pakaian mewah menjadi salah satu bentuk kebutuhan tersier karena mereka lebih sering menggunakan pakaian adat daerahnya.

  1. Memiliki rumah mewah

Rumah mewah juga menjadi kebutuhan tersier masyarakat terpencil karena hidupnya yang cenderung sederhana tentu akan menomor sekiankan untuk memiliki rumah mewah.

  1. Investasi

Investasi dikatakan kebutuhan tersier bagi masyarakat terpencil karena seluruh modal yang dimilikinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

  1. Sepeda motor

Sepeda motor menjadi kebutuhan tersier masyarakat terpencil karena adanya alat transportasi khas daerah dan juga kurang terbukanya mereka pada teknologi terbaru masa kini.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa kebutuhan tersier sebagai segala sesuatu baik itu barang dan jasa yang diperlukan manusia agar mencapai kesejahteraan dalam hidup. Kebutuhan harus dipenuhi untuk dapat mempertahankan hidup.

Namun, seringkali kebutuhan mencerminkan perasaan tidak pernah puas dalam diri manusia karena jika suatu kebutuhan sudah terpenuhi maka akan muncul kebutuhan-kebutuhan yang lain.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan ragam contoh kebutuhan tersier yang mudah ditemukam dalam kehidupan sehari-hari. Baik di sekolah, keluarga, ataupun lingkungan kehidupan bermasyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *