Contoh Sistem Ekonomi Pasar Campuran

Diposting pada
Rate this post

Contoh Sistem Ekonomi Pasar Campuran

Sistem ekonomi pada hakekatnya terdiri dari berbagai bentuk. Salah satunya seperti sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi campuran, dan sistem ekonomi kapitalis. Tiga sistem ekonomi ini banyak diterapkan diberbagai negara maju dan berkembang, sistem ini juga terus mengalami perkembangan menyesuaikan kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh masyarakat.

Tetapi yang pasti, salah satu sistem ekonomi yang unik ialah sistem ekonomi campuran yang akan sangat berbeda dengan sistem ekonomi lainnya. Lantaran penerapan sistem ekonomi berkaitan dengan keberjalanan perekonomian suatu negara. Sistem ekonomi yang dipilih akan mempengaruhi pemilihan kebijakan dalam suatu negara.

Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi pasar campuran adalah sebuah sistem ekonomi yang memadukan dua jenis sistem ekonomi atau lebih. Sistem ekonomi campuran merupakan kolaborasi dari beberapa jenis sistem ekonomi yang diakui dunia. Negara yang menerapkan sistem ini akan mengambil sisi baik dari sebuah sistem ekonomi.

Contoh Sistem Ekonomi Pasar Campuran

Adapun untuk contoh negara yang menjalankan sistem campuran dalam perekonomiannya. Antara lain;

  1. Indonesia

Sistem ekonomi di Indonesia tergantung pada kebijakan ekonomi yang dipilih oleh pemerintah. Kecenderungan sistem ekonomi yang digunakan akan terus berubah-ubah, tetapi tetap pada satu pedoman ideologi yang digunakan yaitu Pancasila. Pancasila tetap menjadi prinsip dasar penerapan sistem ekonomi.

Kecenderungan sistem ekonomi ini bisa menggunakan sistem ekonomi kapitalis atau kapitalis. Apabila kita lihat dari kebijakan yang dipilih oleh pemerintah seperti cenderung kapitalis. Berdasakan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan rakyatnya akan cenderung terlihat seperti menerapkan sistem sosialis.

  1. Australia

Australia memiliki tingkat pendapatan yang cukup tinggi dengan angka kemiskinan yang rendah. Negara ini juga menerapkan sistem ekonomi yang terus mengalami perkembangan tergantung pada pemerintahnya. Negara ini pernah menerapkan sistem ekonomi pasar bebas, namun terdapat sedikit campuran dari pemerintah. Kebijakan sistem ekonomi ini memiliki campuran dari beberapa jenis sistem ekonomi.

  1. Prancis

Negara yang terkenal dengan dunia fashion dan menjadi rujukan fashion dunia. Negara ini dalam menjalankan sistem perekonomian tidak hanya memberikan kebebasan kepada rakyatnya, namun juga memberikan fasilitas kepada masyarakatnya.

Fasilitas ini seperti penerapan sistem ekonomi komando yang diatur oleh pemerintah. Hal yang paling menonjol adalah jaminan sosial yang diberikan kepada rakyatnya.

  1. Mesir

Negara Mesir merupakan negara yang menerapkan sistem campuran. Sistem ekonomi di negara Mesir membuat negara ini menjadi negara yang maju. Dapat kita lihat usaha bidang ekonomi yang sangat beragam. Hal yang paling menonjol tentu saja pada ekspor hasil minyak bumi yang membuat negara ini maju.

  1. Malaysia

Negara ini menggunakan sistem pemerintahan kerajaan dengan sistem ekonomi campuran. Kecenderungan yang dimiliki negara ini adalah sistem ekonomi pasar. Setiap individu memiliki kebebasan untuk melakukan apa yang disukai. Hal ini akan membuat masyarakatnya semakin kreatif.

Itulah tadi berbagai penerapan dalam contoh sistem ekonomi pasar campuran yang ada di berbagai negara di dunia, termasuk juga Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *