Fungsi Giro dan Penjelasannya

Diposting pada

Fungsi Giro

Sebuah dokumen transaksi dalam sebuah perusahaan dengan perusahaan lain biasanya menggunakan nominal yang besar. Apabila dilakukan dengan uang tunai terdapat semacam kekhawatiran sehingga beberapa orang memilih alternatif lain yang dianggap aman.

Salah satu alternatif yang digunakan adalah giro. Dimana giro menjadi alat pembayaran dengan bilyet yang memperkecil resiko.

Giro

Giro pada hakekatnya telah banyak dipergunakan oleh beberapa perusahaan untuk mellakukan transaksi dalam jumlah uang yang besar. Transaksi ini dilakukan tidak hanya sekali, melain berkali-kali sesuai dengan kerjasama yang dilakukan oleh pemilik perusahaan dagang ataupun perusahaan perorangan.

Dari penjelasan inilah giro dimaknai sebagai salah satu jenis simpanan yang dipillih oleh pelaku usaha karena memiliki likuiditas yang tinggi hal ini dibuktikann dengan ceoatnya perpindahaan uang antara pihak satu dengan yang lain dalam waktu yang singkat bahkan berbdekatan. Prosedur pencairan giro lebih mudah dan cepat dibanding dengan simpanan berupa tabungan.

Fungsi Giro

Giro dalam sebuah trsaksi tentu memiliki fungsi yang sangat bagus bagi sebagaian besar orang yang membutuhkan fasilitas ini. Berikut penjelasannya;

  1. Pemilik rekening giro ketika akan melakukan transaksi pembayaran pada bidang usahanya dengan pihak lain dapat menggunakan cek atau bilyet giro. Alat tersebut dapat diserahkan kepada pihak-pihak tertentu yang melakukan kerjasama. Kerjasama ini tentu saja dalam bidang usaha yang memiliki transaksi dengan jumlah uang yang besar.
  2. Simpanan giro dapat ditarik setiap saat sesuai dengan kebutuhan pemilik tabungan. Ketika nasabah memerlukan uang untuk transaksi dengan jumlah yang besar. tabungan giro cukup berbeda dengan jenis tabungan lain seperti, deposito atau tabungan biasa yang memiliki keterbatasan sesuai dengan kriteria masing-masing tabungan.
  3. Pencatatan yang rumit membuat bank menyediakan rekening koran untuk mempermudah pencatatan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah administrasi yang dilakukan oleh orang yang ada di bidang tersebut pada setiap perusahaan.
  4. Ketika melakukan transaksi dengan jumlah uang yang besar, maka seseorang tidak perlu membawa uang tersebut. Uang dapat digantikan dengan cek, giro, dan lain-lain yang sesuai dengan syarat yang berlaku. Hal ini juga mengurangi resiko tindakan kriminal terkait dengan transaksi yang dilakukan.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa fungsi dari giro sangat beragam sehingga memberikan kemudahaan untuk orang yang menggunakan.

Akan tetapi yang pasti, giro dapat memperlancar usaha seseorang dibidang keuangan. Hal ini dapat dilihat dari ciri utama giro adalah tidak dapat dicairkan dengan uang melainkan dengan cara pemindahbukuan. Semua ciri dan fungsi dapat berguna sesuai dengan porsinya masing-masing.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi yang dimiliki giro sebagai dokumen transaksi. Semoga memberikan wawasan serta edukasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *