Pengertian Industri Besar, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Industri Besar Adalah

Usaha industri adalah satu kesatuan usaha yang melakukan kegiatan ekonomi yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Usaha tersebut berada dalam suatu bagunan dan memiliki catatan administrasi tersendiri mengenai produksi dan struktur biaya dengan diikuti oleh seseorang yang bertanggung jawab atas usaha tersebut.

Industri tersebut kemudian digolongkan menjadi empat golongan. Golongan paling tinggi ialah industri besar dengan kapasitas usaha yang besar. Kapasitas tersebut kemudian dapat dilihat dari aset dan jumlah tenaga kerja.

Industri Besar

Industri besar adalah industri yang menghasilkan mesin atau alat produksi lainnya. Industri tersebut menghasilkan barang yang dapat dimanfaatkan oleh industri lain. Jumlah karyawannya juga lebih banyak dari industri sedang.

Kapasitas produksi industri ini tentu memenuhi semua permintaan baik dalam skala nasional atau internasional. Industri besar biasanya merupakan perusahaan multinasional dimana investornya dari berbagai negara. Industri besar juga banyak melakukan kerjasama dengan pihak pihak terkait yang memiliki produk yang sama dengan produk industri besar tersebut.

Kita dapat ambil contoh perusahaan mobil akan bekerjasama dengan perusahaan pembuat ban, pembuat mesin, dan lain-lain. Industri besar biasanya berperan sebagai finising atas produk yang dihasilkan. Masing-masing perusahaan dapat mengambil peran dalam perusahaan tersebut.

Industri besar pasti memiliki cakupan relasi yang luas dan banyak. Relasi tersebut sangat bermanfaat bagi kemajuan industri tersebut. Ketika relasi sudah terbangun dengan baik maka hasil industri tidak mengalami penumpukkan dan akan cepat terjual bagi yang menginginkan.

Pengertian Industri Besar

Industri besar adalah suatu industri yang memiliki modal yang besar dalam melakukan usahanya. Modal tersebut tergantung pada jenis produk yang dihasilkan. Produk yang memiliki teknologi yang tinggi maka biaya yang dibutuhkan semakin mahal.

Industri ini juga menghasilkan produk-produk yang banyak dibutuhkan jenis industri lain misal industri sedang atau industri kecil. Hasil produksi juga tidak sembarang dijual kepada siapapun melainkan hanya pada pihak tertentu. Pihak tersebut tentu saja pada pihak yang membuthkan produk tersebut.

Industri ini akan mempertahankan hasil produknya agar kepuasan dari para konsumen terpenuhi. Industri besar biasanya juga langsung memproduksi dalam jumlah banyak untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas atas produksi yang dilakukan. Ketika telah mencapau hal tersebut maka tidak akan terjadi kerugian dalam industri tersebut.

Pengertian Industri Besar Menurut Para Ahli

Industri besar memiliki makna yang banyak tergantung pada sudut pandang kita. Apabila definisi diatas hanya secara umum berikut merupakan definisi menurut para ahli,

Moh. Hatta

Industri adalah suatu hal yang diupayakan untuk mengubah dari yang berbasis pertanian menjadi industri. Perubahan ini tentu memberikan dampak yang besar terhadap sektor tersebut sehingga harus dipersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Badan Pusat Statistik

Industri adalah unit usaha yang berjalan dalam suatu kegiatan ekonomi dengan tujuan menghasilkan barang atau jasa yang berada dalam suatu tempat tertentu dan memiliki hal tersebut.

Ciri Industri Besar

Kita dapat mengenali suatu jenis industri dari beberapa ciri-ciri. Berikut merupakan beberapa ciri tentang industri besar yang dapat kita identifikasi dengan baik. Ketika kita menemui jenis industri tersebut kita dapat mengenalinya.

  1. Besaran keuntungan, keuntungan yang didapat sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Keuntungan tersebut kemudian dimanfaatkan kembali untuk melakukan produksi, sehingga modal yang berputar dalam perusahaan akan semakin besar. Semakin besar modal yang berputar maka semakin besar pula keuntungan yang akan diperoleh.
  2. Jumlah karyawan, industri ini minimal dikerjakan oleh 100 orang dalam sehari. Jumlah karyawan yang sangat banyak membuat perusahaan harus mengorganisasikan dengan baik disesuaikan dengan kapasitas pabrik. Karyawan tersebut dapat terdiri atas berbagai latar belakang dan penempatan yang berbeda-beda.
  3. Modalnya sangat besar, modal tersebut sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan. Cakupan penjualan hasil produksi tentu saja sangat luas. Modal yang besar harus dikelola dengan baik agar memperoleh apa yang diinginkan. Modal biasanya berasal dari beberapa orang yang biasa disebut pemilik saham. Pemilik saham ini juga dianggap sebagai pemilik perusahaan. Nilai investasi perusahaan ini mencapai 15.000.000.000,00.
  4. Memakai mesin-mesin yang modern, industri sudah menggunakan mesin terbaru untuk meningkatkan kualitas produk. Mesin modern juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi atas barang yang dihasilkan. Mesin juga dapat membantu industri untuk terus berkembang memenuhi permintaan yang ada.
  5. Organisasi terartur, industri besar akan cenderung memiliki organisasi yang jelas dan manajemen yang sudah bagus. Segala sesuatu yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur yang ada. Pembagian kerja juga sudah baik. Koordinasi tidak langsung dengan manajemen puncak melainkan dengan lini-lini yang ada.
  6. pada lokasi industrinya menempati lahan yang luas, industri ini biasanya memiliki pabrik yang besar dan luas dalam melaksanakan segala jenis produksi. Produksi bisa dari bahan mentah sampai barang jadi atau bahan mentah hingga barang setengah jadi. Segala kegiatan produksi dapat dilakukan disatu tempat atau dibeberapa tempat. Ada perusahaan tertentu yang memisahkan pengolahan barang mentah melihat sumber bahan baku tersebut berasal.

Contoh Industri Besar

Industri besar di Indonesia memiliki jumlah yang terbatas. Apabila kita ingin melihat secara langsung jenis industri ini mungkin akan merasa sedikit kesulitan. Industri ini dapat dengan mudah kita kenali namun hanya ditempat tertentu. Untuk mengenal industri besar ini kami menyajikan beberapa industri besar yang tidak asing ditelinga kita. Berikut merupakan contoh industri besar.

Industri peleburan

Industri ini biasanya perada dipusat tambang atau lokasi yang sudah lama ada. Perusahaan seperti ini tentu membutuhkan dana yang besar. dana yang besar tersebut sesuai dengan peralatan yang digunakan. Semakin canggih peralatan maka modal akan semakin besar dan pekerjanya sedikit.

Ketika masih menggunakan cara yang lama maka akan membutuhkan karyawan yang banyak. industri ini dapat dikatakan industri besar dapat dilihat dari segala ciri-ciri yang ada.

Industri semen

Produksi semen membutuhkan biaya yang besar terutama bahan dasar dari semen tersebut. Bahan dasar yang diambil dari alam sehingga membutuhkan biaya yang besar dan memiliki tenaga ahli yang melakukan riset atas industri tersebut.

Riset yang dimaksud bukan riset penjualan namun riset keadaan lingkungan. Tentu untuk melakukan hal tersebut membutuhkan biaya yang besar. jumlah karyawan dalam industri ini tentu saja banyak mulai dari pekerja kasar hingga tenaga ahli. Industri semen yang terkenal di Indonesia ialah Semen Gresik, Semen Tiga Roda, dan lain-lain.

Industri mobil

Produk yang kita pandang kendaraan yang cukup mewah untuk pribadi dalam proses produksinya tentu membutuhkan biaya yang besar. luas wilayah yang digunakan untuk memproduksi tentu saja sangat luas. teknologi yang digunakan tentu sangat canggih dan tidak mungkin dilakukan dengan tangan kosong.

Industri ini juga bekerjasama dengan industri lain sehingga menghasilkan sebuah produk mobil dengan jenis tertentu. Variasi mobil yang sangat beragam membuat perusahaan membutuhkan karyawan yang banyak.

Industri besi baja

Industri pengolahan dari biji besi dan baja tidak dapat dilakukan oleh sembarangan perusahaan. Industri ini merupakan industri yang sangat besar. mengingat bahan yang diproduksi merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Masyarakat memiliki permintaan yang besar atas barang ini.

Perusahaan besi harus memproduksi dalam jumlah banyak untuk memenuhi permintaan tersebut. Berdasarkan keadaan tersebut tentu saja industri ini memiliki karyawan yang sangat banyak. jumlah karyawan sesuai dengan kebutuhan industri ini.

Industri pesawat

Industri pesawat merupakan industri yang membutuhkan teknologi yang tinggi. Dalam melakukan desain harus memperhitungkan dengan baik agar dapat memenuhi standar yang ada. Industri ini tentu membutuhkan tenaga ahli yang memperhitungakan segala kemungkinan yang ada.

Perusahaan juga membutuhkan biaya yang besar untuk melakukan produksi produk ini. Hal tersebut tentu akan menghasilkan produk yang sangat baik. Produk tersebut tentu memiliki resiko yang besar apabila terjadi kegagalan. Modal yang besar, teknologi tinggi, dan organisasi yang baik.

Industri besar sangat berbeda dengan jenis industri lainnya. Baik segala hal yang dilakukan juga berbeda dengan jenis industri lainnya. Industri besar ini akan terus berkembang dan memenuhi segala permintaan. Semoga, melalui artikel pengertian industri besar menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang telah disebutkan bisa bermanfaat.

Daftar Pustaka
  • www.bps.go.id
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Industri
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Klasifikasi_Industri
  • https://www.bps.go.id/subject/9/industri-besar-dan-sedang.html
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *