Jenis Devisa dan Contohnya

Diposting pada

Macam Devisa

Alat pembayaran dalam kegiatan ekonomi sangat beragam mulai dari yang sering digunakan hingga yang jarang digunakan. Terutama alat pembayaran internasional yang kita kenal adalah valuta asing. Valuta asing salah satu alat pembayaran yang mudah untuk didapatkan.

Valuta asing hanya satu jenis alat pembayaran, masih terdapat beberapa alat pembayaran yang termasuk devisa. Dimana devisa memiliki beberapa jenis yang dapat digunakan untuk transaksi. Transaksi tersebut dapat bersifat internasional atau hubungan antar negara.

Devisa

Devisa adalah kepemilikan harta suatu negara yang berasal dari luar negeri.  Dimana kepemilikan ini dapat berupa uang, surat berharga, emas, dan lain-lain yang dapat dijadikan cadangan kas negara. Sehingga semakin besar jumlah devisa yang dimiliki oleh suatu negara maka dapat dikatakan negara tersebut tidak terjadi defisit anggaran. Kekurangan biaya dalam lingkup negara dapat ditutup dengan devisa yang dimiliki oleh suatu negara.

Cadangan devisa akan selalu mengalami perubahan secara fluktuatif. Perubahan tersebut tentu dipengaruhi oleh berbagai jenis keadaan perekonomian suatu negara. Ketika cadangan devisa tinggi maka dapat dikatakan keadaan perekonomian suatu negara dalam keadaan baik.

Jenis Devisa

Berikut merupakan beberapa macam-macam devisa dan contohnya yang ada dibeberapa negara. Antara lain;

  1. Valuta asing

Valuta asing yang sering disebut valas merupakan salah satu jenis devisa yang paling kita kenal. Valas terdiri dari berbagai jenis mata uang yang digunakan untuk transaksi. Negara yang memiliki devisa berupa valas akan lebih mudah melakukan transaksi luar negeri.

Valas juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perubahan kurs. Semakin banyak mata uang luar negeri yang dimiliki oleh negara lain maka kurs negara yang memiliki mata uang semakin lemah.

  1. Emas

Komponen barang berharga yang tidak ada penggantinya adalah emas. Beberapa negara yang masih menganut kapitalis ekonomi kalsik masih mengukur kekayaan negaranya dari emas.

Apabila berkaitan dengan devisa suatu negara emas dapat dijadikan sebagai cadangan kekayaan suatu negara yang dapat digunakan ketika anggaran suatu negara kurang. Semakin banyak jumlah emas yang dimiliki maka semakin aman keadaan perekonomian suatu negara, tidak perlu melakukan pinjaman luar negeri.

  1. Traveller cheque

Sumber devisa yang tidak bisa diremehkan yaitu cek yang dibawa para touris. Masyarakat luar negeri yang berlibur kedalam negeri biasanya ada yang membawa cek untuk ditukarkan dengan mata uang lokal.

Contohnya Indonesia dimana transaksi masih menggunakan cara yang manual atau uang cash sehingga para pendatang yang bertujuan untuk berwisata membutuhkan uang untuk melakukan transaksi. Melalui cek perjalanan ini dapat menjadi sumber penambah cadangan devisa.

  1. Cable order

Cara pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau menggunakan alat bantu. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk transaksi luar negeri ialah denga cable order. Cable order adalah cek yang digunakan untuk mengirim uang keluar negeri dengan alat yang dimiliki oleh bank misal faximail. Selain dapat menambah devisa, transaksi jenis ini juga dapat mengurangi cadangan devisa

  1. Devisa kredit

Berdasarkan sumbernya salah satu jenis devisa adalah devisa kredit. Devisa yang didapatkan dari sebuah dokumen transaksi kredit, baik pemasukkan atau pengeluaran suatu negara. pemasukkan didapatkan apabila suatu negara sebagai pihak yang memberikan pinjaman luar negeri.

  1. Devisa umum

Sumber dari sebuah devisa sangat beragam, selain dari sumber kredit ada dari sumber transaksi lain yang masuk dalam jenis sumber devisa umum. Jenis pendapatan yang berasal dari mana saja asalkan menambah devisa masuk dalam jenis devisa ini.

  1. Wesel luar negeri

Surat yang menjadi salah satu alat untuk memberikan kelonggaran atau batasan kepada pihak-pihak yang terkait dalam melakukan pembayaran atas transaksi ekspor impor. Wesel ini penting apabila pihak yang mendatangkan barang belum mampu melakukan pembayaran secara kontan. Pembayaran yang dilakukan akan membuat devisa suatu negara bertambah.

  1. Devisa negara

Segala jenis alat pembayaran internasional yang diakui dan dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang ada di dunia. Jenis uang atau yang lain yang diterima dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi. Devisa negara ini memiliki jenis yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan transaksi yang bersifat individu atau nasional.

  1. Devisa pelengkap

Devisa yang didapatkan oleh pihak swasta atas sebuah transaksi. Transaksi yang dilakukan dapat berupa investasi, ekspor, penjual, dan lain-lain. Semua lalu lintas keuangan diawasi oleh negara, sehingga negara mengetahui jumlah uang yang keluar dan masuk dalam sebuah transaksi luar negeri.

  1. Devisa ekspor

Pendapatan negara yang berasal dari proses transaksi ekspor. Biaya pajak dan lain-lain ketika melakukan ekspor akan masuk kas negara sebagai sumber pendapatan negara. Devisa jenis ini menjadi salah satu sumber devisa yang dapat diandalkan oleh suatu negara yang memiliki potensi ekspor yang tinggi.

Contoh Devisa

Adapun untuk contoh devisa yang bisa ditemukan, misalnya saja;

  1. Pinjaman Luar Negeri

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah hutang tinggi dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Pada dasarnya pinjaman ini diperlukan guna memenuhi kebutuhan masyarakat serta memberikan dorongan dalam pembangunan infrastruktur.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam devisa yang ada di Indonesia dan dunia beserta dengan contohnya. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *