Pengertian Kebutuhan Primer, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Kebutuhan Primer Adalah

Manusia dalam kehidupan sehari-hari memerlukan hal-hal yang dapat membuat ia bertahan hidup. Cara manusia dalam mempertahankan agar tetap bertahan hidup ialah dengan memenuhi hal-hal yang dibutuhkan. Hal-hal yang dibutuhkan berupa kebutuhan pokok atau kebutuhan lainnya. Kebutuhan pokok biasa kita sebut sebagai kebutuhan primer. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang mutlak.

Kebutuhan primer ini harus terpernuhi sebagai syarat manusia agar dapat tetap bertahan hidup. Kebutuhan primer ini memiliki ciri-ciri sesuatu yang biasanya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari mulai kita dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kebutuhan ini biasanya juga tersedia di alam. Kebutuhan primer berupa sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan tersebut dilihat dari sudut pandang awal namun untuk realitanya harus memlihat prioritas tergantung peran masing-masing orang.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan manusia sejatinya berkaitan dengan banyak hal mulai dari yang sering dibutuhkan hingga sesuatu yang dibutuhkan pada waktu tertentu saja. kebutuhan manusia ada yang paling penting ada juga yang hanya sebagai pekengkap. Berdasarkan kebutuhan yang ada terdapat kebutuhan yang paling penting. Kebutuhan yang paling penting ini biasa kita sebut kebutuhan primer.

Kebutuhan primer pada dasarnya telah ada seiring dengan dilahirkannya manusia ke dunia. Manusia diciptakan dengan segala bekal yang dimiliki dan memiliki kemampuan memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhannya. Tergantung manusia tersebut mau berusaha atau tidak untuk memenuhi kebutuhannya.

Kebutuhan ini merupakan kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar manusia dapat bertahan hidup secara normal.

Hidup secara normal yang dimaksud ialah tidak merasa kelaparan, memiliki pakaian untuk melindungi tubuh manusia, memiliki tempat tinggal, dan merasakan kenyamanan untuk beraktivitas. Beberapa hal tersebut merupakan syarat utama terpenuhinya kebutuhan primer.

Kebutuhan primer ini juga berkaitan hal-hal yang telah ada di alam seperti air untuk minum, matahari untuk menghangatkan tubuh, tanah untuk membangun tempat tinggal atau dimanfaatkan untuk bercocok tanam, udara menyediakan oksigen untuk manusia agar bisa bernafas, dan lai-lain.

Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah salah satu jenis kebutuhan dilihat dari segi intensitas penggunaannya. Kebutuhan primer dapat juga disebut sebagai kebutuhan utama/pokok yang muncul secara alami untuk bertahan hidup manusia dengan lingkungan sosialnya.

Selain itu, kebutuhan primer adalah kebutuhan secara biologis, seperti kebutuhan akan udara, makanan, dan minuman. Dimana kebutuhan ini sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia sehingga segala sesuatu yang secara alami atau tidak perlu mempelajari yang harus ada dalam kehidupan manusia. Dapat dikatakan hal tersebut faktor bawaan seseorang atau lingkungannya.

Kebutuhan primer saat ini tidak hanya berkaitan dengan sandang, pangan, dan papan saja. Seiring berjalannya waktu pendidikan, kesehatan, keamanan, kenyaman, ketentraman juga termasuk dalam kebutuhan primer. Banyak orang yang sangat peduli pendidikan dan kesehatan sebagai prioritas kebutuhan mereka.

Kemajuan teknologi juga menambah orientasi kebutuhan manusia yaitu smartphone. Saat ini untuk beberapa orang menganggap smartphone sangat penting demi kelangsungan hidup mereka terutama generasi milenial. Manusia akan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan ini, karena kebutuhan ini merupakan kebutuham yang sangat mendasar. Kebutuhan ini juga berkaitan langsung dengan keberlangsungan hidup manusia.

Manusia berusaha memenuhi kebutuhan ini juga untuk mencapai kesejahteraan dan kepuasaan atas segala usaha yang telah lakukan. Terpenuhinya kebutuhan ini juga sebagai tolok ukur kesejahteraan manusia.

Pengertian Kebutuhan Primer Menurut para Ahli,

Kebutuhan primer menurut para ahli sebagai berikut ;

  1. Karl Marx, Pengertian kebutuhan primer adalah kebutuhan yang secara alami kita miliki sejak lahir, hal tersebut termasuk kebutuhan makanan, air, dan tempat tinggal.
  2. Abraham Maslow, Definisi ebutuhan dasar pada manusia terdapat lima tingkatan yaitu  kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri.
  3. Jean Waston, Arti kebutuhan dasar manusia dapat dibagi menjadi dua yaitu kebutuhan yang memiliki tingkat rendah dan tinggi.
  4. Sunarto (1994), kebutuhan primer bagi remaja adalah hal-hal yang diperlukan secara biologi dan timbul dari dalam diri manusia, seperti: makan, minum, bernafas, kehangatan tubuh, kebutuhan seksual, dan perlindungan diri.

Ciri Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer memiliki beberapa ciri-ciri antara lain,

  • Manusia tidak dapat hidup apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi

Manusia harus memenuhi kebutuhan ini terlebih dahulu sebelum kebutuhan lain, bisa dianggap kebutuhan ini merupakan sumber kehidupan.

  • Memiliki prioritas tertinggi daripada kebutuhan yang lain

Ketika mengambil keputusan dalam membeli sesuatu manusia akan mendahulukan untuk membeli atau memenuhi kebutuhan ini. Segala sesuatu yang diupayakan manusia untuk memenuhi kebutuhkan ini.

  • Syarat agar mampu memenuhi kebutuhan lain

Apabila kebutuhan ini belum terpenuhi maka tidak mungkin kebutuhan lain dapat terpenuhi.

  • Barang yang mudah didapatkan

Hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan ini biasanya gampang ditemukan di lingkungan sekitar. Baik yang sudah disedakan alam atau sedikit mengolah barang yang telah ada.

  • Melakukan pembelian secara berkala

Kebutuhan ini akan selalu dibutuhkan sehingga manusia akan sering mencari barang tersebut. Pembelian dilakukan dalam periose tertentu. Misalnya saja dalam harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan lain-lain.

  • Banyak yang menyedikan

Melihat kondisi yang ada maka banyak orang yang berinisiatif untuk menyediakan barang tersebut atau banyak orang yang menjual barang tersebut.

  • Memiliki persediaan di rumah

Kebutuhan ini biasanya hal-hal yang tersedia dirumah dan dalam jumlah yang cukup banyak dan sewaktu-waktu dibutuhkan pasti ada.

Faktor Penentu Kebutuhan dasar

Apabila kita membahas tentang kebutuhan tidak dapat dipandang dari satu sudut pandang saja, namun berdasarkan kebutuhan perorangan yang dikaitkan dengan kondisi yang sedang dialami oleh seseorang.

Semua yang berkaitan dengan kebutuhan primer ini dapat berkembang sesuai dengan seiring perkembangan zaman dan sudut pandang masing-masing individu. Kebutuhan primer juga berkaitan dengan peran seseorang dalam manjalani hidup.

Misal seseorang berprofesi sebagai tukang ojek online maka kebutuhan primer selain sandang, pangan, dan papan adalah motor dan smartphone. Mengapa seperti itu? Karena seorang tukang ojek online tidak dapat memenuhi kebutuhannya tanpa menggunakan barang-barang tersebut. Barang tersebut berkaitan langsung dengan profesi orang tersebut. Dapat disimpulkan terdapat beberapa faktor penentu kebutuhan dasar seseorang antara lain:

  1. Kondisi kesehatan, Orang yang sakit maka akan memprioritaskan untuk kesembuhannya daripada kebutuhan lain.
  2. Hubungan dengan masyarakat sekitar, Keterlibatan seseorang dalam lingkunganya atau berkaitan dengan pekerjaan yang ia lakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  3. Konsep diri, Sudut pandang sesorang dalam memenuhi segala kebutuhannya. Konsep diri juga berkaitan dengan gaya hidup seseorang.
  4. Usia, Kebutuhan anatara orang dewasa, anak-anak, dan lansia tentu saja berbeda sehingga mempengaruhi penetapan kebutuhan seseorang.

Contoh Kebutuhan Primer

Berdasarkan apa yang telah dituliskan diatas, maka kami dapat menuliskan beberapa contoh kebutuhan primer yang biasa dibutuhkan oleh manusia. Berikut contoh kebutuhan primer,

  1. Sandang, Yang dimaksud dengan sandang ialah yang berkaitan dengan hal-hal yang dapat melindungi manusia dan tetap bertahan hidup. Contoh: pakaian kerja, pakaian sekolah, pakian khusus, dan lain-lain
  2. Pangan, Kebutuhan pangan berkaitan dengan hal-hal yang kita konsumsi yang dapat dijadikan sebagai sumber energi tubuh manusia. Contoh: beras, sayur, buah, lauk pauk, minuman, vitanim, dan lain-lain.
  3. Papan, Papan ialah tempat tinggal atau tempat untuk beristirahat yang aman untuk manusia. Contoh: rumah, apartemen, kos, dan lain-lain.
  4. Udara, Udara sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia untuk bernafas, contoh: oksigen.
  5. Pendidikan, Pendidikan saat ini dianggap sangat penting, baik pendidikan formal atau non formal. Contoh: sekolah, kursus, pendidikan agama (TPA/TPQ), dan lain-lain.
  6. Teknologi, Teknologi sebagai akses utama untuk melakukan interaksi dengan orang lain diera  yang serba cepat. Contoh: Smartphone.
  7. Kesehatan, Manusia merasa bahwa ketika tubuh tidak sehat maka tidak mungkin merasakan yang lain seperti kebahagiaan atau nikmat lainnya.
  8. Rasa aman, Untuk menjalani hidup secara tenang maka manusia membutuhkan rasa yang dapat membuat ia nyaman berada dalam suatu tempat. Adanya kebutuhan ini sehingga juga ada yang menyediakan jasa tersebut.
  9. Identitas, Hal tersebut sebagai pengenal atau berkaitan dengan eksistensi seseorang. Manusia menunjukkan siapa dirinya dengan identitas yang ia miliki. Identitas juga sebagai pembeda antara manusia satu dengan yang lain.
  10. Rasa nyaman, Kebutuhan ini berkaitan dengan kondisi lingkungan, bisa dari kebersihan lingkungan atau kondisi udara yang ada disekitar tempat tinggalnya.
  11. Keluarga, Orang-orang yang dekat dengan kita yang siap mendukung dan membantu kita ketika dalam suatu kesusahan.
  12. Teman, Manusia merupakan makhluk sosial sehingga membutuhkan orang lain dalam melakukan sesuatu.

Itulah tadi bahasan terkait dengan tulisan dalam pengertian kebutuhan primer menurut para ahli, ciri, faktor yang mempengaruhi, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9610/5/BAB%20II.pdf
  • http://eprints.uny.ac.id/7954/2/BAB%201%20-%2008603141042.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *