Pengertian Pengangguran Teknologi, Penyebab, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Pengangguran Teknologi Adalah

Perkembangan zaman saat ini telah sampai pada era revolusi industri 4.0 dimana segala kegiatan akan digantikan dengan teknologi. Penerapan teknologi tersebut pada seluruh aspek yang berkaitan dengan pekerjaan manusia. Kegiatan ekonomi pun yang dapat digantikan oleh robot atau teknologi lainnya.

Perkembangan teknologi tersebut membuat beberapa orang kehilangan pekerjaannya. Orang tersebut tidak mampu dengan cepat menyesuaikan keadaan tersebut. Ketika hal tersebut terjadi maka akan terjadi pengangguran teknologi.

Pengangguran Teknologi

Suatu perusahaan pasti akan mengikuti perkembangan zaman untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Hal yang dapat dilakukan untuk mencapai keinginan tersebut adalah menganti teknologi lama dengan teknologi yang baru. Perubahaan keadaan yang cepat tentu menimbulkan dampak yang cukup besar.

Dampak yang akan timbul dalam waktu dekat ialah pengangguran. Pengangguran yang disebabkan oleh hadirnya suatu teknologi baru. Pengangguran ini hampir sama dengan pengangguran friksinonal dan struktural hanya penyebab yang berbeda. Pengangguran teknologi dapat diatasi apabila kemampuan seseorang tersebut telah meningkat dan mampu menyesuaikan keadaan sekitar.

Apabila kita lihat secara langsung pengangguran teknologi ini bisa nampak atau tidak nampak. Pengangguran tersebut nampak ketika orang tersebut dikeluarkan dari pekerjaanya. Ketika pekerja tidak diberhentikan dampak tersebut tidak nampak, namun orang yang melakukan pekrjaan tersebut akan merasa menganggur. Orang yang biasanya bekerja secara full akan merasa diringankan pekerjaannya.

Pengertian Pengangguran Teknologi

Pengangguran teknologi adalah suatu keadaan dimana seseorang kehilangan pekerjaannya disebabkan adanya perubahan teknologi tinggi. Dimana pekerjaan dengan otot telah digantikan denga pekerjaan yang mengunakan mesin atau teknologi yang praktis dan otomatis.

Pengangguran teknologi ini mulai ada seiring berkembangnya zaman. Tentu saja zaman yang serba modern dan praktis ini. Semua aspek kehidupan manusia dituntut bekerja dengan cepat agar tidak ketinggalan perkembangan yang sedang terjadi. Perkembangan tersebut lama kelamaan akan merubah seluruh struktur ekonomi.

Mulai pembagian kerja, cara kerja, jumlah pekerja yang dibutuhkan, produk yang dihasilkan, efisiensi dan efektivitas dalam bekerja, dan lain-lain yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang. Perkembangan yang pesat ini menuntut manusia untuk mengikuti perkembangannya agar tidak disebut ketinggalan zaman.

Apabila suatu perusahaan tidak mengikuri perkembangan zaman maka peusahaan tersebut terancam merugi. Kerugian tersebut disebabkan oleh kemampuan yang terbatas sehingga tidak mampu memenuhi tuntutan pasar dalam segala hal.

Pengangguran ini berlaku untuk perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Perusahaan dangang jelas pada proses produksi atau distribusi. Pada bidang jasa dapat dilihat pada teknologi pelayanan jasa contoh riil adalah pada bank.

Pengertian Pengangguran Teknologi Menurut Para Ahli

Terdapat seorang ahli yang berpendapata tentang pengangguran teknologi ini. Yaitu;

  • John Maynard Keynes, Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang bersifat sementara yang disebabkan karena orang tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada.

Penyebab Pengangguran Teknologi

Timbulnya suatu perubahan akan berdampak pada keresahan. Keresahan yang semakin memburuk maka akan timbul masalah yang cukup besar. Suatu permasalahan memiliki penyebab tersendiri berdasarkan keadaan yang ada. Pemahaman lebih lanjut tentang pengangguran ini mari kita pahami tentang penyebab pegangguran ini.

Masyarakat belum siap adanya perubahan tersebut

Perubahan yang secara tiba-tiba dan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan masyarakat umum akan menimbulkan sesuatu yang buruk. Sesuatu yang buruk tidak dapat dihilangkan dengan ceppat apalagi berkaitan dengan sumber daya manusia.

Manusia bukan benda yang dengan mudah diubah atau menysuaikan keadaan. Manusia memiliki pikiran yang digunakan memahami keadaan kemudian mencari solusi. Ketika masyarakat tidak mampu baru timbul pengangguran teknologi.

Tidak memiliki kemauan untuk belajar teknologi

Sumber daya manusia Indonesia yang termasuk golongan yang memiliki kemauan membaca yang rendah juga menjadi penyebab pengangguran teknologi. Banyak orang yang terlalu nyaman dengan apa yang dikerjakan saat ini sehingga tidak menyadari adanya perubahan yang terjadi.

Secara tiba-tiba harus dihadapi oleh orang-orang tersebut. Orang yang merasa tidak peduli akan merasa kesulitan. Hal tersebut menyebabkan pengangguran teknologi. Jika terjadi hal seperti ini maka harus ada pendekatan khusus.

Perubahan yang cepat

Kesadaran masyarakat dengan perubahan yang terjadi lebih cepat perubahan yang terjadi. Kedaan tersebut kadang mempersulit manusia untuk menghadapi perubahan tersebut. Beberapa orang yang tidak siap akan merasa kesulitan dan menjadi pengangguran teknologi pada saat itu.

Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi

Ketika terdapat suatu penyebab akan permasalahan maka pasti ada solusinya. Tentu tidak semua solusi dapat dilakukan secara bersamaan. Solusi tersebut dapat dilakukan menurut urgensi dan keadaan yang ada. Berikut merupakan beberapa cara untuk mengatasi pengangguran teknologi yang dapat dilakukan dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Meningkatkan kreatifitas

Kita dapat mengikuti perubahan tersebut dengan terus mengikuti perkembangan dan berpikir kritis atas perubahan tersebut. Buah dari pemikiran yang kritis ialah memunculkan kreatifitas yang memanfaatkan keadaan yang ada. Pemanfaatan yang tepat akan mengurangi pengangguran. Seperti profesi baru seperti youtuber, selebgram, dan lain-lain.

Perbaiki sumber daya manusia

Perbaikan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan memberikan peltihan kepada orang yang mau belajar. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manusia. Kemampuan manusia diharapkan dapat terus meningkat sehingga dapat tepat

Memanfaatkan teknologi untuk mengikuti perkembangan

Teknologi yang ada dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Kebutuhan yang dimaksud ialah untuk mencari pekerjaab atau mengembangkan kemampuanya pada saat menganggur. Pada saat posisi menganggur dapat mengakses informasi via online.

Contoh Pengangguran Teknologi

Berikut merupakan beberapa contoh tentang pengangguran teknologi yang dapat kita amati dilingkungan kita. Kadang kita yang tidak berada dibidang itu tidak begitu memahami perubahan yang terjadi. Ketika kita melihat lebih dalam maka kita akan memahami peruabahan tersebut. Perubahan yang dampaknya luas atau sempit, dalam waktu yang cepat atau lambat.

  1. Petani dengan mesin pemanen padi, teknologi yang saat ini dianggap baru dan jumlahnya mulai banyak adalah mesin pemanen padi. Petani biasanya panen dikerjakan manusia dengan memotong batang padi dengan sabit saat ini telah banyak orang yang memilih menggunakan mesin. Mesin dianggap lebih cepat dan biayanya juga lebih murah. Panen menggunakan mesin ini juga ditambah gabah telah diwadahi wasak sehingga petani tinggal membawa pulang hasil panen tersebut. Lama panen juga tidak selama ketika memanen menggunakan sabit. Waktu yang dibutuhkan lebih cepat, dapat diakatakan lebih efektif.
  2. Ojek pangkalan dengan ojek online, ojek pangkalan saat ini sudah tidak memiliki peminat yang banyak. masyarakat lebih percaya dengan ojek online yang mudah dan cepat. Tarif yang ditetapkan juga jelas, tidak berdasarkan kemauannya sendiri. Ojek pangkalan yang kadang menaikkan tarif ojek membuat masyarakat malas memanfaatkan jasanya. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting pula sehingga dengan adanya perubahan teknologi berdampak pada pekerjaan masyarakat juga. Kondisi saat ini sudah banyak ojek pangkalan yang berubah menjadi ojek online.
  3. Pekerja padat karya mulai diganti dengan mesin, banyak karyawan yang mengalami PHK karena posisi pekerjaannya digantikan oleh teknologi. Pengangguran karena PHK merupakan pengangguran yang paling nampak dan dapat kita lihat secara langsung. Orang yang di PHK biasanya tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan yang ada. Bisa juga disebabkan oleh pekerjaannya telah digantikan dengan pekerjaan lain yang lebih efektif dan efisien.
  4. Banyak pekerjaan jasa di fasilitas umum digantikan oleh mesin, jasa yang digantikan oleh mesin ialah penjaga tiket digantikan dengan mesin scanner atau sejenisnya, tarik tunia dibank sudah banyak yang beralih ke mesin ATM atau menggunakan uang elektronik, dan lain-lain yang kini sudah digantikan dengan otomatisaisi yang cepat dan dapat melayani sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Penjelasan tentang pengertian pengangguran teknologi menurut para ahli, penyebab, solusi, dan contohnya ini mungkin sedikit membuka mata kita berapa banyak perubahan setelah adanya teknologi. Perubahan yang dibawa teknologi dapat memiliki dampak positif dan negatif.

Pandangan pentingnya pemahaman manfaat teknologi perlu ditanamkan lebih jauh lagi agar masyarakat segera menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Semakin tinggi kesadaran masyarakat maka semakin baik.

Daftar Pustaka
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pengangguran_teknologi
  • ismawanto. 2009. Ekonomi Jilid 2 Untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *