Pengertian Aset Lancar, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Aset Lancar Adalah

Apabila kita mulai belajar tentang akuntansi pasti kita akan mengenal istilah-istilah dalam akuntansi. Istilah yang akan sering kita temui antara lain, arti ekuitas, aktiva, passiva, dan lain-lain. Salah satu bagian dari aktiva ialah aset lancar.

Aset lancar ini sangat penting untuk mendukung jalannya suatu perusahaan. Aset lancar merupakan hal yang wajib ada dalam suatu perusahaan agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Pembahasan lebih lanjut tentang aset akan kita bahas dibawah ini.

Aset Lancar

Aset dapat kita sebut sebagai harta yang dimiliki oleh perusahaan. Harta yang memiliki banyak jenis yang bersifat lancar dan tetap. Aset tetap yang paling nampak dalam suatu perusahaan ialah gedung dan alat produksi yang digunakan yang merupakan milik perusahaan bukan sewa. Aset yang digunakan dalam usaha disebut aset lancar.

Aset lancar ini pasti dimiliki oleh seseorang yang memiliki usaha, karena aset lancar merupakan komponen utama dalam perusahaan. Tanpa ada aset lancar tidak mungkin terjadi transaksi dalam perusahaan. Aset lancar memiliki peran sangat penting ketika seseorang memulai usaha, melakukan usaha, dan mengembangkan usahanya.

Pencatatan yang dilakukan dalam perusahaan pasti memiliki transaksi yang banyak yang berkaitan dengan aset lancar. Jenis akun yang termasuk aset lancar ini sangat banyak penjelasannya akan dibahas dibawah berkaitan dengan jenis aset lancar.

Aset lancar pada setiap perusahaan berbeda-beda tergantung jenis perusahaan. Jenis perusahaan dapat berupa perusahaan jas, dagang, dan manufaktur. Jumlah akun paling banyak ada pada peerusahaan manufaktur.

Perusahaan jasa hanya ada transaksi atas pelayanan kepada pelanggan tidak membutuhkan tempat yang luas. Perusahaan dagang memiliki sedikit perbedaan dengan perusahaan jasa. Perusahaan dagang akan memiliki jumlah akun lancar yang lebih banyak terutama pada persediaan barang dagang. Perusahaan manufaktur akan lebih banyak lagi karena terdiri atas beberapa persediaan mulai dari barang mentah (bahan baku), barang setengah jadi, dan barang jadi.

Pengertian Aset Lancar

Aset lancar adalah suatu aset yang dapat dengan mudah dijadikan uang atau umur ekonomisnya urang dari satu tahun. Aset lancar ini biasanya digunakan dalam transaksi sehari-hari baik berupa barang, surat, atau yang lainnya. Aset lancar merupakan aset yang digunakan perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Agar kita mudah memahami dapat kita sebut sebagai aset yang mendukung operasional perusahaan. Baik kegiatan utama dalam perusahaan atau kegiatan lainnya yang sifatnya melengkapi kegiatan utama perusahaan.

Semakin besar suatu perusahaan maka semakin banyak aset lancar yang dimiliki dalam kegiatan perusahaan. Perputaran aset lancar ini sangat cepat tergantung pada tingkat penjualan perusahaan. Tingkat penjualan yang tinggi maka perputaran aset ini juga cepat.

Aset lancar yang paling sering muncul pada jurnal umum ialah kas. Kebanyakan transaksi biasanya mempengaruhi jumlah kas yang dimiliki oleh perusahaan. Walaupun besaran perubahannya tergantung pada jumlah transaksi yang dilakukan.

Kas merupakan sejumlah uang yang dimiliki oleh perusahaan dan digunakan untuk segala jenis transaksi dalam suatu perusahaan. Transaksi tersebut dapat mengurangi atau menambah jumlah kas tergantung pada jenis transaksi yang dilakukan.

Pengertian Aset Lancar Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa definisi aset lancar menurut para ahli, antara lain;

  1. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Aset lancar adalah sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan yang berasal dari segala kegiatan yang dilakukan dimasala lalu dan manfaat yang akan diperoleh dimasa yang akan datang sesuai dengan keinginan pemilik perusahaan.
  2. Bambang Riyanto, Aset lancar adalah sebuah aset atau harta yang dimiliki oelh perusahaan yang akan habis dalam kurun waktu satu kali putaran atau periode tertentu dalam proses produksi. Jangka waktu yang digunakan ialah dalam waktu yang singkat atau kurang dari satu tahun.
  3. Alimsyah dan Padji, Arti aset lancar adalah harta yang dimiliki oleh perusahaan yang dapat ditukar dengan uang tunai dalam waktu yang singkat. Waktu yang digunakan transaksi tersebut biasnya tergantung pada siklus usaha atau tahun buku. Akun yang termasuk aset lancar antara lain, uang kas, rekening giro bank, piutang uasaha, biaya dibayar dimuka, investasi jangka pendek, wesel, persediaan barang dagang, dan lain-lain.
  4. S Munawir, Makna aset lancar adalah harta perusahaan yang diharapkan dapat dicairkan atau ditukarkan menjadi uang tunai. Selain ditukar dengan tunai dapat dijual dan dikonsumsi pada periode berikutnya. Paling lama proses pencairan ialah satu tahun selama perputaran kegiatan perusahaan yang normal. Bahkan dalam satu tahun dapat terjadi beberapa kali.

Jenis Aset Lancar

Aset lancar memiliki banyak jenis yang mungkin tergantung jenis perusahaan yang dijalankan oleh perusahaan. Secara umum tidak memiliki perbedaan yang menonjol. Jenis aset lancar yang mungkin dapat kita ketahui ialah sebagai berikut,

  1. Kas, aktiva yang berupa uang baik uang yang ditangan atau yang ada di bank yang berupa tabungan atas nama perusahaan. Rekening bank dapat berupa giro atau tabungan.
  2. Surat berharga, surat berharga ini berupa sertifikat saham atau yang lainnya. Surat ini merupakan salah satu barang yang gampang dijadikan uan ketika membutuhkan biaya untuk usaha yang dijalankan.
  3. Wesel Tagih, wesel yang diterima dari pemilik utang atas piutang yang dimiliki perusahaan. Wesel tagih memiliki nilai yang cukup besar dan dapat dicairkan ke bank pada saat membutuhkan.
  4. Piutang, sejumlah penjualan yang dilakukan oleh pemilik perusahaan yang belum dibayar oleh pihak terkait.
  5. Persediaan barang dagang, barang yang menjadi stok atas produk yang dijual oleh pemilik perusahaan. Stok barang ini merupakan salah satu barang yang di jual beli dalam suatu perusahaan.
  6. Perlengkapan, barang yang digunakan untuk mendukung jalannya usaha yang dijalankan. Barang ini merupakan jenis barang yang cepat habis. Perusahaan harus melakukan pembelian berulang pada periode tertentu.
  7. Beban yang dibayar di muka, segala jenis biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan namun telah dibayar pada awal periode atau awal sewa barang tersebut. Beban yang biasa dibayar dimuka ialah sewa dibayar dimuka atau asuransi bibayar dimuka.

Contoh Aset Lancar

Pemahaman lebih lanjut maka kita akan mengetahui beberapa akun aset lancar dalam sebuat transaksi yang mungkin terjadi dalam perusahaan. Berikut merupakan beberapa transaksi yang berkaitan dengan aset lancar beserta jenis akun aset lancar yang terlibat.

  1. Sahara merupakan seseorang yang memiliki usaha berupa salon kecantikan. Ia telah mnekenuni usaha ini selama kurang lebih empat tahun. Salon kecantikan ini akan membeli beberapa barang untuk keberlangsungan usahanya. Barang tersebut untuk keperluan salon berupa barang habis pakai dengan nilai barang 1.000.000,00 secara tunai.

Analisis: kegiatan usahanya berupa perusahaan jasa. Transaksi yang dilakukan ialah pembelian perlengkapan.

  1. Sahara pada tanggal awal bulan telah membayar sewa gedung selama satu tahun kedepan, walaupun sewa gedung harusnya dibayar setiap bulan. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah Sahara dalam melakukan estimasi, karena pendapatan sampai akhir bulan kemarin cukup tinggi. Sewa gedung yang dibayar tersebut senialai 6.000.000,00.

Analisis: Sahara melakukan pembayaran beban diawal bulan maka dapat kita catat sebagai harta atau beban. Akun yang digunakan ialah sewa dibayar dimuka.

  1. Pak Atong merupakan salah satu pengusaha di desa Serba Makmur. Ia menjalankan sebuah usaha berupa toko modern. Toko tersebut menjual berbagai jenis kebutuhan sehari-hari mulai dari sabun, pewangi, makanan, dan lain-lain. Ia selalu menyediakan yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Ketika bulan Ramadhan maka ia membeli makanan ringan dengan jumlah lebih banyak yang akan digunakan untuk memenuhi permintaan. Ketika dihitug barang digudang ternyata masih cukup banyak yang tersedia dengan nilai rupiah sebesar 4.500.000.

Analisis: pak Atong melakukan usaha berupa perusahaan dagang. Akun yang mungkin dapat dicatat olejh perusahaan berdasarkan transaksi diatas ialah persediaan barang dagang.

Demikian penjelasan tentang aset lancar yang mungkin sedikit membantu untuk menambah pemaham tentang aset lancar. Masih banyak akun yag termasuk aset lancar dengan berbagai cabang dari jenis aset lancar. Paling penting yang perlu kita ingat ialah tidak ada perusahaan yang tidak memiliki aset lancar karena aset lancar merupakan hal yang pokok dalam sebuah perusahaan.

Daftar Pustaka
  • Tim New Master. 2014. Ekonomi-Akuntasi untuk SMA/MA Kelas XI Senester 2. Jawa Tengah: CV. Media Karya Putra
  • www.fasb.org
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *