Pengertian Debit, Jenis, Unsur, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Debit Adalah

Dokumen transaksi dalam perusahaan kadang menambah dan kadang mengurangi jumlah kas. Ketika jumlah uang bertambah dapat melakukan pencatatan pada sisi debit. Ketika jumlah uang berkurang maka dapat melakukan pencatatan paada sisi kredit.

Debit dan kredit merupakan sesuatu yang tidak dapat terpisahkan. Pencatatan keuangan pun harus ada pemasukan dan pengeuaran. Secara keuangan perusahaan transaksi debit terjadi ketika perusahaan menambah kas yang dimiliki. Semakin bertambah kasnya maka akan dicatat pada sisi debit.

Debit

Sisi debit adalah lawan dari arti kredit dalam laporan keuangan. Ketika kita melihat arus kas maka debit bagian kas masuk dan kredit bagian kas keluar. Bagian debit dapat menambah jumlah pemasukan dalam perusahaan. Semakin banyak jumlah disisi debit maka akan semakin bertambah uang yang dimiliki oleh perusahaan.

Pihak memiliki makna yang berbeda terkait sisi debit ini. Ketika kita menarik tunai uang yang kita miliki dibank maka bank akan mencatat pada sisi debit pada rekening yang dimiliki oleh nasabah dan akan mencatat pada sisi kredit ketika kita menabung uang yang kita miliki di bank.

Pengertian Debit

Debit adalah kegiatan yang mengakibatkan jumlah uang yang terdapat di dalam tabungan berkurang. Hal tersebut dapat kita lihat dari pencatatan buku rekening yang dimiliki oleh seorang nasabah.

Transaksi debit tidak memiliki resiko seperti transaksi kredit. Uang yang digunakan dalam transaksi debit merupakan uang miliki pribadi sehingga tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan uang yang telah diambil oleh pihak tertentu.

Masyarakat banyak mengenal debit ini dalam bentuk kartu yang mempermudah akses seseorang dalam melakukan transaksi. Kartu debit ini memiliki berbagai jenis salah satunya ialah kartu ATM. Kartu tersebut salah satu kartu yang banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Kartu debit ini tentu sangat berbeda dengan kartu kredit. Ketika kita menggunakan kartu kredit maka kita akan memiliki utang sesuai dengan jumlah uang yang kita gunakan. Kita wajib membayar uang yang kita gunakan setiap akhir bulan. Tentu saja kita jika tidak hati-hati menggunaka kartu kredit akan memiliki banyak hutang.

Pengertian Debit Menurut Para Ahli

Adapun pengertian debit menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pengertian debit adalah piutang atau uang yang harus ditagih oleh seseorang kepada orang yang memiliki utang. Ketika dicatat dalam pembukuan maka akan mengurangi jumlah piutang yang dimiliki.
  2. Serfianto dkk, Salah satu jenis kartu debit ialah ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Makna dari ATM merupakan jenis alat yang dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai atau pemindahan dana, kewajiban seseorang yang memegang kartu langsung dilakukan pengurangan tabungan dari pemilik tabungan dari bank atau lembaga keuangan lain yang memiliki hak untuk menghimpun dana.

Jenis Debit

Jenis kartu debit ini berdasarkan beberapa bank yang memiliki kesamaan jenis kartu yang ditawarkan dengan baiya yang berbeda-beda.

Berikut jenis kartu debit yang sering kita temui yang ada pada beberapa bank,

  1. Silver

Pada beberapa bank kartu silver menandakan dengan biaya administrasi terendah. Penetapan biaya tersebut dapat dijangkau oleh seluruh elemen masyarakat yang menjadi nasabah pada bank tertentu. Ketika telah memiliki kartu silver maka harus menanggung beberapa biaya antara lain,

  • Biaya administrasi
  • Biaya ganti kartu
  • Limit tarik tunai di mesin ATM
  • Limit transfer dengan sesama bank
  • Limit transfer dengan bank lain
  • Limit pembayaran atas tagihan tertentu
  1. Gold

Jenis kartu debit ini merupakan satu tingkatan diatas kartu silver. Biaya administrasi yang harus ditanggung juga lebih besar sekitar dua kali lipat dari biaya administrasi pada jenis kartu silver. Kemudahaan yang diterima dalam berbagai akses juga berbeda. Biaya administrasi yang harus ditanggung oleh nasabah antara lain,

  • Biaya administrasi
  • Biaya ganti kartu
  • Limit tarik tunai di mesin ATM
  • Limit transfer dengan sesama bank
  • Limit transfer dengan bank lain
  • Limit pembayaran atas tagihan tertentu
  1. Platinum

Jenis kartu yang memiliki fasilitas lengkap melebihi kartu sliver dan gold. Kartu platinum memiliki kemudahan akses dalam berbagai hal. Biaya administrasi yang harus ditanggung juga lebih banyak yaitu tiga kali lipat dari jenis kartu silver. Minimal tabungan yang dimiliki juga tinggi mengingat jumlah administrasi yang ditanggung juga tidak sedikit. Berikut baiay administrasi yang harus ditanggung,

  • Biaya administrasi
  • Biaya ganti kartu
  • Limit tarik tunai di mesin ATM
  • Limit transfer dengan sesama bank
  • Limit transfer dengan bank lain
  • Limit pembayaran atas tagihan tertentu

Unsur Debit

Adapun untuk beragam unsur debit antara lain sebagai berikut;

  1. Terdapat pemilik tabungan, pemilik tabungan tercatat sebagai nasabah dengan bank terkait.
  2. Terdapat pihak yang menampung uang (bank), bank menjalankan kewajiban untuk menampung uang yang disetor oleh nasabah.
  3. Terdapat akses untuk melakukan penarikan, penarikan dapat dilakukan melalui mesin ATM, langsung datang ke Bank, atau menggunakan penarikan secara virtual.
  4. Terdapat fasilitas yang mendukung transaksi, terdapat outlate bank atau sejenisnya yang dapat memanfaatkan kartu debit.
  5. Jumlah debit sesuai dengan banyaknya uang yang dimiliki, batasan penarikan sesuai dengan jenis kartu yang dimiliki dan terbatas sesuai dengan saldo yang dimiliki.

Tujuan Debit

Tujuan penggunaan kartu debit antara lain,

  1. Mempermudah nasabah sehingga kemana-mana tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak.
  2. Dengan menggunakan kartu debit dapat meningkatkan keamanan nasabah dalam membawa uang.
  3. Transaksi yang menggunakan kartu debit tidak akan membuat seseorang berhutang karena pembayaran dilakukan langsung mengurangi saldo rekening.
  4. Penggunaan kartu debit tidak perlu adanya tambahan dana atas transaksi cukup menggunakan saldo yang ada saja.

Contoh Debit

Berikut merupakan beberapa contoh kartu debit yang ada dalam beberapa bank yang ada di Indonesia,

  1. Kartu Debit BNI

Kartu debit BNI terdiri dari kartu debit silver, gold, dan platinum. Fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan yang telah dijelaskan pada jenis kartu debit mungkin perbedaan terletak pada limit yang telah ditetapkan oleh setiap bank. Bank BNI memiliki vitur baru berupa debit secara online. Layanan online memiliki beberapa jenis yaitu SMS Banking dan Mobile Banking.

  1. Kartu Debit BRI

Kartu debit BRI terdiri dari dua jenis yaitu kartu debit gold dan classic. Kartu debit ini menyesuaikan jenis rekening tabungan yang dimiliki. Masing-masing jenis memiliki keterbatasan masing-masing. Jenis kartu debit gold memiliki limit yang lebih banyak dibanding klasik. Kartu debit klasik merupakan kartu debit yang sering digunakan oleh nasabah biasa.

  1. Kartu Debit BTN

Bank BTN memiliki jenis kartu debit yang cukup banyak yaitu kartu debit reguler (silver, gold, dan platinum), syariah, dan prioritas (gold dan platinum). Kartu debit ini dapat dimiliki oleh semua nasabah sesuai dengan jenis tabungan dan jumlah tabungan yang dimiliki. Nasabah dengan jumlah tabungan sangat banyak dapat menggunakan jenis kartu debit platinum.

  1. Kartu Debit BCA

Kartu debit yang ditawarkan oleh BCA sangat beragam anatara lain, Kartu debit paspor BCA GPN Blue, Kartu debit paspor BCA GPN Gold, Kartu debit paspor BCA GPN Platinum, dan katu debit berlogo mastercard dengan jenis yang sama. Jenis kartu debit tidak jauh berbeda dengan kartu debit yang lain, namun biaya administrasi yang harus dikeluarkan lebih banyak.

  1. Kartu Debit Mandiri

Kartu debit BNI terdiri dari kartu debit silver, gold, platinum, dan platinum plus. Fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan yang telah dijelaskan pada jenis kartu debit mungkin perbedaan terletak pada limit yang telah ditetapkan oleh setiap bank. Bank ini menetapkan limit penarikan dengan ATM disesuaikan dengan jenis kartu debit yang dimiliki oleh nasabah.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan dan sampaikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian debit menurut para ahli, jenis, unsur, tujuan, dan contohnya yang seringkali kita pergunakan. Semoga memberi edukasi bagi semuanya.

Daftar Pustaka
  • Purnomo, dkk. 2012. Untung dengan kartu kredit, kartu ATM-debit, & uang elektronik. Jakarta: Visimedia.
  • https://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnidebitonline
  • https://www.btn.co.id/id/Syariah-Home/Syariah-Data-Sourrces/Product-Links-Syariah/Produk-BTN-Syariah/e-channel
  • www.bca.co.id/individu/produk/kartu-debit
  • www.kbbi.kemdikbud.go.id
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *