Pengertian Sistem Ekonomi Pasar, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Ekonomi Pasar Adalah

Pemerintahan yang maju tentu membutuhkan sebuah sistem yang baik. Sistem yang diterapkan menyesuaikan keadaan suatu negara, seperti halnya dalam bidang ekonomi. Salah satu sistem yang hingga saat ini masih diterapkan diberbagai negara ialah sistem ekonomi pasar. Sistem ekonomi pasar merupakan sistem yang seluruh kegiatannya dilakukan oleh swasta. Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah hak individu sangat dihargai dan dijadikan sebagai prioritas. Kelebihan dari sistem ekonomi pasar ialah individu memiliki hak untuk berinovasi semaksimal mungkin.

Sistem ekonomi pasar memiliki kekurangan terdapat banyak kesenjangan antara individu. Kesenjangan tersebut disebabkan oleh usaha masing-masing individu. Apabila individu melakukan usaha secara maksimal maka akan menghasilkan pendapatan yang besar. Segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem ekonomi ini sangat menghargai kebebasan individu. Negara yang mampu memaksimalkan dengan sistem ini maka akan menjadi negara yang maju seperti Amerika Serikat.

Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ini muncul karena rasa tidak setuju dengan teori yang telah dibuat oleh Karl Marx yaitu tentang sistem ekonomi komando. Tokoh utama dalam sistem ekonomi ini ialah Adam Smith. Beliau yang dikenal sebagai bapak ekonomi.

Sistem ekonomi yang memberi kebebasan kepada seluruh warga negaranya. Kebebasan tersebut berkaitan dengan segala kegiatan dalam bidang ekonomi. Misal kebebasan dalam berinovasi, berkreasi, dan melakukan usaha secara mandiri.

Peran pemerintah terbatas hanya pada sektor tertentu saja yang dianggap sangat penting. Seperti pada sektor keamanan dan pertahanan. Hal tersebut membuat masyarakat bebas melakukan usaha apapun dalam hal kegiatan ekonomi.

Dalam sistem ini mempercayai bahwa keadaan pasar akan kembali pada posisi seimbang pada waktunya nanti. Keseimbangan ini akan muncul kembali sesuai mekanisme pasar yaitu bisa dilihat dari permintaan dan penawaran.

Permintaan dan penawaran akan kembali pada posisi seimbang karena kegiatan ekonomi. Misal ketika harga cabai mahal maka konsumen akan mengurangi penggunaan cabai. Pada titik tertentu permintaan akan berkurang sementara jumlah yang ditawarakan banyak, sehingga secara teori harga produk tersebut akan menurun.

Kegiatan yang memiliki multiplayer efek ini akan mengembalikan posisi harga pada harga tertentu. Dimana harga tersebut tentu saja dapat dijangkau oleh seluruh elemen masyarakat. Mulai dari yang kurang mampu hingga yang paling mampu.

Pengertian Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pasar adalah sebuah sistem yang seluruh kegiatan perekonominya diserahkan kepada pasar. Penetapan harga tergantung pada keadaan dan kondisi pasar, sehingga disini pemerintah tidak ikut campur dalam penentuan harga.

Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem yang menetapkan harga berdasarkan permintaan dan penawaran yang ada di pasar. Kegiatan tersebut bersifat bebas tidak ada yang mampu mengendalikan kecuali dari permintaan dan penawaran.

Konsekuensi dari sistem ini adalah keputusan setiap individu mempengaruhi keadaan pasar baik secara langsung atau tidak langsung. Keputusan individu menentukan segala keadaan yang ada di pasar. Penganut sistem ini percaya bahwa suatu keadaan akan membaik dengan sendirinya pada jangka waktu tertentu.

Pengertian Sistem Ekonomi Pasar Menurut Para Ahli

Beberapa ahli menyatakan pengertian sistem ekonomi pasar antara lain,

  1. Adam Smith, Kemakmuran suatu negara itu akan terjadi apabila masyarakatnya diberi kebebasan untuk melakukan apa, dimana, dan bagiamana menjalakan kegiatan ekonomi dalam negara tersebut.
  2. Jean Baptiste Say, penawaran akan selalu menyesuaikan permintaan sehingga tidak mungkin ada kelebihan produksi.

Ciri Sistem Ekonomi Pasar

Adapun yang menjadi karakteristik daripada sistem perekonomian pasar, antara lain sebagai berikut;

  1. Penentuan harga berdasarkan mekanisme pasar, Harga yang ditetapkan menyesuaikan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar.
  2. Pemerintah tidak berwenang memiliki gangguan dalam sistem ekonomi, Seluruh kegiatan ekonomi terjadi secara alami tanpa ada campur tangan dari pemerintah. Pemerintah hanya sebagai pengawas dan pelindung.
  3. Seluruh aktivitas ekonomi berorientasi untuk laba, Setiap individu yang melakukan usaha pasti mengharaopkan laba pada tingkat tertentu, keinginan laba ini dapat menjadi salah satu dasar ketika menetapkan harga.
  4. Persaingan dipasar dilakukan secara bebas, Semua orang memiliki hak yang sama untuk bersaing dalam lingkungan pasar. Kekuatan perorangan tidak mampu menentukan keadaan pasar.
  5. Modal merupakan hal yang sangat penting, Hak kepemilikian perorangan sangat diakui, sehingga setiap ingin melakukan kegiatan ekonomi setiap orang harus memiliki modal sendiri. Apabila seseorang yang tidak memiliki modal maka akan merasa kesulitan untuk memulai usaha apapun.
  6. Hak pribadi sangat diakui, Sistem ini menjunjung tinggi kebebasan individu untuk melakukan semua kegiatan ekonomi yang dapat memberikan keuntungan pada perseorangan.
  7. Kegiatan ekonomi dilakukan secara langsung oleh masyarakat, Masyarakat yang paling tahu keadaan ekonomi saat ini, karena mereka sebagai pelaku utama yang menentukan keberjalanan perekonomian.

Kelebihan Sistem Ekonomi Pasar

Sedangkan yang menjadi kelebihan dalam penerapan sistem ekonomi pasar, antara lain sebagai berikut;

Inovasi masyarakat sangat diakui

Masyarakat berlomba-lomba untuk melakukan inovasi sesuai dengan keahlian masing-masing. Segala jenis inovasi sangat diakui bahkan dapat dikatakan sangat berkembang pesat dalam perekonomian ini. Sebagimana inovasi dalam toko konvensional yang saat ini berubah menjadi digital.

Meningkatkan kompetensi untuk maju

Masyarakat cenderung memiliki pemikiran yang terbuka sehingga memiliki keinginan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Keinginan maju ini membuat masyarakat terus berlomba-lomba untuk menunjukkan yang terbaik yang ia miliki.

Individu diperbolehkan memeliki hak pribadi dalam memiliki sumber produk barang dan jasa

Seseorang diperbolehkan memiliki usaha sendiri atas nama pribadi. Usaha tersebut tentusaja dapat dikembangkan sesuai dengan kemauan pemilik usaha. Sehingga pemerintah disini tidak akan ikut campur atas apa yang telah diusahakan.

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas tinggi untuk memperolah laba

Masyarakat akan memiliki pemikiran untuk terus meningkatkan usaha dalam memperoleh tingginya keutungan (laba). Mereka dapat memperhitungkan tingkan efisiensi dan efektivitas produksi atas barang yang diproduksi sehingga keuntungan maksimal dapat diperoleh.

Kualitas barang dan jasa yang dihasilkan sangat tinggi

Keingian masyarakat yang tinggi untuk memberikan yang terbaik agar dapat terjual di pasar sehingga masyarakat akan memproduksi barang dengan kualitas yang tinggi. Bahkan dengan tingkat keunikkan yang berbeda-beda antar perusahaan satu dengan yang lain.

Hasil produk berdasarkan kebutuhan masyarakat

Para produsen melakukan produksi berdasarkan keinginan produsen bukan berdasarkan ketentua dari pemerintah. Para produsen akan melihat keadaan sebelum melakukan produksi dan memperkiran agar yang diproduksi sesuai dengan yang diminta di pasar.

Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar

Adapun yang menjadi kerugian daripada penarapan dalam sistem ekonomi pasar, antara lain sebagai berikut;

Penghasilan yang tidak merata

Tingkat usaha masing-masing individu yang berbeda mengakibatkan penghasilan setiap individu juga berbeda. Untuk seseorang yang berusaha semaksimal mungkin akan memiliki penghasilan yang besar. Untuk seseorang yang hanya bersantai atau pengangguran maka tidak memiliki penghasilan.

Kesenjangan antar si miskin dan si kaya semakin jauh

Perbedaan penghasilan yang semakin jauh menyebabkan semakin tinggi kesenjangan pendapatan yang terjadi. Para pengusaha besar akan terus bertambah kaya namun untuk pengusaha kecil akan semakin tertinggal apabila tidak mampu melakukan inovasi.

Muncul persaingan tidak sehat

Semua orang akan berusaha untuk mendapatkan penghasilan yang besar, sehingga muncul persaingan yang tidak sehat. Persaingan tersebut tentusaja mungkin akan membuat salah satu pihak merasa dirugikan, tertama yang tidak memiliki modal serta kurang berfikir kratif.

Rentan terhadap krisis ekonomi

Sistem ekonomi yang berjalan apa adanya sehingga sangat dimungkinkan terjadi krisis. Ketika perekonomian mulai terpuruk tidak ada yang mengendalikan kecuali menunggu kembalinya keadaan pasar sesuai dengan mekanisme pasar yang berlaku.

Melakukan eksploitasi sumber daya alam

Masyarakat yang merasa memiliki kebebasan secara individu maka sangat dimungkinkan untuk memanfaatkan sumber daya alam sesuai dengan kemauannya. Sehingga disini tingkat efesiensi tidak dianggap penting untuk keberlangsungan generasi mendatang.

Contoh Sistem Ekonomi Pasar

Negara yang menerapkan sistem ini biasanya negara yang menganut paham pasar bebas. Beberapa negara yang menganut sistem ini antara lain,

Amerika Serikat

Negara ini memang negara yang paling terkenal yang menerapkan sistem ekonomi pasar. Mereka sudah terbiasa dengan kebebasan. Kebebasan yang ada ini membuat negara ini menjadi negara yang besar dan terkenal dengan tingkat perekonomian yang sangat baik.

Eropa

Tidak semua negara di Eropa menerapkan sistem hanya beberapa negara antara lain, Perancis, Kanada, Belgia, Denmark, Filandia, dan lain-lain. Negara Eropa yang menerapkan sistem ini ada yang berhasil dan ada yang kurang berhasil.

Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan setiap negara berbeda-beda tergantung usaha yang dilakukan oleh masyarakat di Negara tersebut.

Indonesia

Negara Indonesia pernah menerapkan sistem ini pada sekitar tahun 1950-an. Pada saat itu dipimpin oleh presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno. Saat ini Indonesia tidak lagi menerapkan sistem namun telah menggunakan sistem lain yang lebih relevan dengan keadaan di negera Indonesia.

Itulah tadi ulasan yang memberikan pemahaman kepada segenap pembaca sekalian terkait dengan pengertian sistem ekonomi pasar menurut para ahli, ciri, kelebihan, kekurangan, dan contoh negara yang menerapkannya. Semoga bisa bermanfaat. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *