Tujuan Transaksi Valuta Asing bagi Perekonomian

Diposting pada

Tujuan Valuta Asing

Pada hakekatnya setiap bentuk transaksi dalam kegiatan ekonomi membutuhkan alat untuk melakukan pembayaran baik yang bersifat lokal, regional, nasional, bahkan internasional.

Pembayaran yang dilakukan dengan pihak luar negeri menggunakan cara yang berbeda yaitu dengan menggunakan valuta asing. Yang pasti, sistem pembayaran transaksi valuta asing bagi pasar internasional memiliki keabsahan tersendiri lataran dilindungi dalam perundang-undangan.

Valuta Asing

Valuta asing adalah mata uang negara lain yang dimiliki oleh suatu negara yang digunakan sebagai alat pembayaran berskala internasional sehingga dalam hal ini berkaitan dengan negara yang memiliki mata uang tersebut, bank sentral telah mengetahui hal ini secara mendetail.

Adapun tempat untuk melakukan transaksi mata uang luar negeri disebut pasar valuta asing. Valuta asing ini dapat mempermudah bentuk dokumen transaksi ke pihak luar negeri. Valuta asing sangat dibutuhkan bagi para pelaku bisnis.

Tujuan Valuta Asing

Sistem pembayaran dengan mempergunakan valuta asing memiliki beberapa tujuan. Antara lain;

  1. Komersial

Tujuan penggunaan valuta asing dalam sebuah transaksi yang akan dilakukan oleh pelaku bisnis. Pelaku bisnis menggunakan ini untuk mempermudah pembayaran yang bersifat berbayar. Dimana sitem penggunaan ini juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku, tentu bertujuan untuk kepentingan bisnis atau pembayaran.

  1. Funding

Negara satu dengan yang lain memang sering menjalin kerjasama baik dalam sebuah organisasi atau kerjasama pribadi/secara langsung.

Transaksi dengan valuta asing juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan berbagai jenis mata uang dari negara lain. Pihak negara yang biasanya berperan sebagai money changer akan menampung berbagai jenis valuta asing yang telah didapatkan.

Uang yang dikumpulkan dapat digunakan untuk transaksi yang lain, dimana pihak yang membutuhkan. Ketika suatu negara sudah memiliki berbagai jenis mata uang maka tidak perlu kesusahan untuk menghitung kurs mata uang sendiri dengan pihak luar negeri yang akan sulit menemui titik temu.

  1. Hedging

Valuta asing memiliki pengaruh yang besar dalam sebuah kurs antar negara. Bayaknya mata uang yang dimiliki negara lain akan membuat nilai mata uang turun begitu dengan sebaliknya jika kita memiliki banyak valas maka sangat mungkin mata uang mereka akan melemah. Nilai kurs yang muncul tergantung pada jumlah uang yang dimiliki negara lain akan sebuah mata uang.

  1. Investasi

Valuta asing salah satu cara yang dapat dilakukan oleh negara yang akan melakukan investasi yang memperhatika kurs luar negeri.

Orang yang memiliki kemampuan untuk memprediksi suatu keadaan dengan baik maka sangat mungkin melakukan investasi dengan pihak luar negeri. Keuntungan dalam sebuah investasi dapat diperoleh apabila kita mampu melakukan prediksi dengan baik. Semakin baik prediksi yang dilakukan maka semakin banyak peluang yang akan diperoleh.

  1. Individu

Sebagai individu juga dapat merasakan kauntungan dengan menggunakan valuta asing dalam transaksinya. Hal ini berkaitan dengan transaksi individu dengan pihak luar negeri. Dalam hal ini misal membeli produk untuk konsumsi atau berlibur keluar negeri dapat mempersiapkan uang cash ketika masih didalam negeri.

Ketika sudah membawa uang tunai dari dalam negeri dapat dengan mudah melakukan transaksi ditempat-tempat yang bersifat umum yang belum terdapat fasilitas untuk touris.

  1. Marketing

Produk yang memiliki kualitas baik maka akan diminati oleh orang lain bahkan sampai luar negeri. Seperti halnya dengan valuta asing, dapat digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan produk kita kepada pihak luar negeri. Misal menetapkan harga dengan istilah luar negeri atau dengan mata uang luar negeri.

Hal ini tentusaja dilakukan untuk menarik calon pembeli dengan membanding kualitas produk dengan harga yang harus dibayar.

  1. Position Taking

Valuta asing dapat membantu suatu negara untuk menetapkan posisi dalam pasar internasional. Hal ini berkaitan dengan minat masyarakat luar negeri dalam menggunakan mata uang tertentu, sehingga akan semakin banyak orang yang menggunakan mata uang suatau negara. Jumlah valuta asing akan menentukan posisi kekuatan mata uang di lingkup internasional.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan pembayaran melalui proses transaksi menggunakan valuta asing bagi kegiatan perekonomian. Semoga memberikan wawasan untuk semua pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *