Contoh Yayasan Pendidikan, Agama, dan Kesehatan

Diposting pada

Contoh Yayasan

Perusahaan perorangan atau perusahaan persekutuan dapat berorientasi pada keuntungan atau hanya untuk kepentingan bersama pada bidang tertentu. Pada bidang tertentu ini misalnya saja adalah yayasan yang merupakan perusahaan yang berbeda dengan biasanya. Yayasan akan lebih fokus pada usaha non profit.

Akan tetapi ruang lingkup yayasan ini sendiri ada dalam berbagai sisi kehidupan manusia, misalnya saja seperti pendidikan, agama, politik, dan kesehatan.

Yayasan

Yayasan adalah usaha yang tidak didirikan oleh pemerintah dimana fokus kegiatan yang dilakukan bergerak pada bidang kegiatan yang bersifat nirlaba. Yayasan pada dasarnya dapat didirikan oleh pihak pemerintah atau sekelompok masyarakat.

Ketika yayasan didirikan oleh pemerintah maka yayasan tersebut berhak menerima sumber dana dari pemerintah, apabila didirikan oleh masyarakat maka segala kegiatan yang dilakukan bersumber dari biaya masyarakat serta pengelolaan juga dilakukan langsung oleh masyarakat.

Ketika seseorang atau sekelompok masyarakat ingin mendirikan yayasan maka harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh peraturan yang berlaku antara lain, memiliki struktur organisasi yang jelas, telah memiliki akta resmi dari notaris, dan telah menetapkan nama yayasan yang didirikan. Syarat tersebut menjadi hal yang mendasar ketika seseorang ingin mendirikan suatu yayasan.

Contoh Yayasan

Yayasan banyak kita temui diberbagai daerah, berikut merupakan beberapa bentuk yayasan yang ada di lingkungan kita. Tetapi semestinya semua yayasan akan mengambil peran sesuai dengan tujuan masing-masing lembaga yang didirikan.

Pendidikan
Contoh Yayasan Pendidikan
Contoh Yayasan Pendidikan

Bentuk yayasan pendidikan ini dapat kita lihat di lingkungan kita. Misal sekelompok orang yang beragama kristen dalam suatau daerah mengajukan suatu gagasan untuk mendirikan sebuah sekolah jenjang tertentu maka akan membawa nama agama kristen.

Hal ini menunjukkan bahwa yayasan tersebut yayasan bernaungan pada kegiatan agama keagamaan kemudian merambah ke dunia pendidikan. Sama halnya dengan organisasi Muhammadiyah yang saat ini sudah memiliki banyak sekolah diberbagai tempat. Bahkan bukan hanya sekolah namun juga rumah sakit dan lembaga sosial. Penjelasan lebih lanjut, sebagai berikut;

  1. Yayasan An-Nawai

Salah satu yayasan pendidikan Islam yang ada di daerah Purworejo Jawa Tengah. Yayasan ini fokus pada pendidikan yang berbentuk pondok pesantren. Pondok pesantren ini juga mendirikan pendidikan resmi berupa madrasah dari pendidikan dasar hingga menengah. Yayasan ini sudah banyak dikenal masyarakat dari berbagai daerah.

  1. Yayasan Fatwa Alim

Salah satu yayasan pendidikan Islam yang ada di Jawa Timur tepatnya di Desa Tulung, Saradan, Madiun. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan dan keagamaan. Yayasan ini memiliki beberapa jenjang sekolah yaitu, RA, MI, dan MA. Yayasan ini sudah lama berkembang hingga saat ini. Pendidikan agama ada di mahad Fatawiyah.

  1. Tonoto foundation

Salah satu yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan dan sosial. Fokusnya pada pendidikan non formal serta beberapa program kemanusiaan yang berkaitan dengan pemberdayaan manusia dan peningkatan kualitas hidup manusia. Banyak kegiatan yang dilakukan, yayasan ini didirikan oleh sebuah keluarga yang peduli akan masyarakat yang ada di llingkungannya.

  1. Yayasan Muhammadiyah

Salah satu organisasi Islam besar yang ada di Indonesia ini memiliki yayasan yang bergerak pada banyak bidang mulai dari pendidikan, sosial, kesehatan, tentu terutama agama. Pada bidang pendidikan yayasan ini memiliki sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Pada bidang sosial memiliki lembaga amil zakat, infaq, dan sodaqoh muhammadiyah. Lembaga yang bergerak dibidang kesehatan beberapa rumah sakit dibawah muhammadiyah diberbagai daerah.

  1. Yayasan Perguruan Islam Al-Azhar

Yayasan ini bergerak pada bidang pendidikan khususnya pendidikan yang bersifat boarding school. Yayasan ini sudah banyak mendirikan sekolah dibeberapa daerah dengan berbagai jenjang. Bidang pendidikan yang ditonjolkan adalah pendidikan agama Islam.

  1. Yayasan Beasiswa Supersemar

Yayasan yang bergerak pada bidang sosial khususnya membantu pendidikan. Yayasan ini sudah ada sebelum tahun 2000 banyak orang yang telah dibantu dengan dana yang disalurkan oleh yayasan ini. Namun yayasan ini terlibat sebuah kasus yang membuat lembaga ini harus menghentikan aktivitasnya. Saat ini sudah tidak ada lagi beasiswa supersemar.

  1. Habibie Center

Yayasan yang bergerak pada bidang sosial dan didirikan oleh BJ Habibie. Fokus dari yayasan ini membentuk suatu pergerakan untuk mewujudkan negara yang demokratis dan modern. Kegiatan yang dilakukan tentu saja memiliki nilai yang positif dengan memperhatikan integritas dan moralitas serta berbagai nilai yang ada dalam suatu agama dan budaya yang tengah berkembang di lingkungan masyarakat.

  1. Putra Sampoerna Foundation

Yayasan yang fokus pada bidang pendidikan dimana memiliki orientasi untuk mencetak seorang wirausaha yang berhasil dan menjadi pemimpin di masa yang akan datang dengan bekal kemampuan yang telah dimiliki. Kegiatan yang dilakukan mulai dari seminar hingga workshop. Terdapat banyak event besar yang bisa di lakukan di yayasan ini.

Sosial Keagamaan
Contoh Yayasan Sosial Agama
Contoh Yayasan Sosial Agama

Yayasan bidang agama akan melakukan hal yang berbeda dengan yayasan pendidikan, walaupun terdapat beberapa yayasan yang fokus agama namun memiliki lembaga pendidikan. Biasanya memiliki banyak kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan. Contohnya saja;

  1. Yayasan Insan Mudah Mulia

Salah satu yayasan di Indonesia yang bergerak dibidang sosial kemanusiaan, pendidikan, dan agama. Kegiatan yang dilakukan juga sangat beragam sesuai dengan segala hal yang telah di programkan. Beberapa program yang dilakukan setiap tahun antara lain, khitan massal, tebar hewan qurban ke berbagai daerah, Taman Pendidikan Al-Qur’an, dan lain-lain. Yayasan berada di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

  1. Panti Asuhan

Salah satu tempat yang diperuntukkan untuk kegiatan sosial, yaitu tempat untuk memberikan berbagai jenis kegiatan khususnya untuk anak yatim dan piatu. Yayasan jenis ini membentuk sebuah berbagai kegiatan yang diperuntukkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Masyarakat juga dapat ikut serta dalam berbagai jenis pendanaan untuk kelancaran kegiatan yang dilakukan.

  1. Yayasan OBI (Obor Berkat Indonesia)

Yayasan yang menyediakan wadah untuk masyarakat dalam melakukan suatu partisipasi dalam berbagai bidang dengan cara memberikan pendapat melalui lembaga ini. Yayasan ini didirikan untuk menolong dan melayani masyarakat dalam hal kepentingan bersama. banyak kegiatan lain yang dilakukan demi memberikan sesuatu yang lebih layak kepada masyarakat.

  1. Badan Amil Zakat dan Infak-Sedekah

Lembaga yang bergerak pada bidang sosial yang memberikan fasilitas pada pihak-pihak yang terkait. Bagi orang yang ingin menyalurkan dananya dan juga mencari orang yang berhak menerima segala jenis amal yang telah dikumpulkan. Semua dana yang dikumpulkan untuk kegiatan sosial.

Kesehatan
Contoh Yayasan Kesehatan
Contoh Yayasan Kesehatan

Yayasan yang bergerak dalam bidang kesehatan adalah tempat untuk menampung amasyarakat yang tidak memiliki keluarga dan membutuhkan perawatan dari pihak terentu. Contoh yayasan ini seperti;

  1. Yayasan Jantung Indonesia

Yayasan yang bergerak pada bidang sosial, tepatnya peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya seseorang mengenal agar mampu mencegah penyakit jantung dan pembulluh darah melalui program kemasyarakatan.

Program ini banyak dilakukan dibeberapa wilayah, kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan yang bersifat preventif, promotif, dan rehabilitatif. Banyak lembaga yang telah bekerja sama dengan yayasan ini untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

  1. Yayasan Kanker Wisnu Wardhana

Yayasan yang bergerak pada bidang sosial, yang fokus pada penyakit kanker. Banyak kegiatan yang dilakukan baik memberikan edukasi atau pertololongan kepada para pengidap kanker. Kegiatan yang dilakukan juga beragam, salah satu hal terbaru dari yayasan ini adalah museum kanker. Museum ini diharapkan dapat dijadikan sarana edukasi untuk masyarakat dalam mengenal penyakit kanker.

  1. Rumah sakit Dr. Oen

Yayasan yang bergerak dibidang kesehatan dan sudah dikenal oleh masyarakat. Salah satu rumah sakit yang terkenal dengan fasilitas yang memadai di kota Surakarta.

Pelayanan yang diberikan baik berdasarkan beberapa ulasan seseorang yang telah merasakan jasa dari perusahaan tersebut. Bahkan pada kelas terendah sekali pun fasilitasnya lengkap. Memang biaya di rumah sakit ini lebih mahal dibanding rumah sakit umum.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa yayasan ang dijalankan memiliki fokus yang berbeda-beda tergantung pada masing-masing pendiri perusahaan hal ini tentusaja berkaitan dengan tujuan didirikannya suatu yayasan.

Apabila yayasan yang didirikan berupa yayasan pendidikan maka akan membentuk suatu lembaga pendidikan atas nama yayasan pada jenjang pendidikan tertentu baik bersifat formal atau non formal, begitupula ketika bergerak pada bidang agama, sosial, dan kesehatan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh yayasan pendidikan, sosial, agama, dan kesehatan yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *