Contoh Ekonomi Mikro dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Permasalahan Ekonomi Mikro

Secara garis besar dalam kegiatan ekonomi bisa dibedakan menjadi dua cabang yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi mikro merupakan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi individu, artinya studi tentang apa yang mungkin terjadi dalam hal ini ketika individu membuat pilihan sebagai respons terhadap perubahan insentif, harga, sumber daya, dan metode produksi.

Adapun untuk pelaku ekonomi yaitu individu yang seringkali dikelompokkan ke dalam sub kelompok dalam ekonomi mikro, seperti pembeli, penjual, dan pemilik usaha. Contoh maalah ekonomi mikro termasuk strategi penganggaran pribadi, keputusan pembelian, dan pertimbangan pendapatan dan hutang, biaya peluang, permintaab dan penawaran, elastisitas harga, perilaku konsumen dan produsen, dan lain sebagainya. Masalah ekonomi mikro tersebut sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro yang dikenalpula dengan studi mikro ekonomi senantisa berhubungan dengan pilihan apa yang dibuat orang, faktor apa yang mempengaruhi pilihan dan bagaimana keputusan mempengaruhi pasar dari barang dan jasa dengan mempengaruhi harga, penawaran dan permintaan.

Adapun disisi lain, tujuan ekonomi mikro pembelajaran adalah untuk menganalisis mekanisme pasar yang menetapkan harga relatif antara barang dan jasa dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas di antara penggunaan alternatif.

Contoh Ekonomi Mikro

Adapun untuk contoh permasalahan yang berkaitan dengan ekonomi mikro di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Pernikahan

Pasangan yang baru menikah sedang merencanakan anggaran untuk membeli rumah pertama mereka. Pasangan muda tersebut berunding dengan melihat keuangan mereka kemudian membuat rencana untuk menabung, serta merencanakan seberapa besar rumah yang secara realistis dapat mereka beli.

Selain itu, mereka menentukan juga ke mana mengalokasikan dana berdasarkan kebutuhan mereka, seperti tagihan dan hutang saat ini, dan memenuhi keinginan mereka seperti makan di luar atau berbelanja.

  1. Periwisata

Ketika liburan hampir tiba sebuah keluarga merencanakan liburan keluar kota. Keluarga tersebut tahu bahwa mereka harus menentukan berapa banyak uang yang harus dialokasikan untuk tujuan itu, dan apakah uang itu ada sekarang, akan ada dalam tabungan pada saat perjalanan, atau harus melakukan pinjaman.

Keluarga harus mempertimbangkan pengorbanan apa, jika ada, yang harus dilakukan agar dapat membiayai perjalanan tersebut, seperti mengurangi pembelian mainan, atau mobil baru, atau bahan makanan dan pakaian. Dengan kata lain, ekonomi mikro melibatkan pertimbangan trade-off.

Ilustrasi ini mengasumsikan sumber daya yang terbatas dan persyaratan untuk memutuskan di antara prioritas yang bersaing.

  1. Kebutuhan Hari Raya

Menjelang lebaran permintaan akan daging ayam, daging sapi, eras dan kebutuhan pokok lain mengalami lonjakan. Hal ini dikarenakan adanya suatu tradisi atau kebiasaan memakan opor ayam, ketupat atau rending pada saat lebaran. Akibatnya harga-harga bahan makanan tersebut juga ikut naik.

  1. Investasi

Seoraang individu atau perusahaan melakukan investasi. Investasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal yang merupakan komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agrearat (keseluruhan). Kegiatan di bawah ini termasuk contoh investasi diantaranaya yaitu sebagai berikut:

  1. Membeli berbagai jenis barang modal
  2. Pembelanjaan untuk membangun tempat tinggal atau bangunan lainnya
  1. Pekerjaan

Setelah lulus kuliah Yudistira mendapat tawaran pekerjaan dari dua perusahaan, yakni bekerja sebagai staff pemasaran di PT ABC dan staff keuangan di PT DEF. Selain itu, ia juga mendapat tawaran untuk melanjutkan kuliah S2.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya Yudistra memeilih bekerja di PT ABC sehingga kesempatan untuk bekerja di PT DEF dan melanjutkan studi S2 hilang. Dari contoh tersebut biaya peluang yang haus ditanggung yudistira adalah untuk bekerja di PT DEF dan melanjutkan studi S2.

  1. Pasar

Pasar merupakan temapat bertemunya permintaan dan penawaran. Seseorang yang sedang melakukan tawar menawar dipasar baik secara online ataupun offline untuk melakukan kesepakatan harga merupakan salah satu contoh ruang lingkup ekonomi mikro.

  1. Kesehatan

Untuk melindungi konsumen pemerintah menetapkan harga dasar untuk obat-obatan, hal ini dilakukan agar apotik tidak menjual obat dengan harga diatas harga puncak (tertinggi) sehingga konsumen yang membutuhkan dapat menjangkau untuk membelinya.

  1. Pertanian

Ketika musim panen menyebabkan jumlah beras berlimpah, akibatnya harga beras turun sehingga petani sangat rawan mengalami kerugian. Untuk melindungi para petani pemerintah juga melakukan regulasi mengenai harga dasar dalam menjual hasil panennya, hal ini dilakukan agar petani tidak merasa rugi dalam menjual hasil panennya.

  1. Pemerintah

Harga BBM (Bahan Bakar Mintak) yang semakin naik berdampak pada menurunnya penghasilan sopir angkutan umum, disisi lain harga beras meningkat. Sehingga dalam hal ini perlu adanya campur tangan pemerintah untuk menstabilkan harga.

  1. Perusahaan

Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan hak istimewa atau lisensi dari pemerintah serta memiliki penguasaan atas barang mentah cenderung akan melakukan monopoli dalam pasar. Adanya kelebihan-kelebihan yang dimiliki perusahaan tersebut menjadikan perusahan lain susah untuk memasuki pasar.

Perusahaan yang melakukan monopoli tersebut cenderung akan bermain-main dengan harga. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemerintah membuat perauturan guna menciptakan iklim bisnis yang sehat.

  1. Impor

Akibat gagal panen menjadikan pasokan beras rendah sehingga harga beras menjadi tinggi. Hal itu mengakibatkan meningkatnya beban hidup masyarakat khususnya bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. Untuk mengatasi hal itu, maka pemerintah melakukan program impor beras untuk bebebrapa perusahaan swasta nasional maupun asing.

  1. Distribusi

Distribusi yang panjang menyebabkan tingkat harga yang semakin tinggi ketika sampai di tangan kosnumen. Untuk menghindari hal tersebut maka perusahaan sebisa mungkin harus memperpendek saluran distribusi. Contoh PT. Kalbe menditribusikan produknya melalui lebih dari 100 pusat penjualan di seluruh Indonesia melalui pengecer dan grosir.

  1. Masyarakat

Pak Sarli memiliki sebidang tanah, ia sedang memikirkan pemanfaatan dari tanah tersebut apakah untuk bercocok tanam atau digunakan untuk membangun kontrakan. Keputusan tepat yang diambil Pak Sarli akan menyelesaikan masalah ekonomi dan meminimalisir timbulanya masalah baru.

  1. Kebutuhan

Beberapa pasar pertanian dapat memiliki harga yang tidak stabil seperti misalnya harga cabe .Melimpahnya pasokan cabe bisa menjadi berita buruk karena jatuhnya harga bisa menurunkan pendapatan petani cabe. Bahkan dapat menyebabkan beberapa petani cabe menjadi bangkrut.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Hikmah ingin membeli ponsel baru. Ia masih bimbang dianatara 2 merk yaitu merk A dan B sehingga ia mencari informasi lebih lanjut mengenai kedua produk tersebut melalui internet. Ia mencari spesifikasi dari masing-masing produk sehingga dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki serta apa yang dibutuhkan.

Setelah membaca berbagai review dari internet ia memutuskan untuk memilih ponsel merk B. Contoh tersebut merupakan contoh dari perilaku konsumen dalam memutusakan suatu pembelian, hal tersebut masuk dalam ruang lingkup ekonomi mikro.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh permasalahan ekonomi mikro di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *