Contoh Barang Superior dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Barang Superior

Barang diklasifikasikan berdasarkan kualitasnya dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya barang superior, inferior, dan giffen. Ketiga jenis barang tersebut memiliki kualitas yang berbeda-beda dan termasuk dalam jenis barang normal.

Sebelumnya kita telah membahas tentang barang superior dan inferior. Barang superior dan inferior memiliki peminat yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Oleh karena itulah artikel ini membahas tentang contoh barang superior.

Barang Superior

Barang superior adalah barang yang memiliki kualitas yang baik. Peminat barang adalah mereka yang memiliki pendapatan yang tinggi. Barang superior ini termasuk dalam barang type barang normal dalam teori konsumen. Teori konsumen tersebut berkaitan dengan elastisitas barang tersebut. Elastisitas barang superior ini ialah lebih dari satu.

Makna dari elastisitas tersebut ialah ketika jumlah pendapatan menurun maka akan banyak orang yang tidak mampu membeli barang tersebut. Jumlah perubahan yang terjadi sangat singnifikan. Barang ini bukan merupakan barang prioritas yang akan dibeli oleh seseorang dalam keadaan krisis. Orang akan membeli barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan untuk kebutuhan dibandingkan dengan barang-barang yang merupakan kebutuhan tersier.

Barang superior berupa barang-barang mewah yang dapat dijangkau oleh seseorang yang memiliki pendapatan yang tinggi. Ketika pendapatan seseorang naik maka akan meningkatkan keinginan untuk membeli barang superior.

Untuk mendapatka barang superior tidak mudah karena barang tersebut tidak dijual secara sembarangan dipasar atau tempat yang bersifat umum. Barang superior ini biasanya memiliki gerai khusus atau galeri untuk memamerkan produk yang dimilikinya.

Contoh Barang Superior

Contoh barang superior membut kita lebih paham produk mana saja yang menguasai pasar kalangan atas. Berikut merupakan contoh barang superior,

  1. Sepatu Nike

Sepatu olahraga yang sudah dikenal oleh banyak orang dan termasuk barang yang memiliki harga yang tinggi. Merk ini masuk kategori barang superior dan menjadi prioritas bagi para peminatnya. Orang yang memilih produk ini biasanya karena merasa nyaman dengan menggunakan produk tersebut. Perusahaan ini juga banyak terlibat dalam kegiatan olimpiade, liga, atau yang lainnya di dunia olahraga.

  1. Supreme

Barang Superior Supermie
Supreme

Salah satu brand di Amerika yang terkenal. Ciri khas dari brand ini warna produk yang cerah dan menarik perhatian. Merk ini memproduksi beberapa produk yang berkaitan dengan pakaian dan aksesoris. Produk ini memiliki nilai yang sangat tinggi dan memiliki banyak peminat. Peminat produk ini termasuk kalangan atas atau koglomerat. Orang yang memakai produk ini akan meningkatkan nilai sosial dikalangan masyarakat.

Produk ini merupakan salah satu produk yang mulai dikenal di Indonesia dan sudah banyak yang mulai melirik merk ini. Saat ini terdapat salah satu produk makanan di Indonesia yang bekerjasama dengan merk ini. Hal tersebut menimbulkan rasa penasaran pada produk sehingga meningkatkan keinginan untuk membeli pada kalangan masyarakat.

  1. Tas Channel

Tas yang sangat diminati oleh para wanita dengan segala kualitas yang ditawarkan. Ciri kahas dari produk ini ialah dapat dilihat dari lambang produk C yang saling berhadapan.  Beberapa desain tas yang limited edision membuat banyak orang yang ingin memiliki tas tersebut. Ukuran tas juga sangat beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing, mulai dari dompet, tas jinjing, tas tangan, tas dengan ukuran besar, dan lain-lain. Kita tahu tidak semua orang dapat memiliki tas ini karena harganya cukup tinggi.

  1. Guess

Brand ini juga memiliki tingkatan yang sama dengan brand channel. Ciri khas produk ini tulisan merk berwana keemasan atau silver. Peminatnya juga hampir sama dengan kualitas yang ditawarkan bermacam-macam tentu tahan lama. Bahan yang digunakan tentu saja dengan kualitas yang tinggi. Beberapa orang pada kalangan tertentu bahkan membeli sebagai barang koleksi yang digunakan sebagai pajangan di rumah. Keinginan seseorang untuk membeli produk bukan hanya kebutuhan melainkan untuk memenuhi keinginan.

  1. Motor GEDE

Motor yang sangat diminati oleh beberapa orang dengan minat yang tinggi pada dunia otomotif. Peminat motor gede pada beberapa merk motor tertentu dengan kapasitas mesin yang beragam.

Komunitas mereka akan melakukan beberapa modifikasi pada produk tersebut sehingga motor akan semakin diminati. Motor gede juga menjadi barang koleksi bagi beberapa kalangan. Semakin unik modifikasinya maka akan semakin mahal harga dari produk tersebut.

  1. Sepatu Adidas

Salah satu perusahaan di Jerman yang memproduksi sepatu dan perlengkapan olahraga lain dengan kualitas yang tinggi. Perusahaan ini menguasai beberapa negara untuk memasarkan produknya. Salah satu negara tersebut ialah Indonesia, banyak orang yang minat dengan produk ini karena sudah mempercayai kualitas produk ini berdasarkan pengalaman pengguna lain. Model yang ditawarkan produk ini juga sangat beragam mulai dari usia muda hingga tua.

  1. Iphone

Contoh Iphone Barang Superior
Iphone

Salah satu produk handphone dengan harga yang tinggi. Seseorang yang mampu membeli produk ini merupakan mereka yang memiliki tingkat penghasilan yang tinggi. Barang ini cenderung diminati oleh kalangan tertentu. Pricetise dari barang sangat tinggi. Seseorang yang menggunakan produk ini mungkin akan merasa status sosialnya akan menjadi lebih baik atau meningkat. Produk ini juga memiliki keamanan tingkat tinggi sehingga membuat nyaman para penggunanya.

Sistem yang digunakan juga sangat berbeda dengan produk yang menggunakan operasi sistem android. Ciri khas dari produk ini membuat banyak orang merasa nyaman menggunakan produk ini dengan segala fitur yang ditawarkan.

  1. Samsung

Produk yang memiliki teknologi canggih yang dapat memberikan kepuasan tersendiri untuk pemakainya. Orang yang menggunakan produk ini merasa lebih puas. Seseorang akan membeli produk ini ketika dirasa pendapatan yang miliki mencapai titik yang dapat menjangkau untuk pembelian barang ini. Ketika pendapatan seseorang naik maka akan membeli produk ini dengan kualitas yang baik. Produk ini menyediakan beberapa tipe yang sesuai dengan kebutuhan.

Produk ini menggunaka operasi sistem dengan jenis android. Salah satu operasi sistem yang digunakan secara masal oleh produk dengan kualitas yang tinggi hingga rendah dengan kemasan brand yang berbeda. Khusus brand ini memang terkenal dengan harga yang cukup tinggi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

  1. Mobil Lamborghini

Mobil mewah yang diproduksi di Italia dengan peminat yang cukup banyak kalangan atas. Pengusaha dengan jumlah kekayaan yang banyak memiliki mobil ini untuk kepentingan meningkatkan status sosialnya. Memiliki brand mobil ini dipandang dapat meningkatkan status sosial yang dimiliki.

Mobil ini merupakan jenis mobil yang cocok untuk melaju dengan kecepatan tinggi dengan kapasitas tempat duduk yang terbatas.

  1. Mobil Ferrari

Barang dengan harga yang tinggi seperti mobil ini akan cenderung diminati ketika seseorang memiliki tingkat pendapatan yang cukup tinggi. Semakin tinggi pendapatan maka semakin banyak orang yang memiliki keinginan untuk membeli mobil ini. Ketika pendapatan masih rendah tidak mungkin seseorang dapat menjangkau barang ini. Bahkan mungkin tidak memiliki keiginan untuk membeli produk ini. Mobil ini juga sudah cukup dikenal sejak dahulu.

Mobil ini termasuk dalam jenis mobil sport dengan tampilan yang sangat indah. Ciri khas mobil ini ialah bagian atap mobil yang dapat terbuka dan tertutup degan segala kemewahan yang ditawarkan. Mobil ini memiliki rentang kecepatan yang cukup tinggi. mobil ferrari dengan umur yang cukup tua masih memiliki peminat yang tinggi melihat desain produk yang unik.

Ciri barang Superior

Kita dapat lebih mudah mengenali produk ini dengan beberapa ciri diantaranya,

  1. Harga mahal, harga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.
  2. Brand terkenal, banyak dikalangan masyarakat.
  3. Tidak tersedia di pasar, barang biasa dijual di galeri produk atau gerai-gerai khusus.
  4. Dimiliki untuk dikoleksi, seseorang membeli produk tidak hanya untuk digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.
  5. Hanya dapat dimiliki oleh kalangan tertentu, harga yang mahal dan sulit didapatkan membuat tidak semua kalangan dapat memiliki produk tersebut.

Penjelasan tentang contoh barang superior ini dapat menambah pengetahuan kita dengan barang-barang yang telah disebutkan. Masyarakat yang dapat menjangkau hanya kalangan atas. Kalangan menengah kebawah tidak dapat mencapainya melihat harga yang ditawarkan begitu tinggi. kadang orang yang membeli barang ini bukan karena membutuhkan melainkan untuk meningkatkan status sosial yang dimilikinya.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh barang superior yang ada dalam kehidupan sehari-hari, ciri, dan penjelasan lengkapnya. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian semua.

Daftar Pustaka
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Barang_Superior
  • https://id.scribd.com/doc/125990876/Barang_Superior
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *