Pengertian Perusahaan Dagang, Ciri, Bentuk, dan Contohnya

Diposting pada

Perusahaan Dagang Adalah

Perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia dibagi menjadi dua jenis yaitu perusahaan dagang dan jasa. Ketika kita mendengar perusahaan dagang maka kita akan berfikir tentang barang yang dijual oleh seseorang, sementara jasa dapat berupa servis yang kita rasakan. Kali ini kita akan membahas tentang perusahaan dagang.

Perusahaan dagang merupakan suatu perusahaan yang menyediakan barang tertentu dengan tujuan memenuhi permintaan konsumen. Dimana untuk permintaan tersebut kemudian diimbangi dengan penawaran dari pedagang. Perusahaan dagang dapat menentukan sendiri jumlah barang yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Oleh karena itulah, ketak perusahaan dagang yang strategis membuat seseorang mudah dalam mencari suatu barang yang dibutuhkan.

Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang bisa dikatakan sebagai perusahaan yang menjual barang dagang dari pemasok kemudian disimpan. Ketika sudah tiba waktunya maka akan dijual tanpa mengubah bentuk barang tersebut. Perusahaan dagang biasanya memiliki persediaan barang yang ada di gudang penyimpanan.

Perusahaan dagang ini sendiri tidak melakukan produksi akan barang yang dijual. Perusahaan dagang hanya mengambil peran untuk menjual semua barang yang ada dan tidak melakukan produksi apapun. Barang yang akan dijual disimpan dalam gudang terlebih dahulu sebelum dijual langsung kepada konsumen.

Disisi lainnya, perusahaan dagang merupakan perusahaan yang bersentuhan langsung dengan pembeli. Perusahaan dagang memiliki peran penting dalam memasarkan produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan produksi.

Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah bagian daripada jenis usaha yang menjual produk dari para pemasok yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Ddefinisi yang lebih tepat perusahaan dagang ialah perusahaan yang memiliki kegiatan utama berupa pembelian produk tertentu tanpa mengubah bentuk produk kemudian menjual prosuk tersebut.

Perusahaan dagang dalam prakteknya memiliki pencatatan tersendiri dalam pencatatan akuntansi. Akun yang ada didalam perusahaan dagang lebih banyak dibanging dengan perusahaan jasa. Hal tersebut disebabkan adanya ranti pasok dalam perusahaan dagang. Ketika menghitung persediaan barang juga memiliki beberapa jenis.

Pencatatan persediaan barang dagang dalam perusahaan dangan memiliki beberpa cara yaitu dengan cara sistem pencataan persediaan secara periodik dan perpetual. Pencatatan barang dagang secara periodik ialah penyesuaian barang dagang secara menyeluruh pada setiap periode. Sistem persediaan secara prepatual ialah pencatatan persediaan secara berkala dan ketika ingin mengetahui jumlah persediaan kita dapat melihat secara langsung data persediaan terbaru.

Pengertian Perusahaan Dagang Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa definisi perusahaan dagang menurut para ahli, antara lain;

  1. Molengraff, Perusahaan dagang ialah suatu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan penghasilan dengan memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang, atau mengadakan kerjasama dengan pihak lain mengenai pengadaan barang pesediaan pada kantor tersebut.
  2. Abdul Kadir Muhammad, Perusahaan dagang adalah suatu badan usaha yang mengacu pada badan hukum dan perbuatan suatu usaha untuk menjalakan segala bentuk usahanya. Perusahaan merupakan tempat untuk melakukan kegiatan produksi dan berkumpulnya segala hal yang berkaitan dengan semua faktor produksi.
  3. Kansil, Pengertian perusahaan dagang adalah badan usaha yang menjalankan setiap usahanya yang bersifat tetap, bersifat terus menerus, dan sengaja untuk didirikan. Dalam pelaksanaanya pekerjaan yang berkedudukan tertentu dalam wilayah negera Indonesia untuk memperoleh keuntungan atau laba.

Ciri Perusahaan Dagang

Sejatinya, kita dapat meilihat beberapa ciri perusahaan dagang sebagai berikut;

  1. Produk yang diperjualbelikan berbentuk barang, perusahaan ini menjual berbagai bentuk barang yang dapat dipegang, dilihat, dirasakan, dan memiliki wujud tertentu. Barang yang dijual nampak apabila dilihat dari segi wujud.
  2. Tidak ada perubahan bentuk dan sikap dari produk yang dijual, barang yang dijual memiliki bentuk yang tetap dari perusahaan yang memasok barang kepada perusahaan dagang berupa barang jadi yang siap untuk dijual.
  3. Penghitungan laba yang harus menanggung beban yang ada, jumlah beban yang terdapat dalam perusahaan dagang lebih banyak dibanding perusahaan jasa sehingga perusahaan harus mau dan mampu menanggung beban tersebiut.
  4. Perantara antara konsumen dan produsen,perusahaan dagang memiliki peraan untuk menyalurkan segala jenis hasil produksi kepada pembeli atau konsumen akhir dari barang tersebut.

Bentuk Perusahaan Dagang

Apabila kita ingin mengetahui bentuk perusahaan dagang untuk orang awam tidak memahami menegani bentuk perusahaan ini. Agar kita memiliki pemahaman yang komplit maka kita akan memahami tentang bentuk perusahaan. Bentuk perusahaan dibedakan menadi dua yaitu perusahaan dagang berdasarkan produk yang diperdayakan dan macam konsumen yang terlibat.

Berikut penjelasan beberapa bentuk perusahaan dangang, yaitu;

  1. Berdasarkan produk yang diperdayakan

Antara lain;

  1. Perusahaan dagang barang produksi, perusahaan yang menjual barang setengah jadi kepada konsumen kemudian konsumen akan mengolah kembali produk tersebut. Konsumen biasanya membeli dalam jumlah yang besar.
  2. Perusahaan dagang barang jadi, perusahaan yang menjual suatu produk yang siap untuk dikonsumsi atau dinikmati. Perusahaan tersebut menjual segala hal yang dapat dinikmati secara langsung oleh pembeli.
  1. Berdasarkan macam konsumen yang terlibat

Antara lain;

  1. Perusahaaan dagang besar, perusahaan yang menjual barang jadi atau barang produksi dalam jumlah yang besar. Penjualan tidak dilakukan perunit melainkan dalam jumlah yang besar. Perusahaan ini biasanya dijadikan salah satu pemasok dari perusahaan kecil dalam suatu daerah.
  2. Perusahaan dagang perantara, perusahaan yang berperan menyalurkan barang secara langsung kepada konsumen. Perusahaan menyediakan barang yang dicari oleh pembeli namun perusahaan tersebut bukan pemilik asli dari produk tersebut. Perusahaan ini hanya melakukan penawaran kepada konsumen.
  3. Perusahaan dagang pengecer, perusahaan yang menjual barang dangang kepada konsumen dengan jumlah yang kecil. Perusahaan biasanya menjual dalam satuan unit atau per biji. Jumlah persediaan dagang yang dimiliki cukup banyak sehingga dibutuhkan tempat untuk menawarkan produk tersebut.

Contoh Perusahaan Dagang

Adapun untuk beberapa contoh perusahaan dagang yang ada di masyarakat dan mudah ditemukan untuk kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Alfamart

Alfamart merupakan salah satu jenis perusahaan yang menyedikan barang secara eceran. Jenis barang yang ditawarkan memiliki jumlah yang banyak dan dapat dapat dilihat langsung oleh pemebeli. Alfamart biasanya melakukan display dengan ketentuan tertetu berdasarkan standar operasional perusahaan.

Alfamart dalam kegiatan penjualannya memiliki ciri khas tersendiri dalam melayani pembeli. Perusahaan ini juga melakukan segala kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan dagang, mulai dari membeli pasokan, menyimpan barang, menjual barang, hingga pembuatan laporan keuangan perusahaan.

  1. Toko Sembako

Toko yang menyediakan barang berupa kebutuhan pokok atau kebutuhan prime dari masyarakat. Kebutuhan yang dimaksud ialah kebutuhan untuk konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Barang yang disediakan berupa beras, gula, minyak, tepung, dan lain-lain yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

  1. Toko peralatan alat tulis

Toko yang menyediakan peralatan sekolah bagi para pelajar. Alat tulis yang dijual secara eceran dan memiliki jenis yang banyak. Perusahaan ini hanya fokus pada produk yang dibutuhkan oleh anak sekolah. Perusahaan ini juga melakukan segala kegiatan yang ada dalam perusahaan dagang.

  1. Toko elektronik

Toko yang menyediakan segala jenis alat elektronik yang banyak diminati oleh ibu rumah tangga atau yang lain. Toko elektronik biasanya menyediakan segala jenis barang elektronik yang berupa TV, kompor listrik, penanak nasi, dan lain-lain yang berkaitan dengan produk elektronik.

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa ciri perusahaan dagang ialah perusahaan tersebut menjual barang yang dapat kita lihat dengan mata. Barang tersebut juga dapat kita pegang serta terdapat wujud nyatanya. Bentuk barang dapat berupa perusahaan besar atau retail tergantung jenis barang yang akan dijual. Perusahaan dapat menentukan fokus penjualan dari barang dagang yang dimiliki.

Adapun contoh perusahaan dagang yang mungkin kita temui ialah alfamart, indomart, grosiran, dan lain-lain. Beberapa contoh itu merupakan contoh nyata yang berkaitan dengan perusahaan dagang. Perusahaan dagang memiliki fungsi utama untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Dimana dalam kegitan yang dilakukan oleh perusahaan dagang ialah untuk memperoleh keuntungan dari produk yang dijual.

Namun yang pastinya. Dalam bahasa ekonomi biasa kita sebur sebagai laba. Laba tersebut diperoleh dari selisih antara harga jual dengan beban, harga barang, dan lain-lain yang berkaitan dengan proses pengambilan barang hingga penjualan barang. Perusahaan dagang apsti berkaitan dengan barang yang nampak kita lihat. Kita perlu mengenali jenis perusahaan apa yang kita temui saat jalan-jalan atau sedang berpergian.

Maka, demikian yang bisa kami utarakan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian perusahaan dagang menurut para ahli, ciri, bentuk, dan contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan pemahaman yang mampu membuka wawasan.

Daftar Pustaka
  • Lubis, R. H dan Dewi, R.S. 2017. Pengantar Akuntansi 2 Perusahaan Dagang. Bandung: Citra Aditya Bakti.
  • Somantri, H.2015 . Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk SMK/MAK Kelas XII Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Keuangan. Bandung: Armico.
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.