Pengertian Barang Setengah Jadi, Ciri, dan Contohnya

Posted on

Ketika kita memproduksi suatu barang yang bermanfaat pasti melalui beberapa tahap. Tahap tersebut dimulai dari pengolahan bahan baku atau barang mentah. Barang mentah tersebut kemudian diolah menjadi barang yang diinginkan atau menyesuaikan kapasitas pabrik. Hasil produksi pabrik dapat berupa barang jadi dan barang setengah jadi. Hasil produksi tersebut kemudian akan diolah kembali oleh pihak selanjutnya. Macam-macam barang menurut prosesnya dibedakan menjadi tiga jenis sesuai dengan tahapanya. Kali ini kita akan membahas tentang barang setengah jadi.

Barang sendiri menurut KBBI memiliki makna muataun selain manusia atau ternak. Barang setengah jadi ialah barang yang telah melalui beberapa tahapan dalam proses produksi, namun hasil produksi tersebut belum dapat dimanfaatkan secara langsung. Barang setengah jadi harus melalui pengolahan produk pada tahap berikutnya. Proses selanjutnya dari barang setengah jadi ini bisa diperusahaan lain yang menjadi partner perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Barang Setengah Jadi

Apabila kita dapat mengambil manfaat suatu barang secara total maka barang tersebut merupakan barang jadi. Apabila kita baru menemui suatu barang yang masih tergolong hasil olahan namun belum dapat digunakan secara langsung dapat dikatakan sebagai barang setengah jadi.

Barang setengah jadi merupakan salah satu barang yang sering diekspor ke luar negeri, karena negara belum mampu memproduksi dengan baik atas bahan tersebut. Mungkin saja barang tersebut dapat di produksi menjadi bahan jadi ketika sudah dampai konsumen.

Barang setenga jadi yang paling kita ketahui dan jelas-jelas negara kita belum mampu mengolah adalah hasil dari getah karet. Negara Indonesia belum mampu mengelola hasil karet dari dalam negeri menjadi barang jadi.

Penetapan sebagai barang jadi atau barang setengah jadi merupakan persepsi orang berdasarkan keinginan menggunakan barang tersebut. Misal tepung, untuk beberapa orang merupakan barang jadi, namun ketika tepung ingin dijadikan suatu makanan maka tepung masih dapat dikatakan barang setengah jadi.

Barang setegah jadi dapat dimanfaatkan secara langsung, namun kebermanfaatnya akan lebih terasa apabila telah menjasi barang jadi. Barang jadi ini mungkin barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan tersebut dapat bersifat primer, sekunder, dan tersier hal tersebut tergantung dari bahan yang dihasilkan.

Pengertian Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah barang hasil proses dalam suatu produksi. Hasil dati tahap ini akan diolah lebih lanjut ditempat lain. Suatu perusahaan memang sengaja memproduksi barang tersebut sesuai dengan kapasitas perusahaan.

Barang setengah jadi merupakan barang hasil olahan dari suatu bahan baku, namun belum dapat kita rasakan seutuhnya manfaat atas barang hasil produksi tersebut. Barang setengah jadi ini apabila dijual belum mendapat harga yang pantas atau harga barang yang rendah.

Harga barang tersebut disesuaikan dengan kebermanfaatan dari barang tersebut. Ketika barang setengah jadi diolah lebih lanju maka akan mendapatkan penilaian atas barang dengan harga yang lebih tinggi. Tingkat harga tersebut menyesuaikan dengan kualitas produk yang dihasilkan.

Alasan suatu perusahaan membuat produk berupa bahan setengah jadi karena keterbatasan perusahaan akan mesin atau teknologi, untuk memperoleh tingkat efisiensi dan efektifitas dari proses produksi atas barang tersebut, atau memenuhi kebutuhan yang ada.

Perusahaan yang memproduksi barang setengah jadi biasanya sudah memiliki partner yang dapat menampung hasil produksi perusahaan. Permintaan partenr dapat menjadi alasan yang kaut mengapa perusahaan tersebut memproduksi barang setengah jadi. Perusahaan yang memproduksi barang setengah jadi kadang kurang diuntungkan dengan harga barang yang rendah.

Kerjasama antara perusahaan penghasil barang setengah jadi dengan perusahaan yang mengolah barang hingga menjadi barang jadi biasanya bersifat jangka panjang. Bentuk kerjasama ini diharapkan dapat memberikan keuntungan dua belah pihak dengan perjanjian tertentu yang mengikat.

Pengertian Barang Setengah Jadi Menurut Para Ahli

Definisi para ahli tentang barang setengah jadi memang tidak banyak, mungkin hanya beberapa ahli yang membahas secara detail tentang hasil proses produksi ini sehingga salah beberapa ahli menyimpulkan bahwa barang adalah suatu hasil dari proses produksi dan akan dijual kepada kosumen untuk mendapatkan nilai tambah dari barang yang dihasilkan.

Definisi tersebut yang mungkin dapat mewakili pendapat dari beberapa ahli. Pendapat tersebut tidak hanya oleh seorang ahli namun beberapa ahli yang mengkaji tentang definisi barang ini. Berdasakan pendapat tersebut dapat berkembang menjadi salah satu kriteria atau mengelompokkan yang termasuk barang jadi, setengah jadi, atau barang mentah.

Ciri Barang Setengah Jadi

Seseorang dapat mengatakan barang tersebut sebagai barang mentah, barang setengah jadi, atau barang jadi dapat diidentifikasi dari beberapa hal. Beberapa hal tersebut dapat kita sebut sebagai ciri dari barang tersebut. Berikut merupakan beberapa ciri barang setengah jadi.

  1. Memiliki harga yang rendah, Harga jual dari barang setengah jadi cenderung rendah. Penetapan harga dilihat dari kebermanfaatan produk dan jenis produk yang dapat dibuat dari bahan baku tersebut.
  2. Kualitas kurang jelas, Barang setengah jadi baisanya dipandang kurang memeiliki kualitas yang jelas apabila dilihat secara kasat mata.
  3. Belum dapat dimanfaatkan secara langsung, Barang setengah jadi merupakan barang yang belum final dalam proses produksinya sehingga belum dapat dimanfaatkan secara langsung atas barang yang telah dihasilkan. Barang tersebut dapat dimanfaatkan apabila telah diolah lebih lanjut menjadi barang yang memiliki manfaat yang banyak.

Contoh Barang Setengah Jadi

Untuk memahami lebih lanjut kita dapat melihat beberapa contoh tentang barang setengah jadi. Barang yang mungkin sering kita temui dilingkungan sekitar kita. Berikut merupakan contoh barang setengah jadi,

  1. Benang merupakan barang yang dihasilkan dari proses produksi mulai dari kapas yang dipintal sehingga mengasilkan suatu barang tersebut. Barang setengah jadi berupa benang diolah menjadi pakaian atau kain yang dapat dimanfaatkan menusia untuk melindungi diri dari panas atau dinginya udara dari lingkungan sekitar.
  2. Karet hasil dari perkebunan karet kemudian diolah menjadi karet mentah. Karet mentah belum dapat dimanfaatkan kecuali diolah menjadi barang jadi seperti ban motor, karet gelang. Atau yang lain. Hasil produksi karet tersebut baru benar-benar dapat dirasakn manfaat dari barang dan jasa.
  3. Mesin Mobil harus dirakit dengan bagian lain dari mobil agar dapat dirasakan kebermanfaatannya. Mesin merupakan salah satu bagian yang mampu mengerakkan suatu mobil atau produk lain yang menggunakan mesin.
  4. Semen dapat dijadikan sebagai campuran bahan bangunan. Semen tidak dapat berdiri sendiri harus dilengkapi degan material lain yang dapat membuat bagunan menjadi kokoh dan dapat ditempati. Ketika sudah menjadi bangunan yang kaut dapat kita manfaatkan untuk tempat tinggal, bisnis property, dan lain-lain.
  5. Tepung sebuah produk hasil produksi dari suatu bahan alami yang dapat kita olah menjadi berbagai jenis makanan. Hasil olahan dari tepung memiliki jenis yang banyak. Kita dapat mengatakan tepung sebagai bahan setengah jadi karena barang tersebut memang masih dapat diolah menjadi berbagai jenis hasil olahan.
  6. Pasir, hasil tambang ini belum dapat digunakan secara langsung dan digunakan oleh manusia. Pasir memiliki peran yang penting untuk mendirikan suatu bagunan. Pasir dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran konstruksi bangunan yang kuat.
  7. Kayu, bahan mentah dari kayu merupakan podoh. Suatu pohon dapat dipotong kemudian masuk dalam suatu proses mulai dari penebangan, memisahkan daun dengan batang, dan lain-lain. Proses tersebut yang membuat kayu dapat dikatakan sebagai barang setengah jadi.

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatakan bahwasanya suatu perusahaan yang menghasilkan barang setengah jadi memang berdasarkan kemampuan dari perusahaan. Perusahaan hanya mampu memproduksi barang tersebut. Tindak lanjut dari barang tersebut dapat dilakukan di perusahaan lain atau bahkan perorangan. Barang dapat dimanfaatkan secara penuh apabila barang tersebut telah menjadi barang jadi.

Sehingga sampai saat ini barang setengah jadi dapat kita lihat dari dalam kehidupan sehari-hari. Itulah materi pengertian barang setengah jadi menurut para ahli, ciri, dan contohnya. Semoga memberikan wawasan dan membuka pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *