Contoh Barang Mentah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Barang Mentah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Proses produksi suatu barang melalui proses yang panjang. Proses awal dimulai dengan pemanfaatan barang mentah yang ada. Dimana barang mentah merupakan bahan utama yang digunakan dalam suatu produksi. Proses produksi dari barang mentah menjadi barang setengah jadi baru diolah menjadi barang jadi.

Barang mentah yang dapat digunakan untuk produksi sangat beragam. Akan tetapi yang pasti setiap barang yang belum bisa digunakan langsung oleh konsumen dapat disebut barang mentah. Beberapa barang mentah mungkin sudah dapat digunakan namun penggunaannya belum masksimal.

Barang Mentah

Barang mentah adalah sesuatu yang pertama kali digunakan ketika ingin melakukan kegiatan produksi dalam suatu siklus tertentu. Selama proses produksi banyak elemen yang menjadi bahan tambahan agar menjadi barang yang lebih berguna dibanding sebelumnya.

Barang mentah merupakan salah satu jenis faktor-faktor produksi yang dibutuhkan dalam sebuah proses produksi. Bahan ini komponen yang penting dalam sebuah proses produksi, tanpa barang ini produksi tidak dapat berjalan karena tidak ada barang yang diolah.

Contoh Barang Mentah

Adapun untuk beberapa contoh barang mentah yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Biji gadum

Barang Mentah Biji Gandum
Biji Gandum

Salah satu bahan pokok yang digunakan untuk berbagai makanan yang tentu memiliki gizi yang tinggi dan bermanfaat.

Biji gandum banyak yang dimasak menjadi berbagai olahan makanan. Berbagai jenis roti pasti menggunakan gandum sebagai komponen utama dalam proses pembuatannya. Biji gandum bagi beberapa orang juga menjadi makanan pokok yang menyehatkan.

  1. Kayu gelondongan

Kayu merupakan bahan baku yang memiliki banyak manfaat. Manfaat utama yang dapat dirasakan ialah bahan kontruksi. Banyak bangunan rumah di desa yang mengguakan bahan utama kayu.

Kayu juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis furnitur untuk melengkapi isi sebuah rumah. Contoh, kursi, meja, almari, ubin lantai, dan lain-lain. Semua yang dihasilkan berbahan dasar kayu. Bahkan saat ini banyak hiasan dinding yang berasal dari kayu, tergantung pada kreativitas masing-masing.

  1. Beras

Makanan pokok orang Indonesia adalah beras. Beras juga dapat diolah menjadi tepung yang memiliki banyak manfaat.

Beras juga dapat diolah menjadi bubur dan nasi tentunya. Cara mengolah beras pun bermacam-macam dengan berbagai bentuk sajian. Beras juga menjadi salah satu bahan dasar untuk membuat produk kecantikan seperti masker organik. Hal ini menunjukkan manfaat beras semakin terasa.

  1. Kapas

Salah contoh bahang mentah yang menjadi barang jadi sehinga dapat dipergunakan dalam industri tekstil adalah kapas.

Kapas agar dapat dimanfaatkan diolah menjadi benang. Benang memiliki manfaat yang sangat banyak. Kapas sendiri banyak digunakan dalam produk kecantikan baik masih berbentuk kapas atau sudah diubah menjadi produk lain yang memiliki manfaat.

  1. Batang sagu

Dibeberapa daerah batang sagu digunakan bahan dasar bagunan rumahnya. Bahkan batang sagu termasuk bahan yang cukup kuat untuk membangun pondasi rumah. Fungsi lain Batang sagu adalah diambil bagian tengah batang sagu yang muda untuk dikonsumsi.

  1. Logam

Barang mentah berupa logam dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan jenis logamnya. Barang logam saat ini banyak kita temui di lingkungan kita. Logam yang paling banyak dibuat perhiasan adalah emas.

Dari biji emas diolah menjadi berbagai bentuk, bahkan ada yang dileburkan kemudian dijadikan lapisan perhiasan. Kreasi hiasan dari emas juga memiliki daya tarik tersendiri, sehingga logam emas merupakan bahan baku yang baik.

  1. Bijih besi

Bijih besi merupakan salah satu bahan baku yang digunakan untuk berbagai bentuk yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bijih besi yang telah diolah menjadi besi dapat digunakan untuk pondasi sebuah bangunan. Bentuk lain yang berbahan dasar besi ada pagar, tralis, dan lain-lain.

  1. Karet

Karet merupakan bahan baku yang banyak dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan yang dihasilkan oleh getah tanaman yang memiliki manfaat  yang sangat beragam. Pemanfaatan karet sudah banyak kita temui dikehidupan sehari-hari.

Barang yang dihasilkan atas olahan dari bahan baku karet antara lain, ban, karet gelang, semua benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan bahan baku karet. Jelas semua barang yang dihasilkan bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari.

  1. Tanah

Salah satu bahan mentah yang sudah tersedia sejak dahulu adalah tanah. Tanah merupakan bahan mentah yang dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan. Olahan dari tanah ini dapat digunakan untuk peralatan sehari-hari atau yang lainnya.

Peralatan sehari-hari yang terbuat dari tanah antara lain cobek, wajan, kuali/panci dari tanah, dan lain-lain. Kerajinan yang berasal dari tanah juga sangat beragam antara lain, pot, guci, patung, dan lain-lain. Tanah juga dapat digunakan untuk menjadi bahan membuat bangunan rumah. Barang yang jelas dibuat adalah batu bata.

  1. Tebu

Salah satu bahan yang digunakan untuk berbagai olehan. Tebu merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat gula. Gula merupakan bahan setegah jadi yang dapat digunakan untuk melengkapi berbagai olehan lainnya.

Tebu yang diolah menajadi gula juga merupakan salah satu bahan pemanis yang berbahan dasar alami. Bahan dasar lain yang menggunakan tebu ialah es tebu. Jelas tebu digunakan untuk bahan utama dalam menggolah tebu.

  1. Batu bara

Bahan bakar yang memiliki banyak manfaat. Bahan baku ini banyak digunakan untuk pembangkit listrik sebagai bahan bakar. Manfaat lain dari batu bara sangat beragam namun, untuk negara Indonesia sendiri kurang mengembangkan akan hal ini. Rata-rata hanya menggunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik.

  1. Perak

Perak memiliki potensi olahan yang sangat beragam sama halnya dengan emas. Perak yang berbentuk butiran dikumpulkan untuk berbagai jenis produk. Produk yang paling banyak menggunakan perak merupakan perhiasan.

  1. Air

Salah satu sumber kehidupan yang harus ada di sekitar kita adalah air. Semua orang membutuhkan air, air tanpa diolah sudah memiliki manfaat. Bahkan setiap olahan membutuhkan air yang digunakan dalam proses pembuatannya atau bahan utama dari produk yang dihasilkan. Produk yang dihasilkan juga sangat beragam tergantung pada keinginan orang yang ingin melakukan produksi.

  1. Minyak mentah

Minyak merupakan hal yang paling bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Minyak mentah ini terpisah menjadi beberapa jenis dan kemudian di olah. Manfaat penggunaan minyak sangat beragam. Minyak yang jelas berasal dari dalam bumi merupakan minyak tanah, yang saat ini sudah sulit di temukan di Indonesia.

  1. Aluminium

Salah satu bahan yang paling mudah untuk diolah dan dibentuk. Tentu saja didukung dengan harga yang terjangkau.

Bahkan saat ini alumunium sudah mulai digunakan untuk beberapa kerangka rumah. Aluminium juga banyak digunakan untuk peralatan dapur beberapa contoh produk yang dihasilkan antara lain, panci, wajan, dan peralatan masak lainnya.

  1. Tembakau

Barang Mentah Tembakau
Tembakau

Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Manfaat tembakau yang sudah jelas dirasakan sejak dahulu adalah untuk bahan baku rokok. Tembakau juga dapat dimanfaatkan untuk obat untuk sebagian hama yang ada di sawah. Saat ini tembakau mulai banyak dimanfaatkan untuk pengusir hama yang organik dibeberapa daerah.

  1. Tembaga

Tembaga yang banyak digunakan untuk membuat kabel dengan berbagai ukuran. Kabel saat ini masih banyak berguna untuk menyalurkan listrik. Memang hingga saat ini belum ada pengganti pengantar listrik yang banyak dugunakan seperti tembaga.

  1. Rotan

Salah satu hasil hutan yang dapat digunakn untuk berbagai jenis kejarinan. Rutan dapat dimanfaatkan mulai dari batang hingga akar. Manfaat yang sangat beragam membuat banyak orang tertarik menggunakan dan di kreasikan dengan berbagai bentuk.

  1. Timah

Barang Mentah Timah
Timah

Salah satu hasil dari barang tambang yang memiliki manfaat beragam ialah timah. Negara Indonesia memang belum memanfaatkan secara menyeluruh bahan baku ini, bahkan dapat dikatakan belum memiliki teknologi untuk mengolah bahan ini.

  1. Plastik

Salah satu bahan baku yang berasal dari jenis unsur bahan kimia yang banyak digunakan untuk memproduksi berbagai bentuk produk. Bahkan manusia saat ini tidak dapat terlepas dari bahan yang berasal dari plastik, meski demikian plastik yang menjadi limbah tergolong berbahaya bagi lingkungan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa serangkaian proses produksi diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan barang serta menghasilkan olehan yang memiliki daya guna yang tinggi. Barang olahan biasanya dipadukan dengan berbagai jenis bahan mentah lainya.

Barang mentah yang berkualitas akan menghasilkan barang jadi yang berkualitas pula. Semua jenis barang tergantung pada bahan yang digunakan ditambah dengan proses produksi barang. Semakin sedikit tingkat kesalahan yang dilakukan maka hasil produksi diharapkan semakin baik.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan bergam contoh barang mentah yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *