Contoh Devisa Yang ada di Indonesia

Diposting pada

Contoh Devisa Negara Indonesia

Perlu anda pahami, bahwa kondisi cadangan devisa Indonesia pada akhir bulan November sekitar angka US$ 133,6 miliar. Dimana cadangan devisa ini mengalami penurunan dibanding dengan bulan sebelumnya. Penurunan disebabkan adanya pengeluaran pemerintah untuk membayar utang luar negeri.

Atas penjelasan singkat tersebutlah, perubahan devisa sejatinya dapat terjadi sewaktu-waktu tergantung pada kebutuhan suatu negara. Misalnya ketika pereknoomian dalam kegiatan ekonomi lesuh mungkin cadangan devisa yang dimiliki oleh negara akan semakin rendah. Hal tersebut disebabkan tidak adanya pemasukkan yang menambah jumlah devisa suatu negara.

Devisa

Devisa adalah alat yang digunakan untuk transaksi luar negeri. Dimana jenis alat ini sangat beragam bukan hanya mata uang melainkan jenis lainnya juga. Mata uang merupakan salah satu jenis devisa yang gampang dihitung serta banyak orang di Indonesia ini menggunakannya baik dalam satuan hitung dan alat pembayaran.

Oleh karena itulah pembiayaan atau transaksi luar negeri menggunakan devisa untuk keberlangsungan suatu negara. Banyak pihak yang memberikan sumbangan devisa, salah satunya ialah pekerja luar negeri. Pekerja luar negeri dapat berperan sebagai tenaga rendahan atau tenaga ahli pada bidang tertentu. Bahkan untuk di Indonesia ada gimick bahwa TKI merupakan pahlawan devisa.

Contoh Devisa

Adapun untuk contoh devisa yang berlaku di Indonesia. Misalnya saja;

  1. Mata Uang

Contoh riil devisa yang disimpan oleh pemerintah berupa mata uang. Berbagai jenis mata uang yang dimiliki oleh negara menjadi kekuatan tersendiri bagi negara. Ketika negara tidak memiliki mata uang lur negeri maka akan merasa kesulitan untuk melakukan transaksi luar negeri.

  1. Saham

Surat berharga yang dapat dimiliki oleh negara pada ranah internasional adalah saham. Kepemilikan saham atas sebuah proyek tertentu atau sebauh kerjasama taraf internasional dapat menjadi sumber devisa berupa surat berharga.

Deviden yang didapatkan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan negara diberbagai sektor yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat.

  1. Obligasi

Salah satu jenis surat berharga yang memiliki oleh suatu negara yang bertindak sebagai investor atas sebuah proyek tertentu. Bahkan dapat melakukan pengembangan usaha berupa investasi langsung pada suatu negara agar pendapatan dapat meningkat. Tentu harus banyak pertimbangan dalam melakukan sebuah investasi.

  1. Hutang Luar Negeri

Salah satu jenis sumber devisa adalah utang luar negeri. Suatu negara yang kekurangan dana dapat memanfaatkan berbagai jenis alternatif untuk melakukan utang luar negeri. Untang luar negeri ini dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada di dalam negeri. Terutama untuk sebuah investasi yang memiliki perputaran uang yang pasti bukan untuk konsumsi.

Fungsi Devisa

Sedangkan untuk fungsi yang menjadi kegunaan devisa. Antara lain;

  1. Alat pembayaran hutang
  2. Alat transaksi perdagangan luar negeri
  3. Pembiayaan kegiatan kenegaraan
  4. Cadangan modal negara
  5. Penggerak perekonomian

Fungsi yang dijelaskan tersebut tentu memiliki peran penting pada masing-masing aspek yang ada dalam bidang ekonomi suatu negara.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa jenis devisa dan contohnya merupakan segala hal yang dapat digunakan dalam dokumen transaksi luar negeri serta diakui secara internasional. Devisa merupakan salah satu instrumen penting yang dapat digunakan oleh suatu negara dalam melakukan transaksi bertaraf internasional.

Devisa dapat menjadi andalan suatu negara ketika terjadi defisit atas transaksi kuangan yang dirancang dalam sebuah APBN.

Banyak aspek yang bergantung pada devisa dan negara akan selalu mengusahakan jumlah devisa akan stabil dan mampu menopang perekonomian suatu negara dalam keadaan darurat. Keadaan darurat tersebut tergantung pada kondisi ekonomi dan politik suatu negara.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh devisa yang saat ini berlaku di Indonesia. Semoga memberikan wawasan untuk semua kalangan yang membutuhkan referensinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *