Pengertian Pasar Modal, Ciri, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Pasar Modal Adalah

Apa kamu pernah mendengar atau membaca tentang investasi yang dilakukan oleh para pemilik modal? Mereka melakukan investasi dengan spekulasi dengan analisis yang kompleks. Pertimbangan yang matang dengan segala kemungkinan yan terjadi. Seseorang yang melakukan investasi pasti membutuhkan tempat untuk mempertemukan permintaan dan penawaran modal.

Tempat tersebut dapat kita sebut dengan pasar modal. Banyak orang yang berspekulasi dengan harapan yang tinggi pada jenis pasar ini. Ruang lingkup pasar modal biasanya berstaraf internasional dan termasuk ekonomi makro. Segala hal yang terjadi dalam pasar modal memberikan pengaruh yang besar pada suatu negara. Kita akan membahas lebih dalam agar pemahaman kita lebih mendalam tentang pasar modal ini.

Pasar Modal

Ketika mendengar tentang pasar modal apa yan kamu pikirkan? Pasti tentang surat-surat berharga yang pernah kita lihat ditelevisi atau bahkan tentang nilai rupiah dalam tingkat internasional. Pemikiran itu mungkin contoh yang mungkin akan muncul dipemikiran kita ketika mendengar kata pasar modal.

Pasar modal memiliki pengaruh yang besar dalam perekonomian dan keberjalanan suatu perusahan. Perusahaan yang dimaksud ialah perusahan yang tingkat internasional atau perusahaan multinasional yang menjual sahamnya pada pasar modal atau biasa kita sebut sebagai perusahaan terbuka.

Maksud dari perusahaan terbuka ialah siapapun yang memiliki dana atau modal diperbolehkan mengikutsertakan modalnya pada perusahaan tersebut dengan cara membeli surat berharga.Kepemilikan atas suatu perusahaan tergantung pada angka yang tertulis dalam surat berharga tersebut.

Pengertian Pasar Modal

Pasar modal adalah suatu tempat yang digunakan untuk menjual surat-surat berharga. Kepemilikan surat berharga dapat secara perorangan atau milik perusahaan. Semua orang memiliki hak yang sama untuk bergabung dan membeli produk di pasar modal.

Pasar modal juga sering disebut sebagai bursa efek. Hal tersebut sesuai dengan lembaga pasar modal yang ada di Indonesia yaitu Bursa Efek Indonesia. Perusahaan ini dijadikans sebagai pusat pasar modal Indonesia.

Kita dapat menyimpulkan bahwa pasar modal tempat untuk menjual surat berhraga seperti saham, obligasi, waran, dan lain-lain. Meskipun tidak semua orang memiliki ketertarikan untuk melakukan investasi dalam pasar modal ini semua jenis surat berharga ini cukup populer dilingkungan masyarakat.

Pengertian Pasar Modal Menurut para Ahli

Beberapa ahli mendefinisikan pasar modal dengan sudut mandang yang berbeda. Berikut merupakan beberpa pendapat para ahli tentang pasar modal yang perlu kita ketahui,

  1. UU No. 8 tahun  1995, Undang-undang tentang pasar modal tersebut mengartikan pasar modal ialah kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, penerbitan efek pada perusahanan yang go publik, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.
  2. Tjiptono Darmadja da Hendy M. Fakhruddin, Pasar modal adalah tempat untuk menjual atau membeli berbagai jenis instrumen keuangan dalam bentuk investasi jangka panjang. Wujud dari investasi jangka panjang tersebut berupa uang, saham, dan lain-lain yang berkaitan dengan produk dalam pasar modal.
  3. Fahmi dan Hadi, Pasar modal merupakan tempat untuk berbagai pihak, terutama pihak yang ingin menjual atau membeli obligasi dan saham. Transaksi yang dilakukan dalam pasar modal ini memiliki tujuan untuk menambah modal dalam perusahaan yang akan digunakan untuk mrmprtkuat perusahaannya.

Ciri Pasar Modal

Seperti pasar pada umumnya pasar ini memiliki kekhassan tersendiri yang dapat dijadiaka sebagai cirri pasar modal. Berikut merupakan ciri-ciri pasar modal yang perlu kita ketahu,

  1. Menjual surat-surat berharga, pasar modal memiliki kekhususan tersendiri yaitu menjual surat berharga dari berbagai pihak yang mengikutsertakan perusahaanya dalam bursa efek.
  2. Memberikan pemenuhan dana jangka panjang, memberikan pinjaman atau penyaluran dana kepada pihak-pihak yang membutuhkan dengan ketentuan jangka panjang yang memudahkan perusahaan untuk berkembang.
  3. Nilai investasi mengikuti pertumbuhan ekonomi, nilai investasi dapat berubah sesuai dengan keadaan perusahaan yang ikut serta dalam perusahaan tersebut. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh nilai mata uang pada taraf internasional.
  4. Transaksi tidak dapat dilakukan disembarang tempat, transaksi hanya dapat dilakukan dalam tempat tertentu untuk memberikan kenyamanan dan kerahasian atas jual beli surat berharga tersebut. Transakis dapat dilakukan pada tempat yang memiliki privasi yang tinggi misal dalam sebuah kantor perusahaan.

Jenis Pasar Modal

Pasar modal memiliki jenis yang dapat kita identifikasi tentang pasar tersebut. Berikut merupakan beberapa jenis pasar modal yang dapat kita ketahui,

Pasar Perdana

Tempat jual beli efek pada tingkat yang pokok atau orang pertama yang menjadi perantara antara perusahaan dengan pasar sekunder.

Penawaran yang dilakukan oleh sindikasi penjamin emisi dan agen penjaualan. Agen tersebut yang bertugas menyampaikan kepada pihak luar. Pasar perdana ini cenderung bersifat privasi dan tidak banyak yang terlibat didalamnya.

Pasar Sekunder

Tempat jual beli efek-efek yang telah berada di bursa efek. Siapapun memiliki hak untuk menjual atau membeli efek yang dimiliki. Para investor memiliki kebebasan untuk memiliki efek-efek yang terpajang dalam bursa efek. Jumlah kepemilikan juga tidak dibatasi pada perusahaan tertentu. Pasar ini merupakan tempat bertemunya para investor untuk menginvestasikan uangnya pada efek yang dipilih.

Thrid Market

Jual beli surat berharga yang dilakukan diluar pasar modal. Semua transaksinya sama hanya tempat melakukan transaksinya bukan dalam bursa efek. Semua transaksi dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

Fouth Market

Transaksi yang dilakukan dengan pemilik saham dengan calon pemilik saham yang baru. Transaksi ini hanya berupa pemindahan kepemilikan saham yang telah dipegang oleh pemilik sebelumnya. Jual beli saham ini dilakukan secara individu atau perusahaan yang terkait dan menjadi pemilik saham yang baru.

Tujuan Pasar Modal

Pasar modal memiliki tujuan tersendiri dalam suatu perekonomian yang tentu saja memberikan manfaat bagi orang banyak. Manfaat tersebut tentu dapat dirasakan oleh orang banyak. Berikut merupakan tujuan da[ri pasar modal,

  1. Meningkatka perekonomian masyarakat, dengan adanya pasar modal ini diharapkan dapat memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang menembutuhkan. Terutama untuk kesejahteraan masyarakat umum.
  2. Ikut serta masyarakat dalam mengembangkan suatu perusahaan, masyarakat dapat ikut serta dalam menambah modal dalam suatu perusahaan melalui investasi modal yang dilakukan. Investasi tersebut secara tidak langsung membantu perusahaan dalam mengembangkan usahanya.

Fungsi Pasar Modal

Ketika seseorang bergabung dalam suatu pasar modal maka harus memiliki orientasi tersendiri dalam menlakukan investasi tersebut. Berdasarkan orintasi tersebut dapat kita identifikasi beberapa fungsi dari keikutsertaan seseorang dalam pasar modal,

Fungsi tabungan

Seseorang dalam membeli suatu surat berharga memiliki orientasi menjadikan sebagai uang yang ditabung. Seseorang yang memiliki spekulasi tinggi akan berpikir bahwa menabung dengan memiliki surat berharga merupakan tabungan yang sangat menguntungkan dengan terus memantau tread yang ada. Ketika seseorang menabung di pasar modal maka dapat membantu para pengusaha untuk mengembangkan usahanya.

Fungsi kekayaan

Seseorang membeli surat berharga dalam pasar modal merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk menambah kekayaannya. Surat tersebut berupa surat jangka pendek dan jangka panjang. Surat-surat berharga yang digunakan untuk menimbun kekayaan ini tidak mengalami depresiasi sehingga nilai yang saat ini akan dapat digunakan pada masa yang akan datang

Fungsi likuiditas

Likuiditas pada pasar modal sangat tinggi dan tidak dipersulit. Beberapa lembaga lain mungkin agak sulit dalam pencairan dana namun untuk pasar modal merupakan salah satu perusahaan yang mampu diandalakan oleh pemiliknya.

Pergerakan investasi yang cepat dan berubah-ubah dapat dengan mudah seseorang berinvestasi atau mengambil uangnya dari pasar modal. Ketika seseorang yang ingin menukarkan surat berharganya dapat dengan mudah mendapatkan uangnya.

Fungsi Pinjaman

Pasar modal dapat dijadikan sebagai sarana pemberian pinjaman kepada masyarakat luas. Pemberian pinjaman ini dapat melalui program pemerintah yang menjadikan suarat berharga sebagai jaminan atas utang tersebut.

Ketika permarintah memberikan kesempatan tersebut dapat dipastikan dapat memperbaiki keuangan dalam masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat. Pinjaman tentu debirakan dengan persyaratan tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Contoh Pasar Modal

Lembaga yang mengurisi pasar modal merupakan lembaga yang sangat penting untuk keberlangsungan investasi dalam negeri dan luar negeri berikut beberapa contoh pasar modal yang ada di beberapa negara,

  1. Bursa Efek Indonesia
  2. NASDAQ
  3. Hongkong Stock Exchange
  4. Euronext
  5. New York Stock Exchange
  6. London Stock Exchange

Itulah bahasan yang bisa kami perjelas pada segenap pembaca dimana berkaitan dengan pengertian pasar modal menurut para ahli, ciri, jenis, tujuan, fungsi, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga memberikan uraian yang mencerdaskan.

Daftar Pustaka
  • www.bi.go.id
  • www.id.m.wikipedia.org/wiki/Pasar_modal
  • Mulyati, S. Dkk. 2009. Ekonomi dan Kehidupan untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *