Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional, Prinsip, dan Contohnya

Diposting pada

Tindakan Ekonomi Rasional Adalah

Seseorang dalam mengambil suatu tindakan kadang sesuai dengan jalan pikiran yang menguntungkan tapi kadang juga memilih jalan yang tidak kita duga sebelumnnya. Begitu pula dalam tindakan yang kaitannya dengan perekonomian. Seseorang dalam mengambil keputusan untuk kepentingan pribadi yang berkaitan dengan perekonomian ada yang sesuai dengan pemikiran secara logis namun ada juga yang berpikiran tidak logis. Pemikiran logis dan tidak logis dalam lingkup ekonomi disebut tindakan ekonomi rasional dan irasional. Kali ini kita akan membahas tentang pemikiran yang logis.

Tindakan ekonomi yang logis biasa disebut tindakan ekonomi rasional. Tindakan ekonomi rasional adalah suatu keputuasan yang diambil dalam bidang ekonomi dengan mempertimbangkan keuntungan dan merupakan pilihan yang paling baik. Prinsip dari tindakan ekonomi rasional dapat dilihat dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang. Apabila seseorang mengambil keputusan dengan pertimbangan menandakan orang tersebut mengambil keputusan secara rasional. Contoh ketika seseorang ingin membeli suatu produk yang memiliki tingkat harga yang cukup tinggi namun ia tidak memiliki uang berlebih maka ia akan memilih tidak membeli produk tersebut dengan segala pertimbangan.

Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan yang kita lakukan diniali tidak hanya dari segi adab saja melainkan juga tindakan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Manusia tidak akan bisa terlepas dari segala hal yang berkaitan dengan ekonomi.

Manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi pasti akan mengambil keputusan tertentu yang sesuai dengan keadaan dan tidak merugikan diri sendiri. Ketika seseorang telah melakukan hal tersebut berarti orang tersebut mengambil keputusan secara rasional.

Pengambilan keputusan yang rasional tidak akan menimbulkan penyesalan diakhir. Orang yang melakukan tindakan yang rasional telah mempertimbangkan banyak hal termasuk dampak yang akan timbul akibat dari tindakan yang ia lakukan.

Memperhitungkan secara matang segala tindakan yang akan dilakukan salah satu ciri bahwa ia memiliki pemikiran yang rasional. Orang yang memiliki pemikiran yang rasional akan menetapkan target yang sesuai dengan keadaan.

Tindakan yang diambil juga bukan semata-mata untuk cepat mengambil keputusan tetapi mempertimbangkan efektifitas dan efiseinsi dalam bekerja. Segala hal harus dipikirkan dengan matang agar tidak menimbulkan segala hal yang tidak diinginkan.

Ketika mengambil tindakan secara rasional mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding tindakan irasional. Kebutuhan waktu yang lebih lama ini akan menghasilkan sesuatu yang menyenangkan dari pada mengambil keputusan dengan cepat namun merasakan penyesalan yang lama dan merugikan beberapa pihak.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional adalah serangkaian keputusan yang diambil demi mendapatkan keuntungan sesuai dengan pertimbangan yang telah dilakukan. Semua keputusan bersifat masuk akal dan tidak berlebihan.

Tindakan ekonomi rasional adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu kepuasan yang maksimal. Kepuasan maksimal tersebut didapat atas pengorbanan yang telah ia lakukan. Apabila seseorang melakukan tindakan ekonomi rasional maka antar pengorbanan dan kepuasan seimbang.

Tindakan ekonomi rasional dapat dikatakan sebagai tindakan yang bertujuan menghemat pengeluaran namun mendatangkan keuntungan untuk individu tersebut. Ketika pelaksanaan tindakan juga tepat pada sasaran yang ditentukan.

Tindakan ini dirasa lebih aman dibanding tindakan irasional. Seseorang telah mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Apabila terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana awal maka dapat menemukan rencana baru dengan plan yang telah ditetapkan sejak awal.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional Menurut Para Ahli

Pemahaman mengenai definisi tindakan ekonomi terdapat seorang ahli yang menjelaskan tentang tindakan ekonomi ini. Tindakan ekonomi menurut para ahli memiliki definisi yang agak berbeda dengan definisi pada umumnya.

Evers

Pengertian tindakan ekonomi rasional merupakan suatu tindakan yang diambil berdasakan sintesis dengan tujuan untuk kepentingan ekonomi berupa akumulasi modal dapat dalam bentuk barang mentah atau uang.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa tindakan ekonomi yang dilakukan telah dipertimbangkan secara matang. Segala jenis kemungkinan telah diprediksi, sehingga tidak mengharapkan sesuatu yang terlalu tinggi atau memiliki ekspektasi berlebih.

Prinsip Tindakan Ekonomi Rasional

Prinsip tindakan ekonomi sejalan dengan prinsip ekonomi yaitu pengorbanan dengan nilai tertentu agar mendapatkan keuntungan secara maksimum. Berdasarkan prinsip ini kemudian diterapkan dalam kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi yang dimaksud ialah kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Prinsip tindakan ekonomi juga ditetapkan oleh motif yang ditetapkan oleh seseorang. Motif untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan tersebut akan dicapai dengan segala usaha yang dilakukan oleh seseorang. Motif ekonomi memiliki pengaruh yang besar dalam pengambilan keputusan.

Ciri Tindakan Ekonomi Rasional

Untuk mengidentifikasi jenis tindakan yang dilakukan oleh seseorang kita dapat melihat beberapa ciri yang mungkin dapat mempermudah kita untuk menambah pemahaman tentang tindakan rasional. Berikut beberapa ciri tindakan ekonomi rasional yang tidak merugikan baik untuk diri sendiri atau orang lain,

  1. Tindakan dilakukan secara hati-hati, tindakan yang rasional pasti akan diputuskan berdasarkan pemikiran yang matang. Segala jenis tindakan yang dilakukan berdasarkan hasil pemikiran yang logis.
  2. Menggunakan pertimbangan motif ekonomi, motif ekonomi yang berorientasi pada keuntungan sangat perlu dilakukan agar apa yang kita butuhkan dapat terpenuhi melalui tindakan-tindakan yang kita lakukan.
  3. Mengharapkan hasil berdasarkan tindakan ekonomi yang telah dilakukan, tindakan yang diambil secara rasional berarti kemungkinan mendapatkan keuntungan lebih besar. Ekspektasi akan keuntungan juga tidak terlalu tinggi sesuai dengan hal-hal yang diusahakan.
  4. Kepuasan secara maksimum akan dirasakan ketika telah melakukan pengorbanan dalam jumlah tertentu, pengorbanan yang tepat maka akan menghasilkan sesuatu yang maksimum. Hasil tersebut dapat dimanfaatkan hal lain yang memiliki manfaat dan tidak berlawanan dengn logika manusia.

Contoh Tindakan Ekonomi Rasional

Pemahaman  yang lebih mendalam mengenai tindakan rasional kami memberikan beberapa contoh yang mungkin dapat kita temui di kehidupan sehari-hari. Beberapa kejadian yang mungkin pernah kita temui. Kita dapat menilai tindakan tersebut termasuk tindakan rasional atau irasional. Berikut merupakan beberapa contoh tindakan rasional yang mungkin pernah kita lihat,

Kegiatan produksi

Salma memiliki sebuah toko baju yang cukup dikenal oleh kalangan remaja. Barang yang dijual kualitasnya tidak terlalu bagus tapi memiliki kualitas yang cukup bagus. Sasaran utama dari toko ini adalah para mahasiswa. Harga yang terjangkau dengan model terbaru membuat toko ini selalu ramai.

Ketika menjelang masa semester baru maka Salma akan menyediakan lebih banyak baju. Salma mengetahui kecenderungan mahasiswa membeli baju ketika awal semester. Berbagai pertimbangan yang ia pikirkan kemudian ditindaklanjuti dengan suatu tindakan. Tindakan tersebut menghasilkan keuntungan yang cukup besar karena menggunakan prediksi yang tepat.

Kegiata distribusi

Penggunaan kontainer dalam mengirimkan produk sepeda motor menuju showroom di seluruh kota yang ada di Indonesia dirasa lebih praktis dari pada jasa pengiriman yang lain. Pemilihan tersebut juga belajar dari pengalama yang ada.

Tindakan tersebut tidak akan menimbulkan resiko yang besar karena jasa distribusi telah memiliki jaminan. Jaminan tersebut membuat seseorang yakin menggunakan jasa yang ditawarkan tanpa merasa takut menanggung kerugian yang besar.

Kegiatan konsumsi

Sandra ingin membeli sebuah jam tangan saat itu ia memiliki uang Rp. 700.000. Sandra memperkirakan keperluan selama satu bulan kedepan sebanyak 550.000, sehingga ia masih memiliki uang untuk berjaga-jaga sebanyak 150.000. Sisa uang jaga-jaga tersebut digunakan Sandra untuk membeli jam dengan harga 75.000. Sisa uang disimpan untuk kepentingan lain.

Tindakan yang diambil oleh Sandra merupakan salah satu contoh tindakan rasional yang dapat diambil, sehingga kita tidak merasa dirugikan akan hal tersebut. Ia telah memperhitungkan dengan baik segala hal yang akan terjadi akibat tindaka yang dilakukan.

Berdasarkan pemaparan mengenai tindakan rasional diharapkan kita dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak menimbulkan suatu penyesalan dalam tindakan yang kita lakukan.

Tindakan ekonomi rasional sangat dibutuhkan bagi manusia agar ketika memutuskan segala hal tidak asal-asalan melainkan memikirkan dampak yang ditimbulkan. Orang yang terbiasan berpikir rasional maka dalam melakukan kegiatan apapun tidak merasa tergesa-gesa dan asal memutuskan. Orang tersebut akan memiliki banyak pertimbangan terkait apa yang akan terjadi kedepannya.

Demikianlah tadi serangkain penjelasan dan pengulasan yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian tindakan ekonomi rasional menurut para ahli, prinsip, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga ulasan ini bermanfaat, trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *