Contoh Barang Bebas Yang Mudah Ditemukan dalam Keseharian

Diposting pada

Barang Ekonomi Bebas

Pada hakekatnya berbagai jenis barang dan jasa akan senantisa dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia. Hal ini wajar mengingat semua barang yang dapat digunakan untuk manusia bertahan hidup. Barang yang paling mudah didapatkan ialah barang bebas. Barang ini tidak memerlukan perngorbanan yang tinggi.

Meski demikian, untuk barang yang paling sering memenuhi kebutuhan manusia adalah barang ekonomi. Barang ini berupa barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Segala jenis barang yang paling penting adalah dapat memenuhi kebutuhan dan dapat dijangkau oleh lapisan masyarakat mana pun. Oleh karena itulah dapat dikatakan bahwa barang ekonomi yang harus dibeli dengan uang. Barang bebas yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang membutuhkan tanpa harus membeli.

Barang Bebas

Barang bebas adalah jenis barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, dimana untuk serangkaian pemenuhan kebutuhan ini tidak perlu pengorbanan untuk mendapatkannya. Disisi lain biasanya barang bebas memiliki jumlah yang banyak sehingga tidak ada persaingan dalam mendapatkan barang yang ada di lingkungan tersebut.

Contoh Barang Bebas

Adapun untuk contoh yang termasuk dalam barang bebas. Antara lain;

  1. Mata air

Sumber air yang tidak dikelola oleh siapapun dan secara alami muncu di alam merupakan barang bebas. Siapapun boleh memanfaatkan air ini tanpa harus membeli air tersebut. Hal ini akan berbeda apabila sebuah mata air telah dikelola oleh pihak tertentu.

Artinya, apabila air dijual dalam bentuk kemasan maka akan berubah menjadi barang ekonomi yang memiliki daya jual. Adapun untuk contoh barang bebas menjadi barang ekonomi dalam hal ini misalnya saja kemasan dalam produk Aqua yang notebene memanfaatkan sumber mata air untuk dijadikan produk air mineral.

  1. Sinar matahari

Sumber daya yang tetap ada di bumi adalah matahari. Orang yang ingin memanfaatkan sinar matahari tidak perlu membeli tetapi tinggal menggunakan saja. Sumber daya sinar matahari dapat dimanfaatkan oleh siapa pun. Untuk memanfaatkan sumber daya sinar matahari dapat dimanfaatkan tanpa membayar.

  1. Oksigen

Manusia bernafas menggunakan oksigen untuk keberlangsungan hidup manusia. Oksigen selalu tersedia di alam dan siapapun boleh memanfaatkan oksigen. Orang yang ingin menghirup oksigen yang ada di alam tidak perlu membayar apapun.

Selama seseorang masih hidup dan tidak dalam keadaan sakit maka dapat memanfaatkan oksigen sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  1. Air laut

Air laut yang belum dimanfaatkan menjadi apapun dapat diambil oleh siapapun. Air laut akan selalu tersedia di laut bagi siapapun yang ingin menggunakan tinggal mengambil dari laut. Air laut juga tidak dijual belikan untuk siapa pun. Barang ini merupakan barang bebas.

  1. Pasir di padang pasir

Pasir yang berada di bibir pantai dan bukan merupakan hasil tambang seseorang dapat dikatakan sebagai barang bebas. Pasir ini dapat dimanfaatkan oleh siapa pun yang ingin menggunakan. Pasir yang bukan merupakan hasil tambang dapat dimanfaat oleh orang yang mengambil pasir tersebut.

  1. Es di kutub

Bongkahan es dikutub merupakan barang yang tidak dijual belikan. Semua orang dapat mengambil bongkahan es asal tidak sampai menimbulkan kerusakan lingkungan di daerah kutub. Bongkahan es ini tidak ada yang memiliki, apabila ingin memanfaatkannya tidak perlu membeli dengan uang.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkaitan dengan contoh barang bebas dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *