Contoh Perusahaan Persekutuan yang Ada di Indonesia

Diposting pada

Contoh Perusahaan Persekutuan

Ketika membangun sebuah usaha hakekatnya dapatlah dimulai dengan modal sendiri atau dengan menggabung modal dari beberapa orang. Pembentukan usahanya dapat dalam bentuk persekutuan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu seperti firma, persekutuan komanditer, perseroan terbatas, koperasi, dan lain-lain.

Akan tetapi yang pasti perusahaan persekutuan adalah perusahaan yang dimiliki oleh lebih dari satu orang, perusahaan dapat berupa organisasi, perusahaan keluarga, dan lain-lain. Banyak bentuk perusahaan persekutuan tergantung pada keinginan masing-masing pemilik perusahaan.

Perusahaan Persekutuan

Perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang dengan mengusung satu nama dapat dikatakan sebagai perusahaan persekutuan. Perusahaan ini dapat dijalankan oleh seluruh anggota yang memiliki modal, salah satu pemilik modal, atau bahkan orang lain.

Disisi lainnya, perusahaan ini juga ketika didirikan dalam bentuk persekutuan maka modal yang dimiliki lebih besar. Besar modal tersebut dapat digunakan untuk mengembang usahanya dalam waktu yang singkat. Modal yang besar membuat seseorang berani tindakan yang lebih untuk mengembangkan usahanya.

Kepemilikan modal juga akan menentukan arah perusahaan tersebut. Perjanjian setiap pemilik dalam sebuah perusahaan berbeda-beda namun tetap sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Hal-hal yang dilakukan dalam perusahaan juga tidak akan menyalahi aturan yang berlaku.

Contoh Perusahaan Persekutuan

Adapu untuk contoh perusahaan persekutuan yang ada di Indonesia berdasarkan pada bentuknya. Antara lain;

  1. Diadora

Salah satu merk dagang yang sudah terkenal produk yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang tinggi. Peminta produk dari merk ini merupakan mereka yang ada di kalangan menengah ke atas. Perusahaan ini termasuk dalam firma, dimana pemilik modal bertanggungjawab atas seluruh proses yang ada di perusahaan. Arti firma perusahaan ini jenis firma dagang.

  1. Nike

Perusahaan yang fokus pada beberapa produk sport. Produk tersebut sudah memiliki peminat tersendiri, bahkan banyak orang yang merasa puas menggunakan produk ini. Perusahaan ini juga merupakan jenis perusahaan firma tepatnya firma dagang.

  1. Polosport

Salah satu produk yang terkenal dari Amerika.  Perusahaan ini memilik berbagai produk yang berkaitan dengan sport. Produk yang diperjualbelikan memiliki pengemar tersendiri. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan persekutuan dengan jenis firma, firma yang dimaksud adalah firma dagang.

  1. Converse

Salah satu merk yang terkenal di dunia. Produk yang sering kita temui berupa sepatu, kaos, dan lain-lain. Perusahaan ini termasuk perusahaan jenis yang memiliki sasaran para pemuda atau remaja. Produknya banyak menjadi incaran para pemuda dengan ciri desain yang simpel. Perusahaan ini termasuk perusahaan firma dagang.

  1. Manajemen

Beberapa ahli yang mendirikan usaha dengan cara bekerja sama dan memiliki kewenangan yang sama. Konsultan bidang manajemen ini termasuk dalam firma non-dagang. Masing-masing memiliki peran yang sama dengan porsi yang sama.

Fokus pelayanan jasa pada konsultasi dalam melakukan manajemen sebuah perusahaan yang bergerak pada berbagai bidang.

  1. Gudang Garam

Perusahaan Persekutuan Gudang Garam
Gudang Garam

Perusahaan yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, bahkan disetiap daerah pasti memiliki gudang penyimpanan atau bahkan pabrik yang sudah tersebar di Indonesia.

Perusahaan ini bahkan dimiliki oleh banyak orang dan kepemilikannya dapat sewaktu-waktu berubah karena termasuk perusahaan terbuka. Jumlah kepemilikan modal juga dapat berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi. Persentase kepemilikan sesuai dengan modal yang diberikan kepada perusahaan.

  1. Tunas Muda Perkasa

Perusahaan komanditer (CV) merupakan salah satu bentuk perusahaan persekutuan. Perusahaan ini bergerak pada bidang jasa yang telah ada di beberapa daerah. Perusahaan ini fokus pada jasa kebersihan gedung, rumah, dan taman. Perusahaan ini termasuk perusahaan komanditer bidang jasa.

  1. Grup bakrie

Salah satu bentuk family Group, perusahaan ini dimiliki oleh beberapa orang yang berasal dari keluarga besar dengan menggunakan nama keluarga.

Pemilik semua cabang perusahaan merupakan keluarga. Grup bakrie memiliki banyak anak perusahaan pada bidang yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan perkembangan perusahaan keluarga ini sudah sangat luas. Jenis perusahaan ini termasuk dalam perseroan terbatas tertutup.

  1. Grup salim

Perusahaan Persekutuan Grup Salim
Grup Salim

Salah satu perusahaan keluarga yang besar yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1972. Perusahaan ini sudah memiliki banyak anak perusahaan. Perusahaan ini termasuk jenis perseroan terbatas tertutup yang berbentuk family group. Semua perusahaan merupakan kepemilikan keluarga.

  1. Grup Lippo

Perusahaan perseroan terbatas tertutup, dimana semua anggota pemilik modal merupakan keluarga. Kepemilikan ini akan turun temurun dan banyak perusahaan telah dimiliki oleh grup lippo. Perusahaan yang dimiliki bergerak pada berbagai bidang terutama dibidang bisnis.

  1. Adam Air

Perusahaan penerbangan yang ada di Indonesia. Perusahaan ini tidak begitu terkenal, bahkan mungkin banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan perusahaan ini, maka dari itu perusahaan tersebut disebut perseroan terbatas kosong.

  1. Bank BRI

Salah satu bank yang sudah menjadi perusahaan persekutuan. Memang kepemilikan utama merupakan milik BUMN, namun sebagian dari saham telah dijual ke publik sehingga siapa pun bisa memiliki. Produk BRI tentu saja berkaitan dengan keuangan dan lain-lain.

  1. Astra Internasional

Perusahaan ini merupakan perusahaan terbuka yang bergerak pada bidang otomotif, terutama menyediakan suku cadang untuk kendaraan bermotooor. Perusahaan ini dalam kepemilikannya sudah dimiliki oleh orang yang mengikutsertakan modalnya.

  1. Djarum

Salah satu perusahaan yang melakukan usaha produksi rokok. Pemilik perusahaan ini bukan lagi perorangan namun terdiri dari beberapa pihak yang ikur serta menitipkan modalnya dalam bebagai bentuk seperti saham. Pembagian keuntungan juga sesuai dengan peraturan yang berlaku ditambah dengan kesepakatan bersama.

  1. Semen Indonesia

Salah satu perusahaan milik BUMN yang memproduksi semen. Semen Indonesia juga merupakan salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia. Jenis perusahaan ini merupakan perseroan terbatas terbuka. Semua orang yang memiliki uang berkesempatan ikut serta permodalan dalam usaha ini.

  1. Telekomunikasi Indonesia

Perusahaan telekomunikasi terbesar dan satu-satunya di Indonesia. Perusahaan ini termasuk dalam perseroan terbatas terbuka. Kepemilikan modalnya boleh dimiliki oleh siapa pun yang berminat menginvestasikan uangnya. Pemilik utama tetap negara, karena ini merupakan badan usaha milik negara serta saham utama masih dimiliki oleh negara.

  1. Bank Mandiri

Bank yang menjadi bukti sejarah, bahwa dahulu banyak bank yang digabung karena keadaan yang mengkhawatirkan bagi semua pengelolan bank. Kejadian ini menggambarkan adanya penggabungan dari beberapa bank dan dilebur menjadi satu bank dan mampu menyelamatkan bank tersebut.

  1. Konsultan Hukum

Salah satu firma yang bergerak pada bidang non-dagang. Perusahaan ini melayani konsultasi dibidang hukum. Beberapa perusahaan biasanya mengkhususkan pada bidang pencatatan tertentu. Misal pencatatan tanah, bantuan hukum, perlindungan hukum, dan lain-lain.

  1. Asian Biscuit

Perusahaan yang bergerak dibidang produksi makanan yang ada di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis makanan berupa roti. Perusahaan ini merupakan perusahaan terbatas. Perusahaan ini juga pernah mengalami pada masa kejayaan, namun akhir-akhir ini berdasarkan berita yang beredar terancam bangkrut atau tutup.

  1. Konsultan akuntan

Salah satu jenis perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Jenis perusahaan ini merupakan firma tepatnya firma non-dagang. Sistem yang digunakan mengacu pada ciri-ciri firma. Fokus perusahaan ini pada pelayanan jasa yang diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan bantuan dibidang akuntansi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa bentuk perusahaan ini memiliki arah yang berbeda-beda, dimana arah dalam jenis perusahaan ini sendiri juga akan menentukan perkembang dari perusahaan kedepan, sehingga semakin jelas arah yang dituju maka perusahaan dapat berkembang sesuai dengan yang diinginkan.

Disisi lainnya, untik ciri perusahaan persekutuan hak kepemilikan bersama, modal milik bersama, tanggung jawab tidak terbatas, dan besaran keuntungan tergantung kesepakatan. Berdasarkan karakteristik tersebutlah kita dapat mengidentifikasi sebuah perusahaan termasuk perusahaan persekutuan atau bukan.

Nah, demikinalah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh perusahaan persekutuan komanditer, persekutuan terbatas, koperasi, dan firma yang mudah untuk ditemukan di Indonesia. Semoga memberikan referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *