Contoh Sistem Ekonomi Pasar Bebas

Diposting pada

Contoh Sistem Ekonomi Pasar Bebas

Perekonomian yang berjalan di dunia pasti memiliki sistem yang mengaturnya. Banyak jenis sistem perekonomian yang banyak digunakan diberbagai negara. Hal ini wajar mengingat sistem perekonomian berkembang seiring dengan perkembangan kegiatan ekonomi di dunia.

Dalam hal ini misalnya saja sistem ekonomi yang sering kita temui ialah sistem ekonomi bebas, sistem ekonomi campuran, dan sistem ekonomi kapitalis. Dari sekian banyaknya negara yang menjalankan sistem pasar bebas terdapat hampir disetiap benua.

Sistem Ekonomi Pasar Bebas

Sistem ekonomi pasar bebas adalah sebuah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada masing-masing individu untuk melakukan segala tindakan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Sistem ini cenderung memberikan kebebasan dalam berinovasi dan melakukan banyak usaha.

Oleh karena itulah persaingan di negara yang menerapkan sistem ekonomi pasar bebas ini memiliki persaingan antar individu yang sangat kuat. Setiap individu memiliki keingingan yang tinggi untuk terus berinovasi dengan berbagai jenis tindakan. Pergerakan ekonomi juga sangat cepat tidak dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah.

Contoh Sistem Ekonomi Pasar Bebas

Adapun untuk contoh negara yang menjalankan sistem pasar bebas yang ada di setiap benua. Antara lain;

  1. Amerika

Salah satu benua yang memiliki banyak negara yang menerapkan sistem ekonomi pasar bebas adalah benua Amerika. Banyak negara yang menerapkan sistem ini salah satunya adalah Amerika Serikat. Kebebasan dalam melakukan tindakan dibidang ekonomi sangat terlihat jelas di Amerika Serikat.

Kebebasan dalam bidang ekonomi di lihat dari besarnya pendapatan negara dari usaha masyarakat dalam berbagai bidang. Pemerintah tidak banyak ikut campur dalam bidang ekonomi.

Sistem Pasar Bebas di Benua Amerika

Yakni;

  1. Amerika Serikat
  2. Republik Dominika
  3. Greenland
  4. Suriname
  5. Brazil
  6. Kuba
  7. Dan lain-lain.
  1. Eropa

Negara di benua Eropa banyak yang menerapkan sistem ekonomi bebas walaupun terdapat beberapa negara di Eropa yang menerapkan sistem ekonomi lainnya, dengan berbagai jenis pemerintahan. Beberapa negara yang menerapkan sistem ekonomi pasar ini melakukan persaingan yang besar. Persaingan yang dilakukan pada berbagai bidang tergantung pada bidangnya masing-masing.

Sistem Pasar Bebas di Benua Eropa

Contohnya;

  1. Negara Jerman
  2. Ukraina
  3. Irlandia
  4. Denmark
  5. Hungaria
  6. Austria
  7. Portugal
  8. Swedia
  9. Dan lain-lain
  1. Asia

Negara di Asia tidak banyak yang memilih sistem ekonomi pasar bebas. Terdapat beberapa negara yang menerapkan sistem ini. Walaupun keberhasilan negara tidak seperti negera di Eropa dan Amerika namun sistem ini tetap digunakan dibeberapa negara.

Salah satu negara di Asia yang berhasil menerapkan sistem ekonomi bebas dan berhasil menjadi negara maju ialah negara Singapura. Negara ini mampu menggunakan segala fasilitas yang ada di negara tersebut dengan cara yang inovatif.

Sistem Pasar Bebas di Benua Asia

Contohnya

  1. Negara India
  2. Hongkong
  3. Singapura di Asia Tenggara
  4. Turki
  5. Thailand
  6. Taiwan
  7. Filipina
  8. Dan lain-lain
  1. Afrika

Salah satu benua yang memiliki kondisi lingkungan yang kurang baik. Sumber daya alam di Afrika sangat terbatas. Berdasarkan keadaan ini walaupun menerapkan sistem ekonomi pasar namun tidak dapat melakukan inovasi secara maksimal.

Inovasi yang dilakukan oleh negara di Afrika tidak sebaik negara di Eropa dan Amerika. Hal ini juga banyak dipengaruhi oleh sejarah pada zaman dahulu. Kita tahu negara di benua Eropa banyak melakukan penjajahan di negara lain untuk menambah kekayaan negaranya.

Sistem Pasar Bebas di Benua Afrika

Contohnya;

  1. Ghana
  2. Kenya
  3. Tanzania
  4. Tunisia
  5. Zimbabwe
  6. Aljazair
  7. Malawi
  8. Maroko
  9. dan lain-lain

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan terkait dengan beragam contoh penerapan dalam sistem ekonomi pasar bebas yang ada di berbagai negara seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *