Pengertian Ekonomi Tertutup, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Ekonomi Tertutup Adalah

Ekonomi tertutup merupakan suatu perekonomian yang hanya fokus didalam negeri dan tidak ingin melibatkan pihak luar untuk memenuhi kebutuhannya. Ekonomi tertutup biasanya diterapkan oleh beberapa negara yang menerapkan sistem ekonomi komando. Kegiatan ekonomi yang sangat tidak ingin dipenagruhi oleh pihak lain sehingga membuat perekonomian terkesan eksklusif bahkan tidak ada pihak yang mengetahui kegiatan yang terjadi dalam negara tersebut.

Kegiatan ekonomi tertutup hingga saat ini masih diterapkan di negara Korea Utara. Negara ini sangat membatasi hubungan dengan pihak luar negeri. Khusus untuk sektor ekonomi negara ini tidak tebuka dengan negara manapun. Negara ini juga tidak tergabung dengan organisasi-organisasi internasional yang berkaitan dengan organisasi ekonomi.

Ekonomi Tertutup

Ekonomi tertutup merupakan penerenapan sistem ekonomi yang tidak melibatkan masyarakat luar negeri. Kegiatan ekonomi hanya dipengaruhi oleh segala hal yang dilakukan dalam negeri. Hubungan yang dilihat hanya dari konsumen, produsen, dan pemerintah. Masyarakat luar negeri tidak terlibat dalam sistem ini.

Ekonomi tertutup ini lebih sempit cakupannya dari pada ekonomi terbuka. Ekonomi tertutup hanya pada ruang lingkup suatu negara. Ekonomi tertutup lebih fokus pada bagaiman pendapatan, konsumsi, produksi, dan peran pemerintah dalam suatu perekonomian.

Hubungan antar pelaku ekonomi ini dapat dikatakan suatu perekonomian dalam lingkup dapat dikatakan mikro dan makro tergantung berapa sektor yang ada dalam perekonomian itu. Jumlah sektor yang terlibat semakin banyak maka menandakan bahwa ekonomi tersebut termasuk ekonomi makro.

Ekonomi tertutup ini dapat dua jenis yaitu ekonomi dua sektor dan tiga sektor. Dimana pemerintah memiliki peran dan tidak memiliki peran. Ekonomi tertutup biasanya merupakan ekonomi yang bersifat mikro. Contoh hubungan antara rumah tangga konsumsi dan produksi saja. Pembahasan lebih mendalam akan kita bahas dalam pengertian ekonomi tertutup, jenis, dan contohnya.

Pengertian Ekonomi Tertutup

Ekonomi tertutup adalah suatu sistem ekonomi yang tidak melakukan hubungan dalam bentuk apapun dengan pihak luar negeri. Ekonomi ini hanya ada secara teorotir saja, karena pada kenyataannya tidak ada negara yang tidak melakukan hubungan internasional dalam berbagai bidang. Terdapat beberapa negara yang agak tertutup namun tidak secara total. Negara hanya membatasi pada sektor-sektor tertentu.

Ekonomi tertutup merupakan suatu sistem yang tidak melibatkan pihak manapun kecuali produsen dan konsumen. Kegiatan ekonomi hanya memiliki dua pelaku saja. Sistem ekonomi seperti ini mungkin tidak lagi kita temui. Sistem ekonomi ini terjadi pada masa trasdisional dan masih menggunakan sistem barter.

Ekonomi tertutup merupakan cara pandang sederhana akan suatu perekonomianagar tidak banyak yang terlibat dan membuat suatu kemungkinan baru adanya pelaku ekonomi yang baru. Melihat kondisi saat ini ekonomi tertutup sangat tidak mungkin dilakukan melihat segala kebutuhan kita yang bersifat modern. Semua kegiatan menggunakan jaringan internet.

Peran pihak luar negeri sudah tidak bisa kita hindari. Negera Indonesia juga merupakan negara yang menerapkan sistem ekonomi terbuka bukan tertutup. Ketika kita melihat negara kita maka dapat dipastikan pihak luar negeri ikut andil dalam kegiatan ekonomi kita. Negara Indonesia banyak melakukan kerjasama dengan luar negeri pada berbagai bidang khususnya politik, ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Pengertian Ekonomi Tertutup Menurut Para Ahli

Adapun definisi ekonomi tertutup menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Reksoprayitno

Ekonomi tertutup ialah suatu sistem ekonomi yang tidak mengenal hubungan dengan negara lain. Pelaku ekonomi hanya dua yaitu konsumen dan produsen. Segala kegiatan ekonomi hanya memanfaatkan faktor produksi yang ada. Ekonomi tertutup hanya menganggap peran rumah tangga konsumen dan produsen.

Pendapat diatas lebih condong pada perekonomian dua sektor yang tidak melibatkan pemerintah. Ketika pemerintah tidak terlibat maka juga tidak ada hubungan internasional, perdagangan internasional, dan perusanahaan multinasional.

Jenis Ekonomi Tertutup

Kita dapat membedakan ekonomi tertutup menjadi dua jenis yaitu ekonomi dua sektor dan tiga seektor. Berikut pembahasan tentang ekonomi dua sektor dan tiga sektor tersebut. Antara lain;

Ekonomi dua sektor

Jenis ekonomi ini biasanya disebut sebagai sistem ekonomi sederhana. Pelaku ekonomi dalam dua sektor ini hanya dua yaitu rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi. Kegiatan ekonomi dapat dikendalikan secara langsung oleh dua sektor tersebut. Tidak terdapat keterlibatan dari pihak manapun.

Hubungan dua sektor ini terdapat empat arus yaitu dua arus uang dan dua arus barang. Arus barang yang pertama berupa arus faktor produksi dan arus barang yang kedua berupa hasil produksi yang dijual kepada konsumen. Arus uang yang pertama ialah balas jasa atas faktor produksi berupa upah, sewa, bunga, dan lain-lain serta arus uang yang kedua merupakan arus uang atas pembelian barang hasil produksi yang dijual kepada konsumen.

Ekonomi tertutup yang mempertimbangkan dua sektor tersebut maka secara matematis dapat ditulis dengan persamaan sebagai berikut,

Y = C + S dan S = I

Keterangan:

  • Y = pendapatan
  • C = konsumsi
  • S = Tabungan
  • I = Investasi

Berdasarkan persamaan tersebut besaran pendapatan menentukan besarnya konsumsi dan tabungan. Ketika pendapatan meningkat maka besarnya konsumsi dan pendapatan juga mengalami peningkatan.

Berdasarkan persamaan tersebut untuk besarnya konsumsi dapat dituliskan dalam suatu fungsi konsumsi sebagai berikut,

C = a + bY

Keterangan:

  • C = Kosumsi
  • a = jumlah konsumsi yang harus dikeluarkan pada saat pendapatan nol
  • b = tambahan konsumsi ketika memiliki besaran pendapatan tertentu atau Marginal Propensity to Consume (MPC)
  • Y = pendapatan

Ketika kita mengetahui istilah MPC maka kita mencari tahu bagaimana menghitung MPC. MPC merupakan turunan dari fungsi C terhadap Y  atau dapat kita hitung dengan,

  • ∆C/∆Y = MPC
  • ∆C = selisih jumlah konsumsi saat ini dengan jumlah konsumsi sebelumnya. (C1-C0)
  • ∆Y = selisih jumlah pendapatan saat ini dengan pendapatan sebelumya. (Y1-Y0)

Ekonomi tiga sektor

Jenis ekonomi ini tidak jauh berbeda dengan ekonomi dua sektor, dalam ekonomi terdapat peran pemerintah dalam melaksanakan kegiatan ekonomi. Posisi pemerintah berada diantara rumah tangga konsumsi dan produksi. Rumah tangga konsumsi dan produksi melakukan hubungan yang sama dengan rumah tangga produksi namun terdapat hubungan dengan pemerintah baik rumah tangga konsumsi maupun produksi.

Hubungan rumah tangga produksi dengan pemerintah berupa hubungan untuk membayar pajak atas usaha yang dijalankan dan memebuhi segala birokrasi yang ada. Hubungan rumah tangga konsumsi dengan pemerintah adalah hubungan dalam hal membayar kewajiban atas faktor produksi dan pendapatan. Kewajiban tersebut berupa pajak baik langsung atau tidak langsung.

Ekonomi tiga sektor ini juga dapat digambarkan secara matematis dimana pendapatan nasional memperngaruhi tingkat konsumsi masyarakat, tabungan, dan kebijakan pemerintah. Persamaan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut,

Y = C + I + G

Keterangan:

  • Y = pendapatan
  • I = Investasi
  • G = Goverment atau pemerintah

Ketika pendapatan nasional meningkat maka konsumsi, investasi, peran pemerintah juga meningkat. Peningkatan pendapatan nasional bisa saja dapat dilihat dari investasi dan konsumsi atau peran pemerintah yang terlalu mendominasi hal tersebut tergantung penerapan disetiap negara.

Tiga sektor ini yang paling banyak kemungkinan yang dapat diambil dari meningkat atau turunya pendapatan nasional ialah peren pemerintah. Satu kebijakan dari pemerintah dapat menimbulkan multiplier efek kepada beberapa sektor pada suatu negara.

Terdapat beberapa kebijakan yang mungkin diambil oleh pemerintah ialah bisa berupa pemberian subsidi, gaji PNS, penerimaan pajak, pembayaran utang, dan lain-lain. Ekonomi tiga sektor ini yang paling sulit di prediksi ialah kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang memberikan dampak yang cukup besar terhadap pendapatan nasional.

Ekonomi tiga sektor ini pemerintah dapat mendominasi perekonomian atau sebaliknya tergantung keputusan yang diambil oleh pemerintah. Kebijakan pemerintah sangat menentukan besaran pendapatan nasional pada tahun tersebut. Langkah apapun yang diambil oleh pemerintah pasti memberikan dampak terhadap perekonmian. Penjelasan lebih lanjut tentang pendapatan nasional akan dibahas dalam materi tersebdiri tentang pendapatan nasional.

Contoh Ekonomi Tertutup

Sistem ekonomi tertutup yang dapat kita lihat secara riil di dunia. Yaitu;

Korea Utara

Korea Utara pemerintah pusat masih mendominasi segala jenis kegiatan yang dilakukan dalam negara tersebut. Segala hal yang dilakukan oleh masyarakat masih dalam pengawasan pemerintah. Dalam kegiatan ekonomi hanya melibatkan rumah tangga konsumsi, produksi, dan pemerintah.

Maka, demikian tadi penjelasan serta ulasan lengkap yang bisa kami sebutkan pada pembaca semuanya. Terkait dengan bahasan dalam pengertian ekonomi tertutup menurut para ahli, jenis, rumus penghitungan, dan contohnya. Semoga memberikan referensi. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • Tim Abdi Guru. 2004. Ekonomi SMA untuk Kelas X, XI, XII. Jakarta: Erlangga.
Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *