Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional, Prinsip, dan Contohnya

Diposting pada

Tindakan Ekonomi Irasional Adalah

Seseorang dalam melakukan segala tindakan pasti memikirkan segala resiko yang terjadi. Orang tersebut sebelum melakukan hal tersebut telah memprediksi apa yang akan terjadi apabila mengambil tindakan itu. Tindakan tersebut dalam realitanya ada yang rasional dan irasional. Tindakan tersebut timbul dari hasil pemikiran masing-masing individu. Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda. Karakter tersebut akan ditunjukkan dalam tindakan yang dilakukan. Pemahaman tentang tindakan ini akan kami bahas satu persatu. Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tindakan irasional. Tidakan tersebut merupakan tindakan yang hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi awal.

Tindakan dalam kegiatan ekonomi irasional ialah segala jenis tindakan yang diprediksi dapat menguntungkan namun kenyataannya malah mengalami kerugian. Prinsip tindakan irasional ini dapat dilihat dari penerapan seseorang dalam melakukan konsumsi, distribusi, dan konsumsi. Contoh tindakan irasional yang mungkin dilakukan oleh produsen ialah seorang produsen menetapkan harga yang tinggi atas suatu barang namun tidak diimbangi degan kualitas barang yang sesuai sehingga tidak terdapat konsumen yang menginginkan barang tersebut. Produsen hanya berorientasi pada keinginan untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya.

Tindakan Ekonomi Irasional

Ketika mengambil tindakan dalam keadaan terdesak, buru-buru, dan merasa tertekan kadang seseorang mengambil keputusan yang tidak masuk akal. Tindakan tersebut dapat menimbulkan kerugian yang besar.

Pengambilan keputusan dengan melakukan tindakan ekonomi irasional maka seseorang akan merasakan dampak yang besar khususnya untuk pengelolaan keuangan. Segala tindakan dalam bidang ekonomi pasti akan berdampak pada keuangan seseorang.

Seseorang yang melakukan tindakan ekonomi irasional kadang merasa tidak melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut akan dirasakan setelah tindakkan itu telah dilakukan dan menimbulkan kerugian yang besar.

Tindakan ekonomi irasional ini diambil ketika seseorang tidak dapat mempertimbangkan dengan baik segala kemungkinan yang ada atau orang tersebut tidak dapat memprediksi dengan baik. Tindakan ini apabila sering terjadi akan memberikan dampak yang besar bagi perorangan atau perusahaan.

Tindakan dalam kehidupan sehari-hari menentukan apakah kita termasuk seseorang yang mampu berpikir dengan baik dalam keadaan yang sedang terdesak atau tidak. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dengan mengambil tindakan yang tidak rasional.

Tindakan irasional bukan saja membahayakan bagi diri sendiri melainkan juga bagi orang lain. Terkhusus untuk mereka yang menjalin kerjasama rekanan. Dimana mereka saling bekerjasama untuk membangun suatu usaha. Salah mengambil tindakan maka akan menimbulkan berbagai permasalahan. Permasalahan yang bersifat internal atau dengan orang-orang yang berada disekitar kita.

Tindakan irasional yang dapat menimbulkan bagi orang lain disekitar kita ialah ketika kita berperan sebagai pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan yang gegabah dalam memutuskan segala jenis kebijakan maka otrang-orang yang disekitasnya akan merasakan dampak yang besar.

Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional merupakan suatu keputusan dalam kegiatan ekonomi yang diperkirakan dapat menguntungkan tetapi malah menimbulkan kerugian. Kerugian yang timbul dampak dari keputusan yang diambil.

Tindakan ekonomi irasional merupakan tindakan yang diambil berdasarkan persepsi seseorang atas segala hal yang terjadi saat itu. Persepsi memegang kendali utama dalam mengambil tindakan sehingga menimbulkan prediksi yang kurang tepat.

Pelaku memilih untuk melakukan eksekusi secara langsung tanpa memikirkan proses produksi yang akan dilakukan, proses distribusi, dan sasaran konsumen yang akan dipilih. Semua dilakukan secara spontan.

Tindakan ekonomi irasional dalam prakteknya tidak sesuai dengan sesuatu yang telah dipertimbangkan. Ketika menjalankan tindakan tidak menggunakan daya tindakan ekonomi rasional yang dimiliki oleh seseorang. Keputusan bukan berdasarkan rasio yang ada.

Tindakan ekonomi irasional ini terjadi dalam situasi dan kondisi yang tidak dapat dipahami oleh pelaku ekonomi sehingga dalam mengambil keputusan hanya disesuaikan dengan keadaan saat itu. Tidak memikirkan dampak jangka panjang.

Tindakan ekonomi irasional biasanya dalam eksekusinya berlawanan dengan pola pikir kebanyakan orang. Tindakan tersebut juga terasa asing bagi seseorang yan berpikir secara konseptual.

Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional Menurut Para Ahli

Definisi dari tindakan ekonomi irasional juga diungkapkan oleh seorang ahli.

  1. James C Scott, Definisi tindakan ekonomi ialah suatu respon seseorang secara reflek dari tindakan yang diambil dan tidak keluar dari etika substensi.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa pengambilan keputusan atas tindakan ekonomi irasional diambil ketika seseorang tidak dapat banyak berpikir akan hal-hal yang akan terjadi kedepan. Orang tersebut hanya memikirkan apa yang terjadi saat ini.

Prinsip Tindakan Ekonomi Irasional

Prinsip tindakan ekonomi irasional tidak sejalan dengan prinsip ekonomi pada umumnya. Apabila prinsip ekonomi pada umumnya berorientasi pada keuntungan, namun untuk tindakan ini malah menimbulkan kerugian. Kerugian itu didapat dari beberapa tindakan ekonomi berdasarkan kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi tersebut berkaitan dengan segala hal yang berkaitan dengan pelaku ekonomi baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam lingkup perusahaan. Tindakan ini sangat menentukan hasil yang akan diperoleh.

Walaupun setiap orang memiliki kenginginan untuk mendapatkan keuntungan, namun dengan tindakan ini maka seseorang harus menanggung segala resiko.

Resiko biasnya sesuai dengan tindakan yang dilakukan seseorang. Apabila tindakan terlalu melenceng dari tindakan yang sesuai dengan logika, maka semakin besar resiko yang harus ditanggung dan menimbulkan suatu kondisi yang tidak sesuai ekspektasi.

Contoh Tindakan Ekonomi Irasional

Pemahaman  yang lebih mendalam mengenai tindakan irasional kami memberikan beberapa contoh yang mungkin dapat kita temui di kehidupan sehari-hari. Beberapa kejadian yang mungkin pernah kita temui. Kita dapat menilai tindakan tersebut termasuk tindakan rasional atau irasional. Berikut merupakan beberapa contoh tindakan irasional yang mungkin pernah kita lihat,

Kegiatan produksi

Andi merupakan seorang pengusaha dibidang kuliner. Makanan yang sangat diminati oleh pelangganannya ialah menu ikan badeng. Suatu ketiaka datang musim bandeng, dimana persediaan bandeng hasil tangkapan nelayanan tempat biasa ia membeli menghasilkan banyak bandeng. Saat itu juga untuk membeli bandeng dalam jumlah banyak dengan harapan dapat terjual semua.

Pada realitanya jumlah permintaan pada masakan bandeng tidak mengalami peningkatan sehingga banyak bandeng yang tidak layak konsumsi. Andi harus menanggung kerugian yang terjadi karena kurang memperhitungkan prediksi tersebut. Tindakan tersebut juga terasa aneh dan tidak masuk akal.

Kegiata distribusi

Pemilihan jenis kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan barang yang dimiliki merupakan hal yang sangat penting. Urgensi akan barang tersebut juga menjadi pertimbangan dalam menentukan kendaraan yang akan digunakan.

Ketika kita ingin mengirimkan barang dalam jumlah besar tidak mungkin kita menggunakan jasa antar yang bersifat kiloan. Kita membutuhkan jasa pengiriman paket dengan muatan yang banyak.

Apabila tetap memaksakan menggunakan jasa pengiriman kiloan maka harus menanggung segala resiko yang akan diterima. Resiko yang mungkin terjadi ialah pada biaya dan waktu yang mungkin jumlahnya belum dapat terpresdiksi atau bahkan tidak dipresiksi akan hal tersebut.

Kegiatan konsumsi

Aura memiliki uang sejumlah 500.000 ia ingin membeli tas yang bermerk luar negeri dengan harga 450.000. Aura merasa harga tas tersebut dapat dijangkau dengan uang yang dimiliki olehnya. Aura memutuskan untuk membeli tas tersebut.

Aura lupa mempertimbangkan kebutuhan lainnya seperti makan, membeli kebutuhan sehari-hari  dan lain-lain. Ketika ia menyadari ia merasa bingung karena uang jajan satu bulan sudah habis untuk membeli tas. Terpaksa Aura harus meminta uang lagi kepada orang tuanya, namun tidak semudah itu mendapatkan tambahan uang jajan.

Masalah yang dihadapi oleh Aura ini karena ketika ia memutuskan untuk membeli produk tersebut tidak memikirkan kemungkinan lain yang akan terjadi. Ia hanya memikirkan kesenangan sesaat sehingga ia merasa menyesal.

Berdasarkan pemaparan mengenai tindakan ekonomi irasional kita dapat mengambil hal-hal yang penting. Bahwa dalam melakukan tindakan apapun harus sesuai dengan logika. Apabila tidak sesuai dengan logika maka kita harus siap menanggung segala resiko yang terjadi.

Kita dapat meminimalisir resiko yang terjadi dengan cara memikirkan segala kemungkinan dengan matang. Kita tidak boleh gegabah dalam mengambil keputusan karena yang merasakan dampaknya bukan hanya kita melainkan juga orang-orang disekitar kita. Memang manusia tidak dapat terlepas dari pemikiran irasional namun manusia dapat mengurangi hal tersebut dengan cara memikirkan segala kemungkinan yang terjadi.

Itulah tadi pemahaman ekonomi yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian tindakan ekonomi irasional menurut para ahli, prinsip, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga ulasan kali ini memberikan pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *