Contoh Kajian Ekonomi Pertanian

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Contoh Ekonomi Pertanian

Pembahasan sebuah ilmu ekonomi tentu berasal dari permasalah perekonomian, bahkan untuk ilmu ekonomi pada bidang pertanian diakui atau tidak terdapat berbagai masalah utama yang berkaitan pada kebutuhan primer manusia yang tidak terbatas, sedangkan faktor produksi pertanian yang tersedia untuk menghasilkan produk pertanian bersifat terbatas (langka) sehingga dibutuhkan penghitungan yang tepat.

Akan tetapi yang pasti, ruang lingkup ekonomi yang berkaitan dengan pertanian akan senantiasa mempelajari cara melakukan tindakan bidang pertanian dikaitkan dengan bidang ekonomi baik input hingga output berupa hasil pertanian.

Ekonomi Pertanian

Ilmu pertanian dalam penerapannya tidak dapat berjalan sendiri, maka dikaitkan dengan ilmu lainnya atau dapat dikatakan ilmu pertanian membutuhkan disiplin ilmu lain. Hal ini terlihat misalnya saja ketika melakukan kegiatan dibidang pertanian apabila hanya menggunakan ilmu pertanian maka tidak dapat memberikan gambaran sesudah produksi output yang ada akan dikelola seperti apa.

Jawaban akan penggunaan output maka akan dihitung dengan ilmu ekonomi untuk menentukan seberapa banyak kebutuhan bahan makanan yang harus dipenuhi dari bidang pertanian. Ilmu ekonomi juga dapat memprediksi berasan produk yang dibutuhkan dan lain-lain.

Contoh Ekonomi Pertanian

Adapun untuk contoh kajian yang ada di dalam bidang ekonomi pertanian. Misalnya saja;

  1. Penentuan harga

Menentukan harga produk pertaian akan berbeda dengan jumlah produk yang memiliki proses produksi yang pendek.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ialah faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga suatu produk dan mengetahui adanya perbedaan harga yang  dapat terjadi antarwaktu, antar tempat dan dimensi lainnya. Terutama letak geografis sebuah daerah tertentu.

  1. Penjelasan peran sistem pemasaran

Para petani atau orang yang ahli dibidang pertanian harus mengetahui tentang sistem pemasaran produk pertanian yang ada di lapangan.

Pelaku harus mengetaui tempat untuk penjualan dan bagian-bagian yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran produk-produk pertanian. Penguasaan ini sangat perlu agar merasa tidak dibohongi atau dibodohi para pelaku usaha yang kurang bertanggungjawab.

  1. Memberikan pembekalan terkait cara penyelesaian permasalahan dalam bidang permasaran

Pihak yang menjadi pelaku dalam bidang pertanian kadang hanya melakukan produksi tanpa mempertimbangka hal-hal lainnya. Hal ini yang kadang membuat sebuah organisasi gampang mencapai titik puncak setelah itu hilang karena tidak mampu mengatasi permasalahan yang dihadapai, sehingga pengetahuan ini perlu diberikan.

  1. Perubahan ekonomi produksi pertanian dan manajemen usaha tani

Para pelaku bidang pertanian perlu mengetahui cara mengelola sebuah organisasi. Para petani harus mengetahui bagaimana kondisi tanah yang dikelola, tenaga kerja yang dibutuhkan, besaran modal dan risiko yang harus dihadapi dalam melakukan kegiatan pertanian dapat dikombinasikan pada berbagai proporsi.

Petani juga perlu mengetahi bagaimana caranya melakukan sebuah kombinasi produk yang dapat memberikan keuntungan terbesar bagi para pelakunya.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh ekonomi pertanian yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *