Contoh Liabilitas Kontinjenis dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Liabilitas Kontinjenis

Liabilitas menjadi salah satu hal yang paling penting dan biasa digunakan untuk mengembangkan berbagai bentuk usaha dengan perhitungan jangka pendek atau jangka panjang. Hal ini lantaran dalam pemanfaatan liabilitas yang baik dapat mengembangkan perusahaan dagang atau jasa dengan cepat. Hal ini lantaran terdapatnya perputaran dalam pasar modal sehingga diharapkan dapat membawa kondisi keuangan lebih baik.

Adapun disisi lain, salah satu jenis liabilitas terbagi menjadi berbagai bentuk, diantaranya liabilitas kontinjenis yang dalam ilmu akuntasi kewajiban pencatatan yang timbul dari masa lalu.

Liabilitas Kontinjenis

Pengertian liabilitas kontinjenis adalah serangkaian kewajiban harus dilakukan oleh suatu perusahaan dalam pencatatan keuangan untuk menunjukan kendali atas entisitas sehingga arti perusahaan tersebut dapat diukur perbandingannya dari masa ke masa.

Contoh Liabilitas Kontinjenis

Adapun untuk beberapa contoh liabilitas kontinjenis yang dapat ditemukan. Antara lain;

  1. Etika profesi akuntan

Kewajiban berdasarkan peristiwa yang terjadi yang tidak terduga oleh perusahaan. Hal ini bisa terjadi sewaktu-waktu tergantung pada kondisi perusahaan dalam periode tertentu. Apabila akuntan perusahaan melanggar etika profesi akuntan maka harus menanggung resiko yang harus dibayar.

Sanksi yang harus ditanggung tergantung pada kesepakatan yang telah dibuat oleh perusahaan. Apabila sanksi tersebut ditanggung perusahaan sepenuhnya maka perusahaan harus menanggung beban utang atas kesalahan yang dilakukan.

  1. Tuntutan hukum

Hukum merupakan salah satu instrumen yang tidak dapat dilupakan dalam sebuah perusahaan. Permasalahan ini berkaitan dengan regulasi yang ada di negara tempat perusahaan tersebut berdiri. Tak jarang terjadi kesalahan dimata hukum terkait proses opersional perusahaan. Masalah hukum ini juga muncul disaat yang tidak terduga.

Peristiwa yang tidak terduga terkaut dengan birokrasi yang ada di sebuah negara. Aturan ini tidak dapat dihindari dari segala jenis usaha yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan disegala bidang. Tentu saja bidang usaha dalam sebuah perusahaan.

  1. Garansi produk

Salah satu jaminan yang diberikan perusahaan pada produk tertentu berupa garansi. Garansi produk yang dijual oleh perusahaan merupakan salah satu biaya tidak terduga yang harus ditanggung oleh perusahaan. Biaya ini akan dikeluarkan apabila ada klaim dari pelanggan.

Jumlah klaim yang harus dibayar juga tidak terduga tergantung pada konsumen. Hal ini sangat tergantung pada peristiwa yang terjadi pada masa yang akan datang. biaya yang ditanggung berupa biaya yang tidak terduga.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa liabilitas kontinjenis biasa disebut dengan kewajiban, kewajiban dapat berupa utang atau biaya lainnya yang harus dibayar oleh perusahaan. Sehingga kewajiban yang harus ditanggung tidak hanya dengan pihak-pihak diluar perusahaan namun juga orang yang ada di perusahaan, contohnya kewajiban perusahaan kepada karyawan berupa pemberian gaji.

Sehingga dalam hal ini untuk kajian tentang peristiwa mengikat pada kontinjenis senantisa menibulkan kewajiban atas norma hukum yang akhirnya berdampak pada entitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *