Contoh Pengangguran Teknologi dan Upaya Mengatasinya

Diposting pada
Rate this post

Contoh Pengangguran Teknologi

Usaha yang dilakukan setiap orang untuk kebutuhan dasar manusia akan senantisa melakukan tindakan agar mendapatkan uang. Cara kerja dalam sebuah lingkungan kerja pasti akan mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Salah satu perubahan yang terlihat dapat dilihat dari teknologi yang dipergunakan dalam sebuah perusahaan dagang atau perusahaan perorangan.

Teknologi yang baru akan menggantikan tenaga manusia. Tenaga manusia yang sebelumnya digunakan akan tergantikan. Perkembangan teknologi ini akan membuat perusahaan mengurangi pekerjanya, sehingga menimbulkan berbagai contoh pengangguran teknologi.

Pengangguran Teknologi

Pengangguran teknologi adalah seseorang yang tidak memiliki pekerjaan disebabkan adanya perkembangan teknologi pada bidang tertentu. Penyebab adanya teknologi ini dapat menyumbangkan jumlah pengangguran yang tinggi.

Pengangguran teknologi mulai banyak muncul ketika semakin cepatnya perubahan teknologi. Perubahan ini tentu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Apabila tidak melakukan perbaikan pada sumber daya manusia maka akan semakin buruk kedepannya.

Contoh Pengangguran Teknologi

Adapun untuk beberapa contoh adanya kasus pengangguran teknologi antara lain;

  1. Adanya mesin pemanen padi

Perubahan pada bidang teknologi juga mempengaruhi bidang pertanian. Salah satu perkembangan teknologi yang sudah dapat kita lihat saat ini adalah mesin pemanen padi. Dahulu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memanen satu petak sawah dan membutuhkan tenaga lebih dari dua tenaga manusia.

Situasi saat ini telag berbeda, untuk memanen padi di sawah dengan teknologi canggih hanya membutuhkan dua orang. Satu bertindak operator mesin dan sisanya mengambil hasil panen serta memindahan hasil panen tersebut. Hasil panen juga lebih bersih dibanding dengan cara tradisional.

  1. Adanya mesin produksi yang canggih

Perusahaan yang memiliki pabrik produksi biasanya menggunakan berbagai alat untuk membantu proses produksi. Tingkat ketepatan dan kecepatan dalam proses produksi akan terus mengalami perkembangan. Hal ini akan mempengaruhi kebutuhan sumber daya manusia dalam proses produksi.

Ketika perusahaan memilih untuk menggunakan teknologi yang lebih canggih efektif dan efisien maka akan menggurangi jumlah pekerjanya. Pengurangan jumlah pegawai karena adanya mesin produksi yang canggih salah satu hal yang pasti terjadi.

  1. Ojek online

Jasa transportasi yang membantu mobilitas masyarakat Indonesia salah satunya adalah ojek. Jasa transportasi yang gampang dijangkau dan banyak disekitar kita. Sepuluh tahun yang lalu kita masih banyak melihat tukang ojek di pangkalan ojek. Bahkan kadang ada penumpang yang menunggu di pangkalan.

Situasi ini telah mengalami perkembangan sejak adanya ojek online yang berbasis aplikasi. Orang yang ingin menggunakan jasa ojek tidak perlu jalan sampai pangkalan tapi cukup pesan melalui aplikasi. Cara pesannya juga mudah diakses siapa pun dan kapan pun. Hal ini tentu saja akan membuat orang lebih nyaman dan merasa aman.

  1. Tiket online

Salah satu fasilitas yang ada dari berbagai jenis layanan menggunakan sistem online yang terhubung dengan sistem. Dahulu kita ketika ingin membeli berbagai jenis tiket untuk naik transportasi umum membutuhkan pelayanan bagian tiket. Biasanya ditugaskan diberbagai fasilitas umum seperti terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara.

Saat ini sudah banyak bagian yang mulai dikurangi dalam menggunakan teknologi yang lebih efektif. Sudah banyak layanan secara online dan mempermudah akses orang untuk mendapatkan layanan tersebut. Perkembangan ini tentu akan menimbulkan pengangguran apabila dilakukan secara besar-besaran.

  1. Adanya traktor

Teknologi yang sudah lama diterapkan di Indonesia ialah membajak sawah dan menanam padi dengan menggunakan traktor. Teknologi ini akan mengurangi jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk proses pengolahan tanah sawah sampai ditanami.

Awalnya proses menanam pada membutuhkan tenagan manusia yang cukup banyak yang dipekerjakan secara harian atau borongan.

Setelah ada teknologi ini sudah tidak lagi membutuhkan tenaga untuk  membajak sawah dan menanam padi, hanya membutuhkan satu pekerja untuk mengoperasikan traktor. Traktor juga sudah banyak yang menggunakan dalam proses pengolahan sawah.

  1. Belanja online

Salah satu jenis transaksi yang menjadi tren saat ini. Banyak orang yang beralih dari sistem belanja konvensional menuju belanja online. Banyak marketplace yang mampu menampung jumlah penjual yang sangat banyak. Syarat bergabung dengan marketplace juga mudah dan dapat diakses dari manapun.

Penjual yang tidak mau berubah ke bisnis yang memanfaatkan platform online dikahwatirkan tidak dapat mengikuti perkembangan zaman. Realitanya saat ini dibeberapa kota besar setiap toko pasti memiliki toko online diberbagai platform. Hal ini akan membuat pemilik usaha tetap bertahan, bagi yang tidak mau berubah tidak mampu bersaing.

  1. Jasa ekspedisi yang cepat

Berkembangnya bisnis online yang memanfaatkan jasa pengiriman untuk memperlancar usaha yang dilakukan. Pada awalnya di Indonesia hanya memiliki jasa ekspedisi POS Indonesia. Seiring berkembangnya usaha online banyak jasa ekspedisi yang bermunculan.

Awal adanya jasa ekspedisi yang lebih cepat POS Indonesia sempat ditinggalkan karena pelayanan yang lambat. Apabila Pos Indonesia tidak melakukan inovasi maka akan tenggelam dan dilupakan. Zaman yang dituntut dengan mobilitas yang cepat maka membutuhkan ekspedisi yang cepat pula.

  1. Mesin pemisah jagung

Ketika memasuki masa panen jagung akan membutuhkan banyak tenaga mulai dari panen hingga memisahkan jagung dengan bonggolnya. Saat ini sudah tidak lagi menggunakan tangan melainkan menggunakan mesin yang canggih.

Proses panen ini dapat berjalan dengan cepat. Tenaga yang dibutuhkan untuk memisahkan jagung dengan bonggolnya tidak terlalu banyak, akan banyak orang yang merasakan dampaknya ketika 100% menggunakan teknologi ini.

Solusi Pengangguran Teknologi

Upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasi adanya pengangguran teknologi. Antara lain;

  1. Meningkatkan kreatifitas

Cara yang dapat dilakukan ialah dengan meningkatkan kreatifitas setiap individu dengan segala kebutuhan yang sesuai dengan kondisi saat ini. Orang yang tetep ingin bertahan dalam posisinya maka harus tetap belajar dan mengembangkan kemampuannya. Salah satunya dengan cara terus berlatih untuk meningkatkan kreatfitas masing-masing individu.

  1. Perbaiki sumber daya manusia

Manusia harus tetap belajar, cara yang paling mungkin dilakukan ialah meningkatkan keinginan masyarakat untuk sekolah hingga jenjang pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi memang tidak memberikan jaminan apapun tapi setidaknya ini dapat menjadi salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mengikuti perkembangan. Pendidikan dapat dilakukan secara formal dan non formal. Pengembangan kemampuan berkaitan dengan soft skill dan hard skill.

  1. Memanfaatkan teknologi untuk mengikuti perkembangan

Teknologi ada bukan hanya diikuti tapi juga dipelajari. Penggunaan teknologi harus sesuai dengan kebutuhan dan terus berekpresi untuk menggunakan teknologi degan bijak.

Pemanfaatan teknologi dengan bijak dapat membantu seseorang dapat mengikuti perkembangan dengan cepat dan tepat. Pemanfaatan teknologi juga dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, sosial, ekonomi, dan lain-lain.

  1. Meningkatkan inovasi

Salah satu cara agar tidak kalah dengan teknologi yang terus berkembang dapat dimulai dari diri sendiri. Seorang individu dapat melakukan inovasi dari bidang yang dikuasainya. Ketika ada peningkatan teknologi pada keahliannya tidak akan terganti dengan yang lain namun akan terus bertahan dengan segala trobosan yang dimiliki. Tentu saja inovasinya menguntungkan untuk berbagai pihak.

  1. Mempelajari perkembangan teknologi

Kemauan untuk terus belajar merupakan hal yang penting. Keinginan yang kuat akan membuat seseorang tidak tertinggal jauh dengan segala perubahan yang ada di masyarakat. Semakin kuat keinginan belajarnya maka akan tetap mampu menggunakan dan mengikuti arus perkembangan teknologi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa permasalahan sosial yang ada di Indonesia yang sangat sulit untuk diatasi adalah pengangguran. Banyak jenis pengangguran yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat. Banyak jenis pengangguran yang ada di lingkungan kita. Terutama pengangguran yang disebabkan oleh keadaan sumber daya manusia yang kurang mendukung.

Sumber daya manusia merupakan faktor paling penting yang memberikan kontribusi paling besar dalam perkembangan yang ada. Manusia akan selalu dituntut mengikuti perubahan yang terjadi baik secara terencana atau tidak terencana. Persiapan ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Pengangguran yang disebabkan oleh perkembangan zaman dengan perubahan teknologi yang digunakan. Pengangguran ini disebut dengan pengangguran teknologi, pekerja akan diberhentikan ketika terdapat terdapat perkembangan teknologi yang terjadi.

Itulah tadi penjelasan yang dikemukakan pada semua kalangan berkaitan dengan berbagai contoh pengangguran teknologi dan upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasinya.

Gambar Gravatar
Mahmudah, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini sedang menempuh Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *